Nissan i-Power : Teknologi Mobil Listrik Baru?

Nissan i-Power : Teknologi Mobil Listrik Baru?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kami menyebutkan kata ‘e-Power’, maka brand mobil mana yang akan muncul di benak kalian? Yap, bisa dipastikan 100% adalah Nissan. Nama Nissan e-Power memang sudah cukup dikenal berkat eksistensinya bersama Nissan Note dan kawan – kawannya. Yang menarik, baru – baru ini Nissan juga kembali mendaftarkan teknologi baru dengan nama yang mirip – mirip. Nissan diketahui telah mematenkan nama i-Power yang nampaknya akan digunakan mobil – mobilnya di masa depan.

Huruf i Melambangkan Infiniti?

Mengutip dari CarBuzz, pihak Nissan baru – baru ini mendaftarkan paten di kantor paten Amerika Serikat untuk nama ‘i-Power’. Nissan sendiri tercatat baru mendaftarkan nama i-Power pada tanggal 5 Januari 2021 kemarin. Dalam paten tersebut, Nissan merujuk i-Power sebagai ‘unit penggerak listrik untuk kendaraan darat’. Sebenarnya, kita bisa cukup mudah mendefinisikan i-Power karena tentunya ada kaitan erat dengan e-Power yang sudah dimiliki Nissan. Pertanyaan pamungkasnya, apa beda antara i-Power dan e-Power? Apakah i-Power mengacu pada teknologi khusus EV?

Nampaknya tidak. Maksud kami, Nissan i-Power tidak sekedar merujuk pada teknologi mobil listrik murni saja, melainkan juga hybrid. Lho, bukankah Nissan e-Power juga bersifat hybrid? Yap, memang benar. Namun, huruf ‘i’ disini nampak lebih berujuk pada Infiniti, sub brand mewah milik Nissan. Apalagi, nama Nissan i-Power didaftarkan di Amerika Serikat, rumah sejati dari Infiniti. Infiniti dan Nissan sendiri sudah bertekad bahwa kedepannya Infiniti akan menjadi brand premium yang sustainable. Tekad itu disokong dengan rencana sejumlah produk EV dan Hybrid dalam beberapa tahun ke depan.

Pakai Teknologi Nissan, Beda Nama

Salah satu fakta lain yang memperkuat indikasi bahwa Nissan i-Power merujuk pada Infiniti adalah pernyataan dari COO Nissan, Ashwani Gupta. Beliau menyatakan bahwa Infiniti kedepannya akan menggunakan platform EV milik Nissan, dan juga mengadopti teknologi e-Power Nissan. Hanya saja, Mr. Gupta menambahkan bahwa teknologi yang digunakan di Infiniti akan dikenal dengan nama unik yang berbeda, dan akan disesuaikan dengan kebutuhan di segmen premium. Fakta itu tentunya makin menguatkan kemana nama Nissan i-Power akan berlabuh. Lantas, produk Infiniti apa yang akan menggunakan teknologi i-Power?

Tentu masih belum jelas. Namun kalau kita amati, dua produk konsep terakhir dari Infitinit adalah Infiniti QX60 Monograph dan Infiniti QX Inspiration Concepts. Bisa jadi salah satu atau bahkan keduanya akan mengusung teknologi i-Power. Apalagi keduanya juga berwujud SUV, persis seperti mobil listrik terbaru Nissan, yaitu Nissan Ariya. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: