Nissan Juke Rally Tribute Concept : Cuma Untuk Selebrasi

Nissan Juke Rally Tribute Concept : Cuma Untuk Selebrasi
0  komentar

Autonetmagz.com – Mungkin kiprah Nissan di dunia balap lebih terkenal di aspal sirkuit dibandingkan ajang rally, namun itu bukan jadi alasan untuk tidak melihat sejarah mereka dalam rallying. Mereka mengejutkan dunia dengan 240Z dengan mesin 2.400cc 6 silinder segaris dengan tenaga 210 PS memulai┬ádebut di Rally Safari East Africa dengan pasangan supir-navigator Edgar Herrmann (pembalap) – Hans Schuller (navigator). Hasilnya? Keberhasilan merengkuh posisi 2 & posisi 7 menjadi kenangan manis dan memberi alasan Nissan untuk mengenangnya. Untuk mengenang memori tersebut, muncul teaser Nissan Juke Rally Tribute dengan concept dan livery (corak warna) yang mirip dengan Nissan 240Z, kira kira bagaimana mereka melakukannya? Cekidot.

Juke Dipilih Karena Status Crossover-nya

Nissan memilih Juke untuk menghormati prestasi Nissan 240Z ini bukan karena kemampuan offroad yang dimilikinya naumun fakta mobil ini masuk dalam segmen SUV Crossover. Nissan Juke Rally Tribute ini tentunya memakai mesin hybrid, persis seperti Nissan Juke pada umumnya. Selain itu, Coralie Musy, Vice President Brand & Customer Experience Nissan Europe mengatakan bahwa pemilihan Nissan Juke Rally Tribute sebagai basis untuk mobil spesial ini merupakan selebrasi atas prestasi yang diraih pada 1971 dan juga sejarah Nissan sebagai pionir crossover dengan desain yang mencolok, nyeleneh dan bertenaga listrik.

Dari gambar, ban mobil ini berukuran besar demi mengemban tugasnya di trek offroad, perawakan yang gagah, dengan tambahan lampu di kap mesin yang berwarna hitam sehingga sama dengan Nissan 240Z aslinya dan atap mobil untuk mengonfirmasi statusnya sebagai sebuah mobil offroader, begitu juga dengan fender, overhang dan pernak pernik yang membuatnya terkesan tangguh. Livery (corak warna) yang dipakai juga sama dengan Nissan 240Z asli dari 50 tahun lalu. Apakah mobil ini akan muncul sebagai jagoan Nissan untuk trek tanah? Nampaknya kita masih harus menghayal akan hal itu, karena Nissan Juke Rally Tribute ini masih sebatas model percontohan saja,dan kemungkinannya kecil untuk direalisasikan sebagai unit balap, apalagi sebagai unit produksi.

Menarik apabila model ini menjadi kenyataan, karena ini juga bukan pertama kalinya Nissan punya ide diluar nalar dengan Nissan Juke. Sebelumnya, mereka dengan berani memasang mesin Nissan GT-R Nismo ke dalam Nissan Juke yang mereka namai Nissan Juke-R. Nissan juga pernah menggarap ide aneh lain dengan memasangkan sistem gerak ala Tank di Nissan Juke. Mobil konsep tersebut diberi nama Nissan Juke Personalization Adventure Concept yang sempat dipajang beberapa tahun silam. Nampaknya, Nissan Juke selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dimodifikasi menjadi bentuk yang di luar nalar.

Apa tanggapan kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: