Ternyata Mobil Malaysia Yang Curangi Konsumen Soal Tes Tabrak ASEAN NCAP Adalah Proton Saga!

Ternyata Mobil Malaysia Yang Curangi Konsumen Soal Tes Tabrak ASEAN NCAP Adalah Proton Saga!
0  komentar
tes-tabrak-proton-saga

AutonetMagz.com – Setelah kasus dieselgate VW, sekarang bergulir lagi kasus tethergate yang kemarin dilakukan sebuah merek asal Malaysia. Ada sebuah mobil yang harusnya dilengkapi ISOFIX top tether sebagai standar, tapi saat dijual ke konsumen, peranti keselamatan untuk booster seat anak-anak tersebut malah dilepas. Kemarin belum diketahui merek apakah itu, dan sekarang barulah ketahuan, karen situs Paultan memberitakan bahwa Proton Saga adalah model yang bermasalah tersebut.

Proton mengakui mereka mencabut fitur keselamatan anak tersebut dari Saga, dan kini mereka meminta maaf atas kesembronoan mereka. Perlu diketahui, top tether adalah salah satu pembenahan di samping peredam benturan dan penguatan rangka yang dilakukan Proton untuk Saga agar hasil tes tabraknya membaik. Jika dulu Proton Saga hanya dapat 1 bintang, sekarang sudah 3 bintang. Tapi karena top tethernya dilepas, ratingnya mungkin turun lagi.

2015-Daihatsu-Sirion-Facelift-ISOFIX

Proton bilang, hilangnya top tether tidak akan mempengaruhi rating perlindungan terhadap orang dewasa saat ada kecelakaan. Benarkah? Ya mungkin, kan orang dewasa duduk di jok biasa, bukan booster seat. Yang pasti kena dampak buruknya adalah anak kecil yang masih harus pakai booster seat, karena saat ada kecelakaan, jok tanpa ISOFIX top tether bisa membuat cedera yang dialami anak bertambah parah.

Minta maafnya sudah, sekarang Proton harus tanggung jawab. Proton sekarang sudah menawarkan pemasangan ISOFIX top tether secara gratis di semua Proton Saga yang bermasalah. Konsumen di Malaysia akan diminta mengontak Proton via telepon atau email untuk menjadwalkan pemasangan di dealer Proton terdekat.

penjelasan-keselamatan-isofix

Bikin turun citra merek saja ya kelakuan seperti ini? Kemarin Jerman kena dieselgate, sekarang Malaysia kena tethergate, kalau Indonesia? Sudah banyak, saking banyaknya bingung mau ambil kasus yang mana. Mobil listrik tidak lulus uji emisi-gate adalah yang paling terkenal, khususunya saat bapak paling jenius yang pernah saya tahu, Sarjono Turin bilang,“Mobil listrik merugikan negara, tidak lulus uji emisi” sampai-sampai Ricky Elson pindah ke negara tetangga karena kalah jenius dengan bapak itu.

Apa pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • dsainbar

    Sarjono Turin bilang,“Mobil listrik merugikan negara, tidak lulus uji emisi”

    mohon di jelaskan dia itu siapa???

    • evjeth

      Orang itu lebih jenius dari Elon Musk, CEO Tesla hahaha…

      • farid

        lebih jenius atau lebih idiot? :v

  • Pradita Utama

    Selengkap-lengkapnya mobil di Indonesia, hanya sebagian yang paham dan aware dengan child safety di mobil.

    contohnya, Child Lock di pintu. Coba deh tanya yang punya mobil, tahu child lock? pernah dipakai? tetangga kanan kiri rumah gw malah baru tahu gunanya.

    Apalagi ISOFIX, gw yakin sebagian doang yang paham.

    Pasti nanti bakal paham ketika melihat anaknya “terbang” ke depan cuma gara2 deselerasi dari 40kpj ke nol mendadak. Mobil gw sebelumnya belum ISOFIX di belakang, ketika ada manusia nyebrang sembarangan terpaksa rem dari 40an ke nol.

    anak pertama gw hampir “terbang” sama carseatnya ke baris pertama. alhamdulillah itu udah pakai car seat, reaf-facing pula.

  • Kevin P

    Saking banyak skandal, sampe uda baal komentarinnya, soalnya yg dikomentarin juga uda baal 😀

  • khayla almira

    kalo Indonesia gak usah di tanya. Sesuatu akan dibilang baik dan bukan masalah besar jika mennguntungkan kelompoknya. (Maaf keluar topik) bencana asap sekarang aja dianggap biasa2 saja. karena (mungkin) akan ada pepatah “habis hutan terbitlah sawit”. Kembali ke Proton, terus kira2 Proton Iriz “dicurangi” seperti itu/gak ya??