Nissan Frontier 2021 : Ingat, Ini Frontier, Bukan Navara

Nissan Frontier 2021 : Ingat, Ini Frontier, Bukan Navara
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kalian kami minta sebutkan mobil double cabin dari Nissan, maka apa yang langsung terlintas di benak kalian? Nissan Frontier? Nissan Navara? Keduanya sih benar, dan tidak ada yang salah. Namun, satu hal yang patut kalian pahami adalah fakta bahwa Nissan Frontier dan Nissan Navara kini adalah dua produk yang berbeda. Memang keduanya sempat merujuk pada produk yang sama, namun kini tidak. Dan kini Nissan sudah meluncurkan generasi terbaru dari Nissan Frontier. Cekidot.

Frontier Bukan Lagi Navara

Sebelumnya, kami sudah membahas mengenai sosok Nissan Pathfinder generasi terbaru. Dan SUV macho itu dibangun dari basis All New Nissan Frontier. Kasarnya, seperti Nissan Navara dengan Nissan Terra. Nah, sedikit membahas sejarah, Nissan Frontier dan Nissan Navara sebenarnya adalah produk yang sama di masa lalu. Oleh karenanya, generasi D40 dijual di Indonesia dahulu dengan nama Nissan Frontier Navara. Namun, sejak kehadiran Nissan Navara NP300, pihak Nissan membuat diferensiasi diantara keduanya. Dan Nissan Frontier pun menjadi standalone model untuk pasar US. Di generasi terbaru ini, All New Nissan Frontier tampil dengan bentuk yang jauh lebih modern, dan juga bulky. Oiya, varian ini bernama Pro4X, sama seperti Nissan Navara terbaru.

Desain US Banget

Di sisi depan, All New Nissan Frontier menggunakan tarikan garis tegas, mengotak dan bulky. Lampunya berbentuk mengotak dengan teknologi LED model reflektor. Sedangkan di sisi atas dan bawah ada LED DRL. Untuk grille-nya senada dengan Nissan Navar Pro4X dengan baluran warna hitam dan logo Nissan Merah. Bumpernya juga terlihat mengotak dengan lampu kabut di sisi bawah, dan skid plate silver dan ornamen berwarna hitam yang mendominasi. Sedangkan di sisi samping, All New Nissan Frontier menggunakan velg dual tone dengan dominasi warna hitam. Fender-nya diberi cladding hitam yang menambah kesan muscular di mobil ini. Sayangnya, spion mobil ini terasa terlalu kecil.

Tarikan garis body di sisi sampingnya juga tegas, dan ada antena model sirip hiu di atapnya. Untuk bagian belakang, All New Nissan Frontier menggunakan lampu belakang LED dengan bentuk mengotak yang senada dengan sisi depan. Sedangkan bumpernya didominasi warna hitam dan ada logo Nissan berwarna gelap, emboss Frontier di tengah, serta logo Pro4X. Masuk ke sisi interior, All New Nissan Frontier menggunakan bentuk interior yang berbeda total dengan All New Nissan Pathfinder. Nampaknya Nissan belajar dari kritikan konsumen terhadap dashboard Nissan Terra yang serupa dengan Nissan Navara NP300. Dashboard All New Nissan Frontier didominasi bentuk mengotak khas US truck.

Mulai dari kisi AC, hingga desain panel tengah dan konsol tengah dibuat mengotak. Ada layar sentuh berukuran cukup besar, dan kontroler AC di sisi tengah. Selain itu, Nissan memberikan ornamen berwarna orange di interior mobil ini. Oiya, jahit – jahitan berwarna orange juga bisa kita temukan di interior mobil ini. Setirnya juga dibuat berbeda dengan milik Pathfinder dan Nissan lainnya. Kesan setir ini tentu jauh lebih bulky dan muscular. Sedangkan panel instrumennya merupakan gabungan antara analog dan digital. Satu pertanyaan penting, dimana rem parkirnya? Ternyata Nissan menemparkannya di kaki kiri pengemudi. Sedangkan joknya dibuat dengan corak yang sporty.

Fitur Kekinian, Mesin Powerful

All New Nissan Frontier hadir dengan 2 model utaman, yaitu King Cab dan Crew Cab. Dua model ini memiliki ukuran bak yang berbeda. Untuk urusan teknologi, All New Nissan Frontier dibekali dengan kamera 360 derajat, dan Nissan Safety Shield 360. FYI, Nissan Safety Shield 360 adalah sepaket fitur seperti automatic emergency braking, pedestrian detection, dan blind-spot warning. Sedangkan untuk dapur pacu, Nissan menggunakan mesin 3.800cc V6 bertenaga 310 hp dan bertorsi 381 Nm. Transmisi yang ditawarkan di All New Nissan Pathfinder yaitu automatic 9 percepatan juga bisa kita temukan disini. Sayangnya, Nissan belum mengungkap berapa harga jual dari Nissan Frontier terbaru.

Jadi, bagaimana menurut pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: