New Nissan Kicks e-Power : Ramah Lingkungan & Mulai 412 Jutaan

0  komentar

AutonetMagz.com – Pada akhir pekan lalu, pihak Nissan telah resmi menghadirkan sebuah produk yang sudah kita nantikan bersama. yap, apalagi kalau bukan New Nissan Kicks e-Power. Sosok crossover yang diperkirakan akan menjadi suksesor Nissan Juke untuk kawasan Asia Tenggara dan Jepang ini akhirnya diperkenalkan pada hari Jumat, 195 Mei 2020 lalu setelah sempat ditunda sejak bulan Maret silam. Lantas, apa saja ubahan dan kebaruan yang ditawarkan di mobil ini? Mari kita kupas.

Desain Berubah, Fascia Baru

Nah, sebelum membahas mengenai teknologi e-Power yang menjadi salah satu poin paling menarik dari mobil ini, mari kita kupas dulu ubahan desain dari New Nissan Kicks e-Power dibandingkan dengan versi non e-Power di belahan bumi yang lain. Pertama, New Nissan Kicks e-Power menggunakan wajah baru dengan lampu depan, grille, kap mesin dan bumper yang berubah total. Lampu depannya sudah LED dengan model reflektor, bentuknya melebar dan lebih sipit dari pendahulunya, dan ada LED DRL berbentuk lurus di sisi bawah cluster lampu depannya serta positioning lamp ala bumerang di sisi atas lampunya.

Grille-nya menggunakan warna hitam dengan bentuk V motion baru yang kini tidak menggunakan bilah krom besar. Alih – alih, krom di grille mobil ini ada di sisi dalam grille, dan di bagian bawah lampu yang membentuk huruf V. Sedangkan grille-nya sendiri didominasi warna hitam glossy yang mengingatkan kami pada grille Nissan Serena C27 facelift, termasuk ukurannya yang bertambah besar. Lampu kabutnya mengotak dengan housing berwarna hitam yang bergaya ala kisi – kisi udara. Sedangkan di area tengah-bawah bumper depannya diberi lis krom tipis. Pindah ke sisi samping, New Nissan Kicks e-Power menggunakan velg baru palang 5 dual tone berukuran 17 inci.

Masih ada roof rail, pilar A dan Spion serta Atap dilabur warna hitam, dan ada side body moulding dengan ornamen berwarna silver. Oiya, ada emblem e-Power di sisi samping untuk mempertegas varian baru ini. Di sisi belakang, New Nissan Kicks e-Power masih menggunakan model lampu lama namun dengan detail baru di culster-nya, termasuk penggunaan LED Bar yang lagi – lagi berbentuk bumerang. Bumper belakangnya baru, dan kini lebih minim warna hitam plastik. Ada aksen ala diffuser dengan laburan sewarna body, sensor parkir 4 titik, dan emblem e-Power lagi. Knalpotnya ngumpet, dan antenanya sudah model shark fin.

Mesin & Motor Listrik

Nah, yang paling menarik dari New Nissan Kicks e-Power ada pada dapur paacunya. Yap, mobil ini menggunakan teknologi e-Power seperti Nissan Note dan Nissan Serena. Mesin yang digunakan adalah mesin HR12DE 1.200cc 3 silinder bertenaga 72 PS pada 5.400 rpm dan torsi 103 Nm pada 4.400 rpm. Tak asing dengan mesin ini? Yap, itu mesin Datsun Go Panca. Tetapi, Nissan memadukan mesin tersebut dengan motor listrik EM57 bertenaga 129 PS dan bertorsi 260 Nm serta baterai 1.57 kWh yang diletakkan di bawah jok depan. Mesinnya akan menjadi generator bagi baterai untuk menjadi sumber tenaga bagi motor listriknya.

Jadi, kasarnya ini adalah mobil listrik dengan sumber tenaga bensin. Ramah lingkungan, namun tenaganya dihasilkan oleh bahan bakar minyak juga. Tak sepenuhnya ramah lingkungan, namun setidaknya bisa menjadi perantara menuju elektrifikasi di masa depan. Oiya, motor listriknya menggerakkan roda depan, dan terhubung dengan sistem shift by wire yang memiliki beberapa mode berkendara seperi Eco, Normal, dan EV. Selain itu, New Nissan Kicks e-Power juga menggunakan mekanisme satu pedal seperti Nissan Leaf, jadi injak pedal untuk akselerasi dan lepaskan untuk deselerasi menggunakan regenerative braking.

Interior & Fitur

Setelah eksterior dan mesin/motor, New Nissan Kicks e-Power juga mendapatkan ubahan di sisi interior. Walaupun sebagian besar interiornya masih sama dengan versi di belahan dunia lain, namun kini Nissan Kicks sudah menggunakan setir baru yang desainnya mirip Nissan Leaf, dan juga tuas persneling baru yang khusus untuk varian e-Power. Untuk kelengkapan, New Nissan Kicks e-Power dilengkapi dengan sejumlah hal menarik seperti sistem infotainment yang mendukung Apple CarPlay dan berukuran 8 inci, lalu jok kulit, dan panel instrumen digital berukuran 7 inci.

Sedangkan dalam urusan keselamatan, New Nissan Kicks e-Power dibekali dengan fitur standar seperti ABS, EBD, BA, 6 buah airbags, VDC, HSA, dan juga ISOFIX. Selain itu, sejumlah fitur keselamatan aktif yang tergabung dalam paket Nissan Intelligent Mobility juga disertakan. Ada Intelligent Cruise Control, Rear Cross Traffic Alert, Around View Monitor, autonomous emergency braking, Intelligent Ride Control, Moving Object Detection, Intelligent Forward Collision Warning, Driver Attention Alert, Intelligent Trace Control, a digital rearview mirror dan Blind Spot Warning.

Harga & Peluang ke Indonesia

New Nissan Kicks e-Power dijual di Thailand dengan 4 macam trim, yaitu S, E, V, dan VL. Untuk tipe terendah yaitu S dijual dengan harga 889 ribu Baht atau setara 412 jutaan Rupiah. Tipe diatasnya yaitu E dengan harga 949 ribu Baht (440 jutaan Rupiah), tipe V dengan 999 ribu Baht (463 jutaan Rupiah), serta tipe tertinggi yaitu VL dengan 1,049 Juta Baht atau setara 487 jutaan Rupiah. Berhubung New Nissan Kicks e-Power juga pernah dites di Indonesia, maka bisa jadi mobil ini juga akan dirilis di tanah air. Di GIIAS mungkin? Bisa saja.

Yang jelas, jikalau Nissan Indonesia bisa menjual mobil ini dengan banderol yang mirip dengan Thailand, maka New Nissan Kicks e-Power akan menjadi rival untuk Toyota C-HR Hybrid di Indonesia. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: