Nissan GT-R Pensiun, Nissan Z Maju Buat Balapan!

Nissan GT-R Pensiun, Nissan Z Maju Buat Balapan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bertahun-tahun Nissan memakai Nissan GT-R R35 untuk berlaga di kelas GT500 pada balapan Super GT di Jepang. Pada tahun 2021 ini, Nissan GT-R GT500 resmi pensiun dari kelas tersebut, dan kini karirnya akan diteruskan oleh adik barunya. Perkenalkan, ini adalah Nissan Z GT500, mobil balap yang dibentuk dari Nissan Z terbaru sebagai pondasinya dan benar-benar diarahkan untuk balapan di Jepang.

Melihat Nissan Z di lintasan balap bukanlah pemandangan asing, bahkan dulu ada Nissan Fairlady Z dengan livery Xanavi yang cukup dikenal di kalangan penggemar balapan. Nissan Z GT500 diluncurkan di sirkuit Fuji International Speedway, dan ia harus bisa meneruskan prestasi kakaknya yang berhasil menyabet gelar juara untuk pembalapnya sebanyak 5 kali. Apa saja detail mobil balap baru dari Nissan ini?

Lebih Galak dan Lebar

Beberapa bagian Nissan Z GT500 ini masih bisa dikenali sebagai sebuah Z, terutama berkat lampu depan-belakang dan desain kaca jendela yang masih dipertahankan dari mobil aslinya. Sisanya berubah total demi keperluan balap, bahkan beberapa bagian terbuat dari carbon fiber. Spakbornya melebar, bannya jadi lebih besar dan ada sirip-sirip udara baru untuk memaksimalkan aliran udara saat mobil ini ngebut.

Oh ya, pelek barunya pun menganut sistem centerlock yang bisa dibongkar-pasang lebih cepat, berguna saat harus masuk pit stop. Sayap belakang Nissan Z GT500 ini pun pakai model swan neck, di mana tiang penyangganya menempel di bagian atas sayapnya. Sayap jenis ini mulai marak dipakai di mobil performa tinggi lainnya seperti McLaren Senna atau Porsche 911 GT3, dan sayap ini bekerja sama secara apik dengan diffuser besar di bagian belakang mobil.

Mesin Mini, Tenaga Nggilani

Sejujurnya, Nissan belum membeberkan spesifikasi teknis Nissan Z GT500 ini, akan tetapi mobil di kelas ini biasanya pakai mesin 2.000 cc 4 silinder turbo. Kedengarannya kecil buat mobil balap, tapi di kelas ini mesin tersebut bisa memuntahkan 650 tenaga kuda. Dibandingkan dengan mesin Nissan Z asli yang berspesifikasi 3.000 cc V6 dengan turbo ganda yang bertenaga 400 tenaga kuda, jelas kalau mesin Nissan Z GT500 itu pas untuk adu senggol bacok di sirkuit.

Kami memasuki seri Super GT 2022 dengan Nissan Z GT500 baru dan hasrat besar kami untuk balapan,” tukas presiden dan kepala eksekutif Nismo, Takao Katagiri. “Kami berharap para penggemar kami akan terus mendukung tim motorsport Nissan dan NISMO dengan penuh semangat.” Well, selamat berlaga untuk Nissan Z GT500, semoga sukses dan ditunggu untuk kebangkitan Nissan di Indonesia!

Read Prev:
Read Next: