Mobil Tua Mazda Tahun 1990-an Baru Direcall Sekarang Karena Masalah Pada Ignition Switch!

by  in  Berita & International & Mazda
Mobil Tua Mazda Tahun 1990-an Baru Direcall Sekarang Karena Masalah Pada Ignition Switch!
0  komentar
mazda mx6

AutonetMagz.com – Setelah kasus recall airbag Takata, dieselgate VW dan lain-lain, muncul satu recall lagi yang membuat kami tak percaya. Kali ini Mazda yang membuat cerita aneh ini. Menurut Canadian Business, Mazda melakukan recall terhadap 4,9 juta kendaraannya di seluruh dunia, tapi kendaraan yang kena recall rata-rata produksi tahun 1990-an. Duh, udah 25 tahun lewat kira-kira kalau begitu.

Mobil-mobil yang kena recall adalah Mazda 323 dan Protege tahun 1990-1996, Mazda 626 tahun 1993-1998, Mazda MX-6 tahun 1993-1997, Mazda MPV tahun 1989-1998 dan MX-3 tahun 1992-1993. Aduh, mobil-mobil seperti ini belum tentu masih original sekarang dan berada di tangan pemilik pertamanya, kecuali pemiliknya memang maniak Mazda.

mazda 626

Mazda mengatakan, mereka memakai terlalu banyak pelumas pada titik kontak listrik di switch ketika semua mobil tua itu diproduksi. Pelumas dapat terkarbonisasi dan mengurangi hambatan listrik. Jika terus menerus dibiarkan, dapat menyebabkan listrik mengalir di tempat yang tidak seharusnya dan membuat switch overheat, bisa berujung pada munculnya asap dan membuat api. Mirip kasus power window Toyota kemarin ya?

Klaim dari Mazda, masalah ini tidak akan mempengaruhi kinerja perangkat keselamatan mobil. Kumpulan catatan mereka mengatakan belum ada korban kebakaran, kecelakaan atau cedera di AS akibat masalah ignition switch itu, dan masalah tidak akan terjadi ketika mobil dimatikan. Secara global telah terjadi 13 kasus kebakaran di mobil Mazda-Mazda tadi, namun tidak ada korban luka.

mazda 323

Penggantian komponen dapat dilakukan di dealer Mazda mulai Desember mendatang. Duh, recall Honda City yang jaraknya 10 tahun saja sudah lumayan jauh sepertinya, apalagi ini yang jaraknya 25 tahun? Mobilnya pasti sudah ngalor ngidul kemana-mana dan sudah tidak dalam kondisi orisinal, malah mungkin beberapa sudah jadi bangkai. Ya tapi kalau sudah jadi bangkai sih masa bodoh lah, tidak ke dealer untuk diperbaiki juga tidak apa-apa, mau nyalain mesin juga sudah nggak bisa.

Kita tunggu saja pernyataan Mazda Indonesia, kira-kira mobil-mobil tuanya kena recall juga atau tidak. Bagaimana menurutmu tentang recall berjarak 25 tahun ini? Apa kamu punya kenalan yang mobil Mazda tuanya tercatat sebagai yang harus di-recall di atas tadi? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: