Brand China Weltmeister Ingin Masuk Pasar Indonesia Tahun Depan

by  in Berita&Nasional
Brand China Weltmeister Ingin Masuk Pasar Indonesia Tahun Depan
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun Indonesia masih belum sepenuhnya lepas dari dampak pandemi, namun pasar otomotif Indonesia ternyata masih memikat banyak pihak. Kalau kita perhatikan, sejumlah brand otomotif asing telah mencoba peruntungan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Yang menarik, kebanyakan merupakan brand asal Tiongkok. Mulai dari Wuling Motors, DFSK, hingga MG. Kali ini, ada sebuah brand lain asal Tiongkok yang juga berminat untuk terjun di pasar Indonesia. Dan brand tersebut adalah Weltmeister. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Punya 2 Pabrik, dan 4 Model BEV

Sebelum kita membahas kabar mengenai rencana Weltmeister terjun ke panggung otomotif nasional, ada baiknya kita mengenal brand yang cukup asing ini. Dari sisi nama, bisa dikatakan nama ‘Weltmeister’ tak memiliki ‘aroma’ China seperti Wuling ataupun Dongfeng Sokon. Nama Weltmeister sendiri diambil dari bahasa Jerman, yang berarti ‘World Champion‘ alias Juara Dunia. Hmmm, brand China tapi nama Jerman, menarique. Weltmeister sendiri merupakan brand di bawah WM Motor yang memiliki basis di Shanghai. Weltmeister memiliki spesialisasi pada segmen mobil listrik bertenaga baterai. Oiya, Weltmeister juga masih tergolong muda, karena baru didirikan pada tahun 2015 silam. Tokoh dibalik Weltmeister adalah Freeman Shen yang pernah menduduki posisi eksekutif di brand Geely, serta pernah memimpin operasional Volvo di China. Singkat cerita, Weltmeister telah memiliki 2 pabrik perakitan, pertama di Wenzhou dan kedua di Huanggang.

Selain itu, Weltmeister juga telah memiliki 4 model yang diproduksi massal. Pertama adalah Weltmeister E5 yang berbentuk sedan, lalu ada duet Weltmeister EX5 dan Weltmeister EX6 yang mengisi segmen pasar SUV. Lalu terakhir ada Weltmeister W6 yang masuk di segmen crossover. Weltmeister  juga memiliki 2 model konsep, yaitu Weltmeister Evolve dan Weltmeister Maven. Sedangkan kapasitas produksi mereka ada di angka 100.000 unit per tahun, itu di pabrik Wenzhou saja. Sedangkan fasilitas riset dan pengembangan WM Motor tersebar di China, Jerman, dan Amerika Serikat. Sudah cukup mengenal sosok Weltmeister dan WM Motor? Mari kita beralih ke rencana mereka untuk menjual produk di Indonesia. Nantinya, segala urusan Weltmeister akan di-handle oleh PT WM Motor Asia Pacific (WMAP). Yang menarik, ternyata HASCAR merupakan perusahaan yang ada di belakang kehadiran WM Motor atau Weltmeister di Indonesia.

Diboyong HASCAR, Ingin Rakit Lokal di Indonesia

Mengutip via NMAA, CEO PT WMAP, Yedi Yunadi Sondy menyatakan, “Kami dahulukan model SUV dengan mengacupertimbangan pasar Indonesai saat ini, kontur jalan dan alam, serta aspek kepraktisan dan fungsionalitasnya”. Btw, Nama Yedi Yunadi Sondy sendiri tidak terlalu asing di telinga kami. Beliau pernah menjabat sebagai Sales Director dari Wuling Motors Indonesia. Kembali ke urusan Weltmeister, mobil pertama yang akan diboyong oleh WMAP ke Indonesia adalah Weltmeister EX5, atau dikenal juga dengan nama Weltmeister W5. Sumber menyatakan bahwa pihak WMAP akan menjadikan Indonesia sebagai basis perakitan mobil listrik Weltmeister yang menggunakan RHD atau setir kanan. “Pasar mobil listrik di Indonesia diprediksi cukup besar, berkembang, dan tumbuh pesat. Apalagi roadmap Pemerintah beberapa tahun ke depan sudah mengisyaratkan konversi mesin bensin ke motor listrik” tambah Yedi. Dengan kabar ini, maka bisa dipastikan kehadiran brand otomotif asal China akan semakin ramai di tahun depan. Menarik untuk melihat bagaimana peta persaingan yang akan tersaji.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: