Nissan : Proyek Mobil Sport Penantang Toyota 86 Kami Batalkan Dulu

Nissan : Proyek Mobil Sport Penantang Toyota 86 Kami Batalkan Dulu
0  komentar
Nissan-370Z-Nismo-Concept

AutonetMagz.com – Dulu, sempat tersiar kabar bahwa Nissan IDx Concept yang mengambil ilham dari sosok legendaris Nissan, yakni Datsun 510 yang tersohor di abad 20-an sebagai mobil sport akan datang ke jalur produksi sebagai sebuah reinkarnasi. Konsepnya simpel, bentuk coupe, pakai mesin turbo di depan, penggerak roda belakang, dan di pasar nanti siap bertemu dengan Toyota 86, Subaru BRZ dan Mazda MX-5. Kedengarannya asyik bukan kalau segmen mobil sport Jepang ramai lagi?

Tadinya, banyak yang mau menganggap ini sebagai reinkarnasi Nissan Silvia juga andai tidak mau dianggap sebagai reinkarnasi Datsun 510. Ingat, tadinya ya, tapi sekarang perdebatan itu sudah tak berguna, karena proyek mobil sport ini sudah dimasukkan kembali berkasnya ke dalam gudang dan diputuskan untuk tidak dilanjutkan. Praktis, mobil sport Nissan abad 21 hanyalah GT-R dan Fairlady Z saja, tidak sebanyak waktu tahun 1990-an di mana Nissan punya Skyline GT-R, Skyline 350GT, Fairlady Z, Silvia, 200SX, dan lain-lain.

Nissan IDx Nismo dan IDx Freeflow

Apa alasannya? Menurut Auto Express, Shiro Nakamura selaku senior vice president dan CCO Nissan, berkata kalau kesulitan untuk mobil sport baru ini adalah membuat platform baru untuk basisnya.”Kita harus punya platform yang mumpuni, karena kita harus membuat mobil yang kecil, ringan dan harganya terjangkau. Harus pakai gerak roda belakang juga, kalau pakai penggerak roda depan itu curang namanya. Kami mengalami kesulitan dalam hal ini, terutama karena biayanya yang mahal,” katanya.

Kami harus memperbarui strategi platform mobil di perusahaan kami. Kalau kami punya solusi untuk membuat suatu basis yang ringan dan terjangkau, pasti akan kami jalankan proyek ini. Industri mobil sekarang ini semuanya tentang strategi platform, kalau dulu sih tidak ada strategi macam ini,” tambahnya. Ucapan beliau memang ada benarnya, dan bisa dibuktikan dengan riset para pabrikan yang mengambil basis mobil yang sudah mereka punya untuk membuat mobil lagi. Contohnya banyak kok di jalanan negara kita.

Alpine-Celebration-Concept-side

Tentu ada usulan, kenapa tidak pakai platform Renault Alpine saja? Renault dan Nissan kan punya kerja sama yang intim? “Tidak, kami bukan pabrikan yang terkenal dengan mobil bermesin tengah, lagipula warisan tradisi kami beda sekali dengan Alpine,” katanya. Untuk sedikit menyeka air mata car enthusiast yang sedih karena proyek ini batal, Nissan berjanji untuk menjaga nama GT-R dan Z selama yang mereka mampu. Baguslah.

nissan-gtr-rear-wallpaper

Vice President Product Strategy Nissan, Keno Kato berkata kepada sumber yang sama bahwa Nissan harus bisa kokoh di dua pasar, pasar mobil biasa dan pasar mobil luar biasa. Nissan memang fokus di pengembangan mobil listrik atau mobil ramah lingkungan lainnya di samping SUV dan crossover, tapi mereka juga butuh GT-R dan Z untuk menjaga gengsi mereka. Kasarnya, kumpulkan dana segar dengan berjualan SUV, crossover dan mobil listrik, lalu alokasikan sebagian untuk fokus di mobil sport yang jadi mimpi semua orang.

Apa opinimu mengenai pembatalan mobil sport Nissan ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Yelly Rachmatullah

    Lhuh kok batal? Coba wudhu lagi

    • Hillarius Satrio

      emangnya mau sholat berjamaah… wkwkwk

  • mamad fandroid

    Versi gt-r sudah lebih dari cukup palagi ada embel2 nismo

  • ekkyfir

    Nawaitu nya gagal, hmmm….

  • Aryo Wicaksono

    memang bikin platform mahal, Gan, udah gitu nissan lagi jumawa lagi nggak mau pakai platform buatan renault. untung tadi siang aku diwawancarai honda minta masuk divisi platform dan orang jepang setuju. alhamdulillah doa Agan agan kemarin diijabah. hari selasa aku wawancara terakhir. doakan lagi aku bisa tanda tangan kontrak kerja ya biar mobil Honda di Indonesia tambah bagus dan nggak sunatan lagi, Gan. 😀

    • Hillarius Satrio

      AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN

      • Aryo Wicaksono

        makasih, Bang, udah disemangatin lagi. 😀

        • haikal fahmi almaidani

          Semoga sukses di Honda, mas.
          Saya yakin, banyak org yg ingin berada di posisi mas, tapi mas lah manusia pilihan dan yg terbaik di mata Tuhan utk bidang ini.

          • Aryo Wicaksono

            masih wawancara sekali lagi, nih. tolong didoakan semoga lulus, ya. 🙂

          • nusantara nusantara

            lulus gan, dengan melihat komeng agan, ane yakin skill agan mirip takumi di nissan ato chris bangle di bmw

          • Aryo Wicaksono

            Aamiin. Mudah-mudahan suatu saat aku bisa bersaing melawan Chris Bangle BMW, Gan.

          • haikal fahmi almaidani

            Amiiin.

          • Aryo Wicaksono

            alhamdulillah aku udah diterima kerja di honda, Gan. satu juli berangkat ke tokyo. makasih sudah didoakan. 😀

          • haikal fahmi almaidani

            Iya, mas. Sama2.
            Alhamdulillah. Semoga sukses di negeri para ninja dan samurai ya, mas. 🙂

        • nusantara nusantara

          amin gan, manteb, tapi klo dah resmi pake logo H, tolong bilangin sama orang ahon, klo manual masukin yg 6 speed, klo at masukin yg dct minimal yg 7 speed, xixixi

          • Aryo Wicaksono

            iya, makasih banyak, Gan. pasti akan aku sampaikan langsung ke kepala insinyur Honda di jepang sana. 😀

    • farid

      semoga jabatannya bukan akuntan gan,kalau bisa masuk dibagian engineering atau designer.dan semoga bisa memberi masukan ke orang honda kalau mau mengembangin mobil yg juga untuk pasar indonesia,build quality nya bagus dan minim sunatan

  • haikal fahmi almaidani

    Menurut saya, Nissan GT-R yg sangat legendaris dan ikonik itu sudah cukup kok utk melawan Toyota 86 & Subaru BRZ. Tidak harus membuat proyek mobil sport lain.
    Karna Nissan GT-R masih yg terbaik di antara jajaran produk Nissan selama Nissan berdiri.

  • Mawar

    bang admin, noh nisan march udah mau keluar yang baru.
    ulaas dong

    • Hillarius Satrio

      pake wujud Nissan Sway kan? bentar, lagi ngerender prediksi penampakannya

  • dewa

    a31 please..