Mazda Resmi Berusia 100 Tahun : Dulu Jualan Gabus

by  in Berita&Mazda&Merek Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi kalian yang menyukai otomotif, pernahkah kalian sampai mempelajari masa lalu dan sejarah dari merk kendaraan yang menjadi junjungan kalian? Tentunya semua pabrikan hadir dengans ebuah proses yang menarik untuk dibahas, termasuk merk asal Jepang yaitu Mazda. Pabrikan yang dikenal dengan filosofi Jinba ittai-nya itu ternyata sejatinya bukanlah perusahaan yang memproduksi mobil, melainkan gabus. Nah, di tahun 2020 ini Mazda akhirnya resmi berusia 1 abad alias 100 tahun. Lantas, seperti apa pabrikan ini merayakannya?

Dalam rilis resminya, Mazda yang diwakili oleh RepresentativeDirector, Presiden, dan CEO mereka yaitu Akira Marumoto pun memberikan pernyataan resmi. “Mazda berasal dari perusahaan yang memproduksi gabus dan kemudian berubah haluan untuk memproduksi mobil. Sekarang, mobil kami telah memiliki banyak pelanggan dengan lebih dari 130 negara dan wilayah. Kami ingin menyampaikan penghargaan yang tulus kepada pelanggan, dealer, pemasok, mitra bisnis, dan masyarakat setempat yang telah mendukung kami selama bertahun – tahun melalui masa – masa baik dan buruk. Kepadanya kami berterima kasih untuk 100 tahun keberadaan kami.”

Nah, pihak Mazda sendiri berecana untuk merayakan 100 tahun usia mereka dengan memberikan ucapan terima kasih melalui keikutsertaan mereka dalam gelaran Geneva International Motor Show 2020 pada bulan Maret mendatang. Mazda akan menghadirkan booth dengan konsep ulang tahun ke 100. Selain itu, pihak Mazda akan menggelar acara Mazda Open Day 2020, sebuah acara open house yang bertempat di kantor pusat mazda di Jepang pada tanggal 22 hingga 24 Mei 2020 mendatang. Sedikit flashback, Mazda sendiri hadir pertama kali di Jepang pada tahun 1920 dengan nama Toyot Cork Kogyo CO Ltd.

Pada tahun 1921, Jujiro Matsuda menduduki posisi Presiden di perusahaan tersebut. Lantas, 6 tahun berselang, perusahaan berganti nama menjadi Toyot Kogyo Co Ltd, disusul pada tahun 1931 pihak perusahaan memproduksi kendaraan pertama yang diberi nama Mazda-GO. Mazda-GO sendiri adalah kendaraan pikap beroda 3. Tahun 1960 pihak Mazda memperkenalkan mobil penumpang 4 roda pertama yang diberi nama Mazda R360 Coupe, dan terus berkembang hingga hari ini. Tahun 1967, pihak Mazda memperkenalkan sosok Mazda Cosmo Sport yang menggunakan mesin rotary, yang mana akhirnya menjadi mesin yang dekat dengan merk ini.

Nah, kami tim Redaksi AutonetMagz mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-100 untuk Mazda. Ada penggemar Mazda disini?

Read Prev:
Read Next: