Nissan Beli 34% Saham Mitsubishi Motors Dengan 237 Miliar Yen

by  in Mobil Baru&Nissan
Nissan Beli 34% Saham Mitsubishi Motors Dengan 237 Miliar Yen
0  komentar

AutonetMagz – Setelah Mitsubishi diterpa skandal konsumsi bahan bakar yang menyebabkan Mitsubishi harus berhadapan dengan konsumen serta Pemerintah Jepang, Mitsubishi menghadapi masa-masa sulit karena hilangnya kepercayaan publik.

Akibatnya, saham Mitsubishi dalam bursa pasar Jepang anjlok hingga 50% dalam hitungan hari saja. Tentunya hal ini membuat Mitsubishi harus mengambil langkah untuk menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan setelah diketahui telah membohongi publik sejak tahun 1991 silam.

Nissan yang bekerjasama dengan Mitsubishi untuk merebadge Mitsubishi Ek menjadi Dayz ruoanya tertarik untuk menyelamatkan Mitsubishi. Terhitung tanggal 12 Mei 2016, Nissan akhirnya membeli 34% saham Mitsubishi dengan jumlah 237 Miliar Yen.

2014 Mitsubishi eK Space wallpaper

Dengan jumlah uang tersebut, Nissan akan memperoleh 506.6 Juta lembar saham dengan harga 468.52 Yen per lembar. Dengan jumlah yang sangat besar tersebut, Nissan akan menjadi pemegang saham terbesar Mitsubishi Motors melebihi Mitsubishi Heavy Industry, Mitsubishi Corporation dan selama proses ini akan diawasi oleh Bank of Tokyo-Mitsubishi.

Nantinya Nissan akan menunjuk perwakilan yang akan menjadi nominasi jajaran direksi Mitsubishi Motors, dan Nissan juga memiliki suara paling dominan dalam menunjuk jajaran direksi. Dari perubahan tersebut diharapkan Mitsubishi bisa bertransformasi dengan rombakan besar di manajemennya.

Semoga saja dengan mayoritas saham Mitsubishi yang kini dikuasai oleh Nissan, Mitsubishi bisa kembali ke jalan yang benar dengan mengeluarkan mobil mobil yang legendaris seperti di era tahun 80 dan 90an. Aammiinnn…..

Read Prev:
Read Next:
  • Ars

    Waah, kayanya susah ni buat bikin mitsu balik ke jalan yang benar kaya di era lancer/eterna. masalahnya liat nissan aja, kaya ogah2an ngeluarin mobil baru/sekedar FL. Yang ngerombak manajemennya juga nissan. Tapi ya, semoga aja nissan bisa bangkitin mitsu lagi.

    • Indra

      Mitsubishi sekarang fokus ke SUV/crossover, sama pengembangan mesin listrik (MIEV)..

    • njk888 nik

      Karena Nissan lagi sibuk di pasar yang jauh lebih besar banding Indo. Nissan sangat kuat di luar negeri, termasuk Eropa, dimana SUVnya Qashqai udah sangat legendaris dan banyak media otomotif di sono aja akui lebih bagus banding berapa SUV Eropa. Apalagi SUV honda dan toyota yang jarang dapat score bagus di media Eropa.

      • Ars

        Iaa bro, tapi kalo diliat dari penghasilan di indo, dia juga panen lumayan banyak. Harusnya bisa diseriusin dikit lah, buat pasar indo. Tapi tetep aja, gue agak kurang yakin, kalo nissan bisa dorong mitsu buat balikin kejayaan jaman lancer/eterna. Masalahnya di liat dari pasar sedan aja lagi lesu banget.

        • Harry Gun

          Nissan lg sibuk nmbah2 dealer masbro, supaya org indo lbih yakin bli nissan

  • Indra

    Di Jepang Nissan dan Mitsubishi udah “berhubungan” lama loh, mulai dari Delica D:2 yg rebadge Evalia/NV200, mobil2 k-car nissan (semuanya dipasok dari Mitsubishi, sekarang dari pabrik kerjasama Nissan-Mitsubishi), sedan proudia dan dignity (semuanya JDM) yg rebadge Nissan Fuga dan Cima (atau Infiniti secara globally), trus jg wagon namanya Lancer Cargo yg rebadge Nissan AD Van. Lagipula keduanya sgt konsen dgn mobil listrik (dgn Leaf dan i MIEV), seperti halnya Toyota dgn hybridnya. Akankah mobil Mitsubishi kedepannya akan menggunakan akan platform aliansi Renault-Nissan?

  • Johntor

    pinter nih Nissan.. dia yg buka skandal.. akibatnya harga saham Mitsu turun terus dia yg beli.. heheee..mantap..

    • Jefri Dwiantoro

      iya nih, terlihat seperti konspirasi nggak sih?

    • njk888 nik

      Jangan nuduh sembarangan ya. Gini lo, jika lo kerja sama ama si B, terus ternyata si B ketangkap bohongin lo selama ini mengenai spek dan performa produknya, masa lo DIAM aja ??? Salah sendiri mitsu kenapa mau gitu. Dan sebenernya jika saham turun muncul peluang untuk takeover, juga salah siapa ? Nissan ? Lah buktinya toyota jika mau takeover juga bisa. Kenapa toyota nggak mau ?

      Jelas Nissan bukan kerjain mitsu. Cuman awalnya protes dong di bohongin. Kan konsumen yang beli mitsu rebadge as Nissan juga marah ama Nissan. Nissan juga kena karena mitsu bohong. Tuh jika beneran mitsu di kerjain Nissan gitu, kok Chairman mitsu Osamu masuko yang sering ke Indonesia dan ngerti bahasa Indonesia, kok welcome banget bantuan Nissan ? Jika Nissan yang kerjain, logikanya ya dia seharusnya tawarin aja mitsu ke toyota atau honda.

      Ini namanya partner sudah sadar bersalah, namun yang di tipu nggak dendam malah rela ajak gabung biar nggak bangkrut. Kok malah nuduh Nissan ? Coba pikir lagi. Jangan cuman karena doyan pajero sport, nggak suka X-Trail, terus main nuduh aja. Justru dari kasus ini kelihatan Nissan hatinya besar. Memaafkan mitsu dan ajak ikut join. Coba jika lo bisnis di tipu partner, berani nggak lo ajak join 1 group malah ?

      Bisa jadi pedagang biasa malah mikir Nissan itu bodoh. Sudah di tipu malah masih mau kerja sama ama penipu. Pintaran toyota dan honda kali yang nggak berani undang mitsu. Hayo, coba pikir…

      Pula Nissan beli saham mitsu itu bukan asal beli di bursa, tapi dengan persetujuan para pemegang saham dan boss boss mitsu. Lihat aja foto saat 2 CEOnya bersama. Senyum kok. Jika di kerjain Nissan, mana mungkin boss mitsu malah setuju gabung ama Nissan ?

      Ingat, siapa pun yang di tipu di dunia bisnis nggak mungkin diam dong. Wajar aja ! Kasus ini kan yang nipu kan MITSU, bukan Nissan.

      • Shark Owner

        Mana nggak senyum gitu

      • Johntor

        protes khan bisa internal dulu aja bro kagak usah ribut2 di luar.. sama2 produk Jepang tapi saling nikam..

        • njk888 nik

          Internal ? Justru harus external, biar yang nipu dapat pelajaran dan hukuman. Lihat orang dpr kita udah terlalu banyak kasus yang di exposenya cuman ” internal ” selama puluhan tahun. Makanya susah banget berubah…Belakangan aja mulai banyak di expose external.

          Toh kasus papa minta saham, gila kan saat giliran MKD vs novanto, akhirnya INTERNAL ??? Ya hasilnya ???

          Bisa di bayangkan kasus papa minta saham gituan berapa banyak jaman orba….

  • jelaga

    Saya sih pesimistis Mitsubishi akan kembali menjadi seperti Mitsubishi di tahun 1990 an. Why? Karena ceo dari Nissan Renault si Carlos ghosn itu terkenal sebagai cost killer. Doi ga akan mau membuat mobil yang dy tau ga akan menguntungkan. Liat aja line up dari Nissan Renault ga ada mobil2 yg bener2 wah atau bener2 driver oriented. Kecuali mungkin Nissan gtr dan Renault megane rs karena 2 mobil itu adalah ikon masing2 brand jadi si pak ghosn rela keluar duit banyak dengan harapan menaikkan brand image dari Nissan dan Renault. Sedangkan sisa line up nya? Mobil standar aja, bukan berarti produk Nissan atau Renault skrg jelek yah. Cuma ga ada yang ‘wah’ atau pun istimewa. Jadi saya rasa sih kecil kemungkinan Mitsubishi akan nelurin model kayak eclipse, galant, fto dll. Sukur2 kalo ghosn memutuskan buat mengrevive Evo buat jadi ikon Mitsubishi kayak Nissan dgn gtr nya.

    • Indra

      Mitsubishi sekarang fokusnya di SUV, jd yg kyk Evo Evo begitu udah “ga ada” bagi mereka

    • njk888 nik

      Lo kira toyota kalah dari segi permainan ” cost killing ” ? Pernah dengar motto CEO toyota katsuaki watanabe ? ” To wring water from a dry towel “. Artinya dia selalu yakin handuk jika sudah kering pun, pasti tetap akan ada air keluar jika di pelintir lagi handuknya.

      Pernah dengar berita dimana supplier toyota pun banyak yang diam diam senang saat toyota kena krisis ” akselerasi mendadak ” dan krisis masalah kasus mutu belum lama ini ? Karena selama ini mereka mulai capek di tekan toyota melulu. toyota untung besar, mereka setengah mati. Dan banyak yang senang bukan supplier bule lo, tapi supplier jepang juga.

      Ada juga banyak berita mengenai toyota ancam para suppliernya ” turunkan harga lo atau akan di ganti dengan supplier lain “. Bicara cost cutting, justru toyota paling gila. Google dulu coba….” toyota cost cutting “…..

    • T_Boggard

      Brand Evolution masih mungkin ada tapi bentuknya bukan sedan, lebih ke SUV atau crossover..

    • njk888 nik

      Emag innova, avanza, agya, yaris, dll driver oriented ???? Hahaha….fortuner aja juga nggak enak. Apalagi versi baru, badan gede, dalamnya malah sempit. Comfortnya nggak dapat, malah dimensi gedenya nyusahin nanti saat manuver dan parkir di dalam kota. Untungnya dimana ? Dimana mana orang beli mobil gede karena ingin dapat interior yang juga lega dong.

      Malah coba tanya, mobil toyota, terutama di Indonesia, mana sih yang driver oriented ? Maybe cuman Ft86. Dan itu harganya berapa ??? Sisanya semua boring to drive and use, dan diam diam banyak yang nggak sadar, harga jual kembalinya ancur kok, kagak tinggi seperti yang di cuap cuap salesnya. Jaringan servisnya yang di banggakan sebenernya sudah sesak banget, sudah nggak memadai dukung populasinya.

      Seperti airport Sukarno Hatta lah. Memang lebih besar banding Ngurah Rai, atau airport Jogja. Tapi overloaded banget Sukarno Hatta. Kagak enak, sumpek, udah nggak efisien. Pesawat mau landing atau take-off aja sering perlu antri lama. Masih enakan airport Jogja kali. Kapasitasnya masih memadai untuk traffic di sono.

      • Satwika

        sama halnya dengan wilayah mana yang paling sering jadi tujuan wisatawan mancanegara….. misalkan saja BALI, saingannya itu LOMBOK……para turis lebih minat ke BALI daripada LOMBOK…….terus…..LOMBOK apa harus bangun hotel dan tempat wisata sebanyak BALI??

    • netrall

      Ya anda terlalu smpit melihat pasarnya, bahkan sya bngung di sni hrv bisa keras laku pdhl di europe hmpir tk berkutik akibat nissan qasqai bahkan juke blum terkalahkan di brazil, crvpun juga bgitu hrus brtkuk lutut, atau line up DC di amrek pada kbakaran jenggot akibat adanya navara dan titan, tdk usah jauh2 proche aja ngomel2 akibat 911 bsa setara dgn gtr pdhl hg jauh berbeda. Atau pling gampang final champion sponsored by? Nissan . Piala dunia juga bgitu sponsored by? Memang di pasar india dan indonesia nissan kalah. Krn segi selera blm bisa diterima but ingat truck tercanggih dan sasis terkuat di indo ya nissan, kalo kgk percya tnya tmn2 supir bus and truck.
      Cuman terkadang untuk disini nissan tdk bsa ditrima baik akibat bodynya yg ke renault2an/eropa2an look evalia juke and elgrand. Tekukanya khas . Hrusnya bisa di studi kasus untuk mbil yg cocok di indo bagaimanà. Bahkan tak sdikit org disini menyandingkan dgn dahiatsu. Bukan brarti brand lain jelek cmn pandangan bnyak org di indo nissan pabrikan terpuruk. Krn doktrin by astro grup. Jdi keinget seles yg ngebully hbis2an FWD. Eh skrng smuanya pd makek fwd, kliatan kan teknologi siapa dluan sbgai pengagas.

      • Nurwan Farid

        Tapi ane pernah baca.majalah customer’s reportnya amrik,mobil Nissan terpuruk semua gan!amrik ya bukan Eropa.kalay di Eropa memang Qashqai jagonya…

      • njk888 nik

        Oh iya, orang toyota astra paling jago cuci otak konsumen, dan black campaign saingan mereka. Tuh majalah resmi mereka udah berapa edisi bahas claim saingan mereka aftersalesnya jelek, nilai jual kembali jatuh dll….Padahal tidak demikian. Justru saat ini harga jual kembali toyota daihatsu parah.

        Dan jaringan aftersales mereka yang mereka banggakan sebenernya jika di analisa dengan pikiran dingin, sudah tidak memadai, karena dah overloaded banget !

        Tapi ya seperti cara Nazi, lama lama rakyat Indonesia percaya begitu saja. Otaknya sudah di doktrin….Seperti Hitler Youth gitu lah…

  • siswanto18

    asik, sepertinya menyusul supra GTR 150 akan ada yg baru nih Skyline evolution GTR

  • deathstalker

    Gw malah lebih percaya mitsu bisa “ngubah” nissan lbh positif.
    Nissan yg keluar duit, nissan yg beli mitsubishi, masa yg bangkit mitsubishi? Logika aja deh hhehehe

    • njk888 nik

      Tidak akan heran jika sudah tau kisah dulu saat Nissan sudah mau bangkrut, udah mau tutup. Renault kirim Carlos Ghosn untuk take over Nissan dan rombak manajemennya. Hasilnya ? Ya Nissan bukan cuman bangkit, tapi hari ini group Renault Nissan total penjualannya seluruh dunia sudah lebih gede banding honda, apalagi mitsu yang kecil. Dan beda tipis ama toyota.

      Di Indo mitsu memang gede (juga karena divisi truknya, bukan mobil penumpang). Tapi fakta adalah seluruh dunia, mitsu itu kecil….Bahkan jauh di bawah Hyundai / Kia, VW, Chevy, Ford dll…

      Cuman di Indo aja banyak orang toyota sering jelek jelekin Nissan. Karena mereka tau Nissan itu siapa…Lah si A take over si B, dan jika si B bangkit, jelas si A juga enak, karena sudah jadi majority owner si B. Masa maunya si B makin hancur ? Logikanya mana ?

      • deathstalker

        Lagi ngomongin apa sih bro? Gw kan cuma komen soal nissan beli saham mmitsubishi. Yg lbh diuntungkan harusnya nissan sebagai pembeli. Mitsubishi cuma bisa pasrah mau diapain sama nissan.

        • njk888 nik

          Jangan salah, waktu Ghosn dulu di kirim Renault untuk bantu Nissan, banyak yang tertawakan mereka. toyota juga bilang Renault GILA. Mereka yakin Renault akan buang banyak duit sia sia, dan akan sama sama kesulitan ama Nissan.

          Namun direksi Renault dan Ghosn punya visi dan keberanian yang beda.

          Hasilnya ? Ya itu, hari ini, group Renault Nissan sudah lebih besar dari honda, apalagi mazda, mitsu, suzuki….Dan beda tipis ama toyota, VW, GM, Hyundai / Kia….Itu namanya VISI dan keberanian. Win Win solution. Renault untung, Nissan juga untung.

          Sekarang, jika sejarah di ulang lagi, mitsu juga akan untung. Semua untung di group 3 partner ini nanti. Apakah porsinya rata ? Nggak penting untuk mereka ane rasa. Juga susah hitungnya. Nilai ilmu pajero sport berapa duit coba ? Yang penting semua bisa saling membantu.

          • deathstalker

            Iya kalau nissan melakukan hal yg sama. Kalau cuma mau ambil teknologi dr mitsu? Kita blm tau masa depan sih, mitsu cuma bisa pasrah.:)

          • Harry Gun

            Gurbak, sono googling teknologi siapa yg lebih maju, evo aj disuntik mate gt

          • Astaga

            teknologi mitsu dan nissan sama2 maju kok…cuma karena brand mitsubishi motors kurang dapat perhatian management nya..jadi kurang laku mobil2nya

          • Harry Gun

            Yoi ..teknologi cara berpikir managment yg diperlukan mitsu, jgn smpe suntik2 mati mulu

          • deathstalker

            Ga perlu lebih maju kok. Tapi tiap pabrikan punya paten tersendiri. Itu lebih berharga dan diincar dari pembelian saham perusahaan. Bukan gengsi2an siapa yg lebih maju.
            Btw gubrak juga ah.. bangga banget sih abis buka google.. Keren…

          • njk888 nik

            Justru itu dia, sudah ada rekam jejaknya (Kasus Nissan dan Renault yang perkawinannya tahan lama dan harmonis sampai saat ini).

            Itulah boss Mitsu baru rela gabung ama group Nissan Renault. Karena rekam jejak merger Nissan Renault udah jelas (dan bagus hasilnya, tidak pecah, tidak ribut). Padahal ama ” cewek perancis lo “. Lah ini Nissan ama Mitsu, dua duanya jepang, udah pasti lebih gampang lagi. Toh perancisnya udah biasa makan sushi !

            Sebaliknya, jika kawin ama toyota, takutnya nanti seperti daihatsu, cuman di jadikan tukang jahit / budaknya aja. dai yang jahit, tapi lambangnya toyota. Yang kerja dai, yang dapat glorynya toyota. Nggak seimbang perkawinan toyota ama daihatsu. Lihat daihatsu brand imagenya makin ancur aja di manca negara (kecuali Indonesia), karena memang hubungan ama toyotanya adalah pembantu – majikan. Tentu majikan mau nama sendiri di depan, image pembantu buat apa di pikirin ???

            Beda ama perkawinan manusia, perkawinan perusahaan kadang THREE SOME lebih nikmat lagi lo !!! Trio yang bisa saling membantu dan melengkapi. Asal hubungannya bukan majikan / pembantu seperti toyota / daihatsu, tapi equal partners.

            Seperti Nissan Renault selama ini….

          • deathstalker

            Yaa liat aja nanti gimana ke depannya, apakah mitsu benar2 bisa bangkit dan melebihi nissan. Jangan kayak dukun, baru beli udah bilang dapet untung besar.

            Pengalaman di elektronik Sony Ericsson mereka bisa sejalan, bukan babu majikan. Coba liat Panasonic National sama2 Jepang, akhirnya yg sisa cuma Panasonic.

      • Astaga

        kalo begitu doain aja semoga abis mitsu motors kena skandal BBM begini, akan bangkit lagi dibantu nissan agar dpt bersaing dgn merk2 jepang lainnya…oke?

        ingat loh…saham dibeli belum tentu bakal bangkrut nanti…masa depan bisa berubah

        (dan semoga nanti mitsu motors diberi bimbingan ttg desain interior mobil oleh nissan, soalnya mobil2 mitsu skrg desain2 interiornya gk terkesan ekslusif… tapi CVTnya nissan gk ush dipake di mitsu)

      • Astaga

        kyknya nissan kekuatannya itu di Eropa dan Amrik, Ghosn aja bilang “mitsubishi jauh lebih kuat di asia tenggara daripada nissan” dan ia berjanji utk tetap menghormati Mitsubishi….nah kalo urusan eropa dan amerika nissan kuat..bahkan lebih kuat dari honda dan kekuatannya hampir setara toyota disana (amrik)

      • Reynaldi

        jangan terlalu bangga lah sama nissan, toh maling teriak maling…inget gk kasus konsumsi BBM nissan march yg gk sesuai kenyataan?

        • njk888 nik

          Lah kan iklan Nissan March udah di kasih tau, dengan syarat dan kondisi tertentu (luar kota bebas hambatan). Cuman konsumennya aja nggak baca. Dalam kota dapat angka yang berbeda, marah marah sendiri….Lah tuh angka konsumsi BBM mobilio yang fantastis apa bedanya ?

    • masboy

      yah elu kan cuman ngerti pasar indonesia doang, di amrik nissan udah sama dengan honda, dieropa nissan udah lebih laku dari toyota. mitsubishi??? elu bilang??? itu udah nggak laku dimana mana kecuali indonesia. update pengetahuan elu tong!

      • deathstalker

        Trus? Nissan mau bantu mitsubishi? Nissan beli mitsubishi ga ada guna dan ga ada keuntungannya? Siapa juga yg ngomongin laku ga laku? WWkwkwk

        • CT HardCore

          Mungkin nissan membeli mitsubishi karena mitsubishi punya pasar nya sendiri

      • T_Boggard

        lebih positif disini belum tentu dari market share, bisa juga dari teknologi atau brand image yang dimiliki mitsubishi

  • Nakazato Kira

    Ambil saja hikmahnya dari kejadian ini, seperti VW dengan kasus dieselgate-nya.

    Aku yakin saja Mitsubishi bisa mengembalikan kepercayaan konsumen setelah terkuaknya skandal BBM, apalagi sekarang udah dibantu Nissan, jadi berharap bisa pulih lebih cepat meski butuh waktu yang lumayan lama. Lebih mudah menjatuhkan daripada membangun

  • njk888 nik

    Yang nuduh Nissan kerjain mitsu, salah ! Justru kalau lihat kasus, jelas toyota ama honda ada peluang undang mitsu bergabung ama mereka. Kenapa mereka tidak lakukan ? Karena mereka jelas ” takut ” di tipu ama mitsu di kemudian hari. Jadi mending diam aja. mitsu mau bangkrut atau gimana masa bodoh !

    Sebaliknya, Nissan yang barusan di tipu, namanya sendiri juga kena, malah memaafkan partnernya mitsu yang barusan nipu mereka, malah ajak mitsu ikut join 1 group ama Renault Nissan !

    Awalnya Nissan protes, apa salahnya ? Dimana mana, dunia bisnis, lo di tipu ama partner lo, ya masa lo diam ? Protes dong ? Tapi ternyata akhirnya Nissan maafkan mitsu juga…

    Dari sini justru kelihatan direksi Nissan hatinya besar ! Pemaaf ! Sebaliknya toyota dan honda penuh curiga, kagak mau undang mitsu gabung ama mereka, karena udah pasti takut di tipu di kemudian hari. Padahal sama sama jepang….Ghosn malah adalah keturunan orang Lebanon…Bukan darah jepang….

    Iya nggak ? Justru dari foto Osamu Masuko dan Carlos Ghosn saat deal, kelihatan kok Osamu sangat terharuh, karena kasusnya adalah ” Gue barusan NIPU lo, malah saat gue mau bangkrut, lo maafkan gue dan lo yang tolongin gue, malah ajak gue bergabung ama lo “.

    Tul nggak ? Ingat, merek mitsu tidak di matikan. Malah justru seperti Renault Nissan alliance. Masing masing pertahankan identitas masing masing. Cuman sudah jadi partner 1 group.

    • farid

      Nissan dari dulu memang jadiiin mitsubishi sebagai partner tapi belum masuk satu grup atau aliansi renault-nissan,cuma kerjasama dgn rebadge mobil atau common part.jadi wajar toyota atau honda gak mau ajak si mitsu gabung,sedangkan partner toyota diluar merek segrupnya itukan subaru bukan mitsu.kalau beneran mitsu masuk aliansi renault-nissan berarti makin besar kedua pabrikan ini karena ditambah satu pabrikan yaitu mitsu,dan KTB bisa jadi kerjasama dgn indomobil yg juga jadi mitra lokal nissan dan renault di indonesia,karena mobil mitsu yg pake platform renault-nissan bisa jadi numpang perakitan atau dealer masing2

  • T_Boggard

    tren sekarang menuju ke SUV dan crossover, justru ini langkah bagus dari Nissan

  • Syahrul Mizan

    nissan keren mobil nya, laki banget…

  • Rockmeo

    Sebenarnya yang dibeli sahamnya itu sama nissan hanya mitsubishi mobilnya sajakah atau yg induk ny juga?

    • Indra

      Hanya mobilnya, sedangkan truknya sudah dibeli Daimler sejak 2000an..