Mobil BMW Ini Bisa Didaur Ulang Jadi Benda Lain!

by  in Berita&BMW&International
Mobil BMW Ini Bisa Didaur Ulang Jadi Benda Lain!
0  komentar

AutonetMagz.com – Hampir semua pabrikan mobil berlomba-lomba untuk meraih status “ramah lingkungan” di masa-masa seperti ini. Biasanya fokus utama ada di mesinnya, dan praktek yang paling umum adalah elektrifikasi. Peralihan ke mesin hybrid, plug-in hybrid atau bahkan listrik sudah mulai marak. Segelintir pabrikan berpikir lebih jauh lagi dengan memperkenalkan bahan pelapis interior hasil daur ulang. Apa bisa lebih masif lagi?

Menurut BMW, daur ulang mobil dalam skala besar bisa saja dilakukan. Langsung dari IAA Mobility 2021, BMW memperkenalkan mobil konsep BMW i Vision Circular yang bentuknya mengacu kepada sebuah city car. Bisa ditebak kalau mobil konsep ini pakai tenaga listrik, namun perkenalannya tidak berhenti di situ saja. BMW mengklaim nyaris seluruh mobil ini bisa didaur ulang, bahkan hingga baterai mobilnya sendiri. Wah…

Mobil BMW Ini Dibuat dari Aluminium, Kayu dan Karet

Meski terlihat gila seperti mobil konsep pada umumnya, BMW menggunakan banyak bahan-bahan daur ulang di mobil ini. Bagian-bagian yang berbahan logam dibuat dari aluminium bekas, lalu ban mobilnya dibuat khusus oleh Michelin menggunakan bahan karet alami yang bersertifikat ramah lingkungan dan karet-karet sisa yang memberikan kekuatan lebih pada bannya. Selain ramah lingkungan, ini menghasilkan tekstur ban yang unik.

Setir BMW i Vision Circular ini bentuknya kotak, dan ia dibuat menggunakan teknik 3D printing menggunakan bubuk kayu sebagai bahan utamanya. BMW tidak pakai layar besar untuk mobil ini, melainkan kristal besar di tengah dashboard yang memproyeksikan bagaimana “otak” mobil ini bekerja. Urusan spidometer dan lain-lain, BMW mempercayakannya kepada sistem head-up display yang ditembak ke kaca depan bagian bawah.

Mobil Listrik BMW Bisa Transfer Listrik ke PLN

BMW tidak menyebutkan jenis bahan utama untuk membuat baterai solid state pada BMW i Vision Circular ini, mereka hanya bilang kalau baterainya bisa didaur ulang saat masa pakainya sudah habis. Satu hal menarik lainnya adalah, biasanya kita menerima listrik dari pemerintah untuk segala aktivitas kita, termasuk mengisi daya mobil listrik. Nah, mobil BMW ini bisa melakukan hal sebaliknya, yakni memberikan tenaga listrik ke aliran listrik PLN.

Artinya, kita bisa menjadi pemasok tenaga listrik ke pemerintah, dan karena posisi kita bisa jadi penyedia tenaga listrik, harusnya kita bisa dapat cuan dari pemerintah saat kita memberikan daya listrik ke aliran listrik PLN. Hmm… Menarik juga konsep ini. Melalu konsep mobil ini, BMW ingin bisa mengurangi emisi dari siklus pakai sebuah mobil hingga 40 persen pada tahun 2030 mendatang. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: