MV Agusta Siapkan Mocil Untuk Pasar ASEAN & India

MV Agusta Siapkan Mocil Untuk Pasar ASEAN & India
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kita klasifikasikan kendaraan roda dua yang dijual di kawasan ASEAN, termasuk di Indonesia, maka sebenarnya ada 2 kategori besar yang kita kenali. Pertama adalah Mocil alias Motor Kecil , dan Moge alias Motor Gede. Oke, klasifikasi ini jelas cukup personal dan selalu bisa dijadikan bahan debat, terutama jika sudah mendetail ke urusan spesifikasi. Namun kalian tentu setuju jikalau kami menyebut nama MV Agusta, maka yang langsung muncul di benak kalian adalah sebuah Moge yang cantik, bukannya mocil. Iya kan?

Tetapi, ada sebuah kabar menarik yang muncul beberapa waktu terakhir ini. MV Agusta yang selama ini masuk dalam jajaran pabrikan roda dua elit dengan motor kentjang nan cantik tersebut mulai terpikat dengan segmen motor berkubikasi kecil. Kabarnya, MV Agusta sedang mengerjakan motor – motor baru dengan range kubikasi antara 350cc hingga 500cc. Oke, mungkin bagi publik Indonesia angka tersebut sudah merujuk pada Moge, tapi sebenarnya tidak juga kalau kita melihat dari sisi spesifikasi. Mengutip informasi via Asphalt&Rubber, CEO dari MV Agusta yaitu Timur Sardarov telah mengkonfirmasi informasi mengenai motor 350cc hingga 500cc dari MV Agusta.

Nah, ide pertama yang muncul adalah menelurkan sebuah motor berkubikasi 350cc dengan model mesin 2 silinder. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada varian dengan kubikasi yang lebih kecil dari angka tersebut. MV Agusta sendiri masih akan terus berada di posisi sebagai pabrikan motor premium, namun disaat yang bersamaan ingin mendekatkan diri kepada konsumen di kawasan ASEAN dan India. Seperti yang kita ketahui bersama, konsumen di kawasan ini, termasuk Indonesia, cukup menggemari motor berkubikasi 250cc dan 300cc. Dan nampaknya peluang ini tidak akan disia-siakan oleh MV Agusta.

Salah satu modal berharga MV Agusta adalah jalinan kerjasama yang baru dibangun dengan mitra asal China. Loncin Motor Company telah setuju untuk menjalin kerjasama dengan MV Agusta guna mempermudah akses dari pabrikan asal Italia tersebut ke segmen 350cc hingga 500cc. Perjanjian antara MV Agusta dan Loncin sendiri memberikan tugas bagi MV Agusta untuk mengembangkan dan mendesain motor tersebut, sebelum nantinya Loncin yang akan bertugas untuk memproduksi dan juga mendistribusikan motor – motor MV Agusta tersebut ke pasar Asia.

Langkah seperti ini sejatinya bukan hanya dilakukan oleh MV Agusta, karena Harley Davidson pun juga sudah mengutarakan niat serupa beberapa waktu lalu. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: