Wow, Jaguar Land Rover Sempurnakan Sistem Pendeteksi dan Penghindar Lubang Jalanan

Wow, Jaguar Land Rover Sempurnakan Sistem Pendeteksi dan Penghindar Lubang Jalanan
0  komentar
jaguar-xfr-s

AutonetMagz.com – Lubang jalanan selalu menjadi momok yang menakutkan, terutama bagi mereka yang punya mobil ber-ground clearance rendah alias ceper, jok tipis dan bersuspensi keras, maka bersiaplah mendapatkan guncangan keras yang amat mengganggu, bisa juga memperpendek usia komponen kaki-kaki kalau anda main hajar saja lubang-lubang tersebut. Nah, Jaguar Land Rover (JLR) sedang mengerjakan sesuatu untuk memperkecil risiko tersebut.

Apa yang mereka kerjakan adalah sistem untuk mendeteksi lubang jalanan dan bisa menghindarinya dengan mengambil alih kemudi mobil oleh komputer. Sebenarnya, sistem sejenis sudah ada, tapi ia tak akan mengambil alih kemudi, hanya membuat suspensi menjadi berubah agar lebih nyaman saat lubang jalanan tak bisa dihindari.

teknologi-pendeteksi-lubang-jaguar-land-rover

Sistem ini dibangun dengan menempatkan berbagai sensor di bagian bawah kendaraan untuk mendeteksi lubang. Saat terdeteksi ada lubang, sistem akan menyetel suspensi agar lebih nyaman kalau harus melewati lubang atau membuat komputer mengambil alih kemudi untuk menghindari lubang jika kondisi memungkinkan.

Dengan penggunaan kamera digital stereo yang menghadap ke depan untuk memindai jalanan, sistem akan memperlambat atau menghentikan mobil jika dibutuhkan tergantung tingkat keparahan lubang jalanan. Teknologi ini juga memungkinkan mobil untuk berbagi informasi soal jalanan di depannya melalui teknologi cloud computing, jadi pengguna mobil lain akan tahu bagaimana kondisi jalan yang sudah dilewati mobil rekannya.

Land-Rover-Discovery-Sport

Apa teknologi canggih ini cukup berguna? Sepertinya ya, tapi tidak di jalanan daerah dan rute mudik Indonesia yang punya proyek abadi pantura di mana jadwal selesainya lebih lama daripada Piramida di Mesir atau Tembok Raksasa China. Beres satu lubang jalanan, ada lubang jalanan lagi dalam jarak kurang dari 100 meter, lama-lama komputernya bisa pusing “ini kok lubang jalanannya banyak amat?”

Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • prayuda lesmana

    Mungkin kalo bisa tes uji, ujinya di indonesia aja..
    dan kalo misalkan bisa ngehindar semua, berarti teknologinya bner2 bisa diandalkan :v

    • Hillarius Satrio

      wakakakakakakakak

  • ap88

    wow,mirip dgn magic body controlnya s class w222,makin canggih aja jlr,bmw kalah

  • wowkeren

    Waaaaaw… semoga mobil jepang sama korea terinspirasi buat bikin mobil berteknologi kayak gini… mantap!!

    • Huang

      Mungkin daihatsu grand max bisa kali ya ditambahin fitur ini

      • Amar Akira

        Wkwkwkwk,saya setuju bang….