Seberapa Mahal Sih Memelihara Lamborghini Gallardo? Ini Dia Kisaran Biayanya!

Seberapa Mahal Sih Memelihara Lamborghini Gallardo? Ini Dia Kisaran Biayanya!
0  komentar
lamborghini gallardo

AutonetMagz.com – Nyaris sekitar 14.022 Lamborghini Gallardo terjual sejak awal diproduksi, membuatnya menjadi kontributor penyebaran populasi Lamborghini terbaik yang pernah dimiliki banteng Italia itu. Meski sudah diganti Huracan, namun Gallardo seken tetap diminati para orang berkantong tebal jika ingin memiliki sebuah supercar. Mungkin harga jualnya sekarang sudah tidak semahal dulu, tapi pasti tetap ada yang penasaran : berapa sih biaya pemeliharaannya?

Jika kemarin Salomon Drin mau berbagi rincian mengenai biaya perawatan Bugatti Veyron, channel Vehicle Virgin sekarang mau berbaik hati membeberkan mahar pemeliharaan Lamborghini Gallardo. Sebagai unitnya, yang dicontohkan adalah Gallardo generasi pertama yang sebelum facelift, yang lampu depannya masih panjang. Setelah membelinya 9 bulan lalu dan dipakai sejauh 8.000 kilometer, ia dapat menyimpulkan sedikit biayanya.

lamborghini gallardo engine

Yang jelas sih tidak murah. Pertama yang paling umum dulu saja, yakni bensin. Mau tahu berapa konsumsi BBM rata-rata Lamborghini Gallardo? Bisa 3,8 km/liter, dan jika kaki kanan sabar pun paling hanya dapat 4,68 km/liter. Dengan tangki BBM berkapasitas 80 liter, berarti harus mengeluarkan uang sekitar Rp 1.040.000 untuk bensin dari nyaris kosong hingga penuh (anggaplah bensin Rp 13.000/liter), dan hanya bisa menempuh jarak kurang dari 400 kilometer. Belum kalau macet, makin cepat habisnya. Ya iyalah, pakai mesin 5.200 cc V10 500 hp kok ngarep irit?

Berikutnya, kopling. Tenaga Lamborghini Gallardo memang besar, tapi koplingnya sangat lemah. Makannya banyak review yang berkata kalau girboks Gallardo itu payah, tapi di Huracan jauh lebih baik. Sekali ganti kopling, harus keluar dana $6.000 (82,2 juta Rupiah) untuk membeli set kopling standar baru. Seharga mobil seken taun 90-an bukan?

lamborghini gallardo interior

Kopling standar Gallardo hanya bisa bertahan sejauh 24.000 hingga 40.000 kilometer, habis itu langsung minta ganti, bahkan ada yang baru 1.600 kilometer langsung ganti kopling. Kalau mau kopling yang tahan lama, bisa beli kopling dengan material kevlar yang daya tahannya jauh lebih bagus 3 kali lipat. Pastinya lebih mahal, yakni mencapai $9.000 (123 juta Rupiah). Nah lho, sudah seharga LCGC yang belum didiskon.

lamborghini gallardo tire

Berikutnya soal bannya. Untuk Gallardo berpenggerak AWD, harga satu set ban bisa mencapai $2.000 (27 juta Rupiah), dan bannya habis dengan sangat cepat, paling jauh hanya bisa 16.000 kilometer. Menurut pemilik Gallardo itu, jika ada orang Lamborghini bilang bannya hanya bisa diganti dengan ban asli dari Pirelli, jangan dipercaya. Anda bisa pakai ban merek lain, Michelin Pilot Sport atau ban performa tinggi apapun bisa, asal ukurannya sama.

lamborghini gallardo rear

Untuk kesimpulan singkatnya, pemilik Gallardo kuning itu bilang kalau selama 9 bulan memiliki supercar ini, ia sudah menghabiskan dana $7.200 (98,6 juta Rupiah), dan setiap 1,6 kilometer menjalankan mobil ini dia harus keluar uang nyaris sebanyak 30.000 Rupiah. Penasaran detailnya? Simak video ini dan sampaikan pendapatmu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Ilham

    30.000 rupiah? Bukannya US$30.000?

    • rezza

      itu dibreakdown gan biaya per mil nya, dari bahan bakar per km, trus harga kopling, ban per km dan dll jadi dianggap bayar Rp. 30rb per 1,6km

      • Ilham

        Oh, ok thanks pencerahannya gan

  • Aldio Fahrezi

    Mahal…

  • tomo

    Itu blom pajak n servis rutin…mantaf