Nama Mazda MX-6 Dipatenkan, Akankan Menjadi 6 Coupe?

by  in Berita&International&Mazda
Nama Mazda MX-6 Dipatenkan, Akankan Menjadi 6 Coupe?
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kita membahas mengenai nama tenar Mazda MX-5, maka jelas ada banyak sekali yang mengenal nama ini. Namun bagaimana jika kita tambah 1 dari angka 5 di jajaran keluarga MX, akankah kalian masih mengenalinya? Yap, Mazda MX-6. Mungkin tak begitu banyak yang mengetahui sosok Mazda MX-6, namun yang jelas, nama Mazda MX-6 kembali menyeruak beberapa waktu terakhir ini karena paten dari nama mobil ini baru saja didaftarkan. Tentunya hal ini memantik pertanyaan dari penggemar Mazda, akankah Mazda MX-6 dihidupkan kembali? Yuk kita bahas.

Jadi, mengutip dari laman AutoGuide, pihak Mazda baru – baru ini mematenkan nama Mazda MX-6 di kantor Paten di Jepang. Pendafataran paten ini sendiri dilakukan pada tanggal 16 Oktober 2018 kemarin. Artinya, ada kemungkinan nantinya pihak Mazda akan menghidupkan kembali Mazda MX-6 yang sebelumnya disuntik mati lebih dari 2 dekade silam. Bagi kalian yang asing dengan nama Mazda MX-6, sejatinya mobil ini adalah Mazda 626 Coupe atau juga dikenal dengan nama Mazda Capella C2. Nah, dua nama terakhir nampaknya jauh lebih familiar bagi masyarakat Indonesia, karena unit Mazda Capella / 626 (GD) beredar di Indonesia. Mazda MX-6 sendiri pertama kali diperkenalkan di tahun 1987 dengan platform GD Mazda. Dan kala itu basisnya juga digunakan oleh Ford Probe.

Generasi pertama dari Mazda MX-6 hanya bertahan selama 5 tahun, hingga tahun 1992, sebelum akhirnya digantikan dengan Mazda MX-6 berkode GE. Mazda MX-6 GE sendiri diproduksi hingga tahun 1997. Basisnya masih digunakan juga oleh Ford Probe, dan juga Ford Telstar. Di generasi keduanya, Mazda MX-6 dijual secara global dengan spesifikasi yang berbeda – beda. A Spec untuk Amerika, E-Spec untuk Eropa dan juga tentunya J-Spec untuk Jepang. Secara umum ada dua varian mesin yang digunakan, yaitu 2.000cc Inline4 dan 2.500cc V6. Sayangnya, eksistensi dari Mazda MX-6 tak sepanjang sang adik, yaitu Mazda MX-5, dan pasca 1997, tak ada generasi berikutnya dari Mazda MX-6.

Nah, kemunculan paten nama dari Mazda MX-6 sendiri membuat kami sedikit banyak menduga – duga, akankah Mazda MX-6 menjadi versi Coupe dari Mazda 6? Bisa jadi, karena seperti yang kita tahu, dalam beberapa tahun terakhir ini selalu berhembus kabar bahwa versi C0upe dari Mazda 6 akan hadir dalam waktu dekat. Apalagi, jika kita melihat sosok Mazda Vision Coupe yang muncul di Tokyo Motor Show 2017 kemarin, maka jelas ada kans untuk membuat versi Coupe dari sebuah Mazda 6. Dan jika merujuk pada akar nama Mazda MX-6 yang merupakan versi Coupe dari Mazda 626, maka nama Mazda MX-6 sangat mungkin untuk menjadi nama dari Mazda 6 Coupe nantinya. Namun sekali lagi, ini baru sekedar hasil pikiran sotoy kami, belum tentu terjadi.

Lalu, kalau menurut kalian bagaimana? Layakkah Mazda MX-6 hadir kembali mengusung sosok Mazda 6 Coupe? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: