MItsubishi Luncurkan Xpander Hybrid di Thailand, Pelopor Pure Hybrid di Kelas LMPV!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
MItsubishi Luncurkan Xpander Hybrid di Thailand, Pelopor Pure Hybrid di Kelas LMPV!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejalan dengan rencana pada business plan 2025, disana Mitsubishi sudah ngespill produk apa saja yang mau diluncurkan. Salah satunya Xpander Hybrid yang baru saja diluncurkan di Thailand. Mobil ini menggunakan mesin baru (berbeda dengan yang ada saat ini) dengan teknologi E:Motion atau bisa dibilang hybrid murni. Jadi, bisa dibilang inilah pelopor LMPV bermesin hybrid murni, tidak seperti Suzuki Ertiga atau XL-7 yang masih mild hybrid.

Settingan Mesin Baru!

Mobil ini menggunakan mesin 1.6 L DOHC 16-valve MIVEC yang sama sekali baru. Bertenaga 95 hp dan torsi 134 Nm, dipadukan dengan motor listrik bertenaga 115 hp dan torsi 255 Nm. Mitsubishi mengklaim, konsumsi bbm-nya bisa mencapai 19,2 km/l dan akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 9,7 detik. Dengan adanya sistem ini, Mitsubishi juga mengklaim konsumsi bbm-nya turun 10% dibandingkan dengan mesin yang sudah ada.

E:Motion merupakan sistem HEV yang baru dikembangkan berdasarkan sistem plug-in hybrid (PHEV) mereka. Sistem ini bisa beroperasi layaknya EV dengan EV mode di kecepatan rendah, mesin + motor saat mulai berakselerasi atau saat menanjak, dan regenerative braking. Selain itu, versi hybrid ini juga dibekali dengan 7 drive mode yang terdiri dari charge, ev-priority, normal, wet, gravel, tarmac, dan mud. Lebih banyak dari X-Force.

Tidak Banyak Perubahan

Untuk menunjang kenyamanan dan keamanan, ditambahkan juga setup suspensi baru, peredam tambahan, rem cakram belakang, dan active yaw control. Dari sisi eksterior, tidak ada perbedaan kecuali emblem di grill dan pintu depan serta aksen biru-biru di pelek. Sementara di interior, terdapat perbedaan pada aksen jahitan biru di jok, setup speedometer yang agak berbeda, dan tuas transmisi yang desainnya lebih pendek layaknya joystick.

Untuk saat ini, Mitsubishi baru merakit Xpander Hybrid di pabrik Laem Chabang, Thailand. Disana, mobil ini dibanderol 912 ribu baht (Rp 405 jutaan) untuk Xpander biasa dan 946 ribu baht untuk versi Cross. Harga tersebut berlaku hingga 7 april 2024, karena menurut website resmi Mitsibishi Thailand tertera harga 933 ribu baht (Rp 413 jutaan) untuk Xpander Biasa dan 961 ribu baht (Rp 426 jutaan) untuk versi cross. Cocokkah model ini diboyong ke Indonesia? bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: