BMW M340i xDrive G20, Capai 100 km/jam Hanya Dalam 4,4 Detik!

by  in Berita&BMW&International
BMW M340i xDrive G20, Capai 100 km/jam Hanya Dalam 4,4 Detik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kali ini adalah yang paling top dari BMW seri 3 G20 baru, ya setidaknya sampai M3 next-gen-nya hadir. Untuk debut di Los Angeles Auto Show 2018 akhir bulan ini, BMW M340i xDrive berada di atas seri 330i dan mumpuni untuk bisa berakselerasi dari keadaan diam hingga 100 km/jam danya dalam 4,4 detik saja, cukup kencang untuk sebuah sedan 3 pintu kan? Mari kita bahas.  

Di bawah kap mesin mobil ini bercukul mesin straight-six 3.0 liter yang membedakannya dari jajaran 3 series G20 lainnya, yang menggunakan 4 silinder turbo. Mesin berkode B58 turbocharged twin-scroll ini dilengkapi dengan crankcase dan kepala silinder aluminium . Injector bahan bakarnya sekarang bisa berfungsi pada tekanan hingga 350 bar, dan teknologi Valvetronic serta Double Vanos disematkan di mesin ini. Bagian turbonya sudah direvisi, dan BMW mengatakan bahwa integrasi manifold knalpot baja kompak dan turbocharger berpengaruh pada peningkatan tekanan yang cepat. Momen inersia massa berkurang sekitar 25% meningkatkan respon turbin dan pembukaan yang luas. Katup buangan yang dikendalikan secara elektrik juga berkontribusi terhadap nilai emisi yang lebih baik.

Semua usaha ini menghasilkan peningkatan output sebesar 49 hp (dari mesin paling kuat yang tersedia di generasi F30) menjadi 374 hp. Torsi maksimum meningkat hingga 50 Nm menjadi 500 Nm, yang bisa mendorong BMW M340i xDrive G20 ini dari 0-100 km/jam dalam 4,4 detik. Setengah detik lebih cepat daripada varian F30 tercepat di luar versi M3. Konsumsi bahan bakar gabungan adalah 7,5 liter per 100 km, alias 13,3 km per liter, not bad untuk sebuah mobil kencang. Jadi ini bisa dibilang kerja yang bagus untuk bisa menciptakan efisiensi bahan bakar di angka itu. BMW juga menjanjikan ‘suara khas’ dari mesin straight-six di M40i, yang mendapatkan knalpot standar dari M sport. Dalam mode Sport dan Sport +, sistem pembuangan yang dikontrol katup akan menghasilkan suara yang sangat khas dan akan sangat jelas meskipun di dalam mobil.

Dengan transmisi Steptronic delapan kecepatan generasi terbaru, rasio pendek untuk gigi yang lebih rendah akan meningkatkan akselerasi dan fungsi Launch Control dapat digunakan untuk pamer – kombinasi yang perfect. Dan juga, steering shift juga merupakan standar tentu saja. Seperti M Performance 5 Series, BMW M340i xDrive G20 mendapatkan penggerak xDrive BMW. Ini yang menjadi salah satu pendukung pengalaman berkendara yang khas dari brand ini, dan pastinya sangat efektif dalam mode Sport dan Sport +. Yang berbeda dari M Sport adalah dia menawarkan fungsi kontrol secara elektronik, fungsi pengunci variable sepenuhnya pada roda belakang.

Desain khusus dari M340i lainnya adalah kidney grille yang unik, spoiler belakang yang warnanya sama dengan bodinya, dan trim knalpot berbentuk trapezium. Bumper depan lebih agresif ketimbang M Sport, dengan garis tambahan di headlamp, juga aksen Cerium Grey pada beberapa bagian wajahnya. Mengintip bagian dalamnya, BMW M340i xDrive G20 hadir dengan sports seat dengan pelapis Alcantara, lapisan atap hitam, stir yang berlapis kulit M, dan trim kabin dengan Aluminium Tetragon. Instrumennya menggunakan logo ‘M340i’ yang juga terlihat di kusen pintu depan. Jadi, apa pendapat kalian tentang penampilan dan ‘bakat’ dari M340i ini?

Read Prev:
Read Next: