Nasib Sial Bagi Takata, Ford Mulai Berniat Tinggalkan Penggunaan Airbag Takata

by  in Berita&Ford&International
Nasib Sial Bagi Takata, Ford Mulai Berniat Tinggalkan Penggunaan Airbag Takata
0  komentar
Perusahaan pembuat onderdil airbag Takata dari Jepang

AutonetMagz.com – Pusing pala Takata. Sesudah kemarin terancam ditinggalkan semua merek mobil Jepang mulai dari Honda, Mazda, Nissan, Mitsubishi, Daihatsu, Subaru, Lexus dan Toyota, sekarang merek lain di luar Jepang mengambil keputusan yang sama. Merek yang paling baru menyatakan niatnya untuk membuang airbag Takata ke gudang belakang untuk jadi barang antik adalah Ford, tentu saja atas dasar keselamatan konsumen.

NHTSA sudah menjatuhkan denda sebesar $70 juta (95,8 M Rupiah) atas dasar kesalahan airbag yang memakai amonium nitrat sebagai peletusnya, yang menyebabkan sebagian besar merek mobil – termasuk Ford – melakukan recall hingga jutaan mobil di seluruh dunia.

ford-focus-sedan

Bakal ada tambahan denda $ 130 juta (1,78 T) jika tidak mengikuti syarat yang digariskan dalam persetujuan, termasuk komitmen untuk berhenti memakai amonium nitrat jika perusahaan tidak dapat tegas membuktikan keamanan bahan kimia itu. Waduh, panjang nih urusannya.

Para merek mobil akan mencari komponen dari pemasok saingan, dan pasti Takata bakal menghadapi kesulitan jangka panjang dalam upaya untuk menarik dirinya keluar dari kontroversi. Presiden Takata Shigehisa Takada baru-baru ini mengakui bahwa situasi ini mengancam kelangsungan hidup perusahaan.
Cara kerja mekanikal airbag pada mobil

Masih tidak jelas jika para merek mobil akan bersedia untuk kembali ke Takata sebagai sumber pemasok inflator airbag jika perusahaan tersebut mengembangkan desain alternatif yang tidak menggunakan amonium nitrat, karena itulah jalan agar nama baik Takata kembali terangkat. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Rafi M. P.

    Emang Toyota sekarang pake airbag dari Rusia ya? Soalnya di Innova baru ada tulisan Bahasa Rusia di kenop mematikan airbag di samping kiri dashboard