Intip Yuk Proses Pembuatan Chevrolet Trax di Korea

Intip Yuk Proses Pembuatan Chevrolet Trax di Korea
0  komentar
Chevrolet-Trax-Final-Inspection

Seoul, AutonetMagz – Sebagai bukti keseriusan Chevrolet mendatangkan Chevrolet Trax ke Indonesia, General Motor Indonesia mengajak sejumlah rekan wartawan untuk mengunjungi pabrik terbesar mereka di Asia yang terletak di Korea Selatan. Beruntung, AutonetMagz terpilih sebagai salah satu media yang diundang untuk melihat bagaimana Chevrolet Trax dibuat dan merasakan performa mobil ini di proving ground mereka.

Sebelum kita lanjut ke proses produksi, GM Korea memiliki 4 buah fasilitas di Korea Selatan yang terletak di tempat-tempat berbeda dan sangat besar. Jika di totalkan, seluruh fasilitas tersebut dapat memproduksi 837.000 unit mobil dan 3.1 juta unit sistem penggerak dalam satu tahun dengan total tenaga kerja sebanyak lebih dari 17.000 orang.

Chevrolet-Facility

Namun, kami hanya mengunjungi fasilitas pembuatan Chevrolet yang berada di Bupyeong, karena disinilah Chevrolet Trax dibuat. Menurut data, fasilitas di Bupyeong memiliki kapasitas produksi sebesar 393.000 unit dan 1,1 juta unit penggerak pertahun. Disini Chevrolet tidak hanya memproduksi Chevrolet Trax, namun juga kembarannya seperti Opel Mokka dan Buick Encore (dimana ketiga model tersebut disebut dengan GSUV), lalu model lain seperti Aveo dan Captiva. Sayangnya kami tidak diizinkan untuk mengambil foto proses pembuatan mobil di fasilitas ini, namun kami mendapatkan foto dari fotografer resmi GM Korea yang cukup mewakilkan kondisi fasilitas.

The Body Shop

Pertama, kita mengunjungi body shop 1 di fasilitas Bupyeong. Sebelum memasuki fasilitas, kita diwajibkan untuk menggunakan kacamata keselamatan dan mematuhi jalur untuk manusia karena body shop 1 ini sudah memiliki tingkat otomasi sebesar 100%, alias pembuatan bodi di pabrik ini dikerjakan oleh 411 robot yang sudah di desain sedemikian rupa.

Chevrolet-Body-Shop

Robot-robot tersebut mengubah plat besi menjadi beberapa bagian seperti panel pintu, fender, lantai bodi, ruang mesin, kap mesin, atap hingga rangka struktur bodi. Kemudian setelah part-part tersebut sudah menjadi bagian yang sempurna, para robot akan menyatukan part-part bodi mobil hingga menjadi sebuah bodi kendaraan yang utuh tanpa interior, mesin dan kaki-kaki.

Setelah bodi mobil sudah selesai dibuat oleh para robot, kini giliran manusia melakukan inspeksi sebelum bodi tersebut di bawa ke ruang pengecatan. Meskipun robot memiliki tingkat kekeliruan yang sangat kecil dibandingkan dengan manusia, Inspeksi terakhir tetap dilakukan secara manual untuk menjamin kualitas kendaraan. Dengan penggunaan robot yang canggih dan modern, pabrik ini dapat memproduksi 60 bodi kendaraan tiap 1 jam. Cepat sekali bukan?

General Assembly Shop

Chevrolet-Trax-Made-in-Korea

Selanjutnya kita berlanjut ke General Assembly Shop 1, disini bodi mobil yang sudah melewati pengecatan akan disatukan dengan interior, mesin dan kaki-kaki serta elemen eksterior seperti kaca, lampu, grille dan lainnya.

Namun tidak seperti Body Shop 1 yang menggunakan robot untuk seluruh pengerjaan pembuatan mobil, di sini, tingkat partisipasi robot kurang dari 3%, dan sisanya dilakukan secara langsung oleh manusia, namun meskipun didominasi oleh tangan manusia, General Assembly Shop 1 juga memiliki kemampuan produksi kendaraan sebanyak 60 unit perjam.

Chevrolet-Trax-Manufacturing

Disini kita bisa melihat bagaimana para pekerja dengan terampil memasang interior, mesin, kelistrikan dan kaki-kaki dengan sangat cepat dan presisi, bebrapa bagian seperti karet-karet sengaja dihangatkan agar lentur ketika dipasang di beberapa bagian. Setelah semua terpasang dengan sempurna, kemudian mobil tersebut akan dipasangkan ban hingga menjadi mobil seutuhnya yang siap digunakan.

The Test

Setelah mobil siap untuk dijalankan, untuk memastikan mobil tersebut sudah layak diberikan ke konsumen, para engineer kembali melakukan inspeksi terhadap kendaraan mulai dari pengecekan elektrikal, pengecekan perlengkapan kendaraan, pengecekan kualitas pengerjaan (presisi), dan mengecek kebocoran dengan menyiramkan air bertekanan tinggi, kekedapan kabin hingga tes dyno untuk mesin.

Chevrolet-Testing

Setelah mobil melewati serangkaian uji coba untuk menjamin kualitas kendaraan, mobil siap untuk dikirim ke tangan konsumen, tapi…., eh ada tapinya nih, sebelum diberangkatkan dari pabrik, mobil ini harus diberikan plastik pada interior dan plastik pelindung pada bagian eksterior agar benar-benar sampai ke tangan konsumen dalam keadaan segar.

Kurang lebih itulah bagaimana proses Chevrolet Trax dibuat, sebagai informasi tambahan, pabrik ini memiliki 2 buah shift operasi pekerja mulai dari dari shift pertama yang bekerja dari pukul 7 pagi hingga jam 3 sore, kemudian dilanjutkan dari jam 3 sore hingga jam 11 malam oleh pekerja shift kedua.

Nah, kurang lebih seperti itulah proses menufakturing di fasilitas Chevrolet yang sangat canggih dan modern, luar biasa bukan? Sampaikan komentarmu dalam kolom komentar dibawah ya. Stay tune terus di AutonetMagz untuk driving impression Chevrolet Trax!

Read Prev:
Read Next:
  • seseorang

    ciyee yg lagi di korea

  • Sporky

    Jadi kesimpulannya dr segi build quality mending beli yg CBU Korea atau CKD Indonesia nih..

  • Fadel Pedrosa

    Dapet info dari sales chevy katanya harga buat launching 280jtn… ya semoga itu versi termahal dengan velg 18″ yang dijanjikan seperti yang dipameran..