Mitsubishi Alihkan Fokus dari China-Eropa ke ASEAN, Siap Gandeng Nissan!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Mitsubishi Alihkan Fokus dari China-Eropa ke ASEAN, Siap Gandeng Nissan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu kami sempat mengabarkan bahwa Mitsubishi Motor Corp memutuskan untuk mengencangkan ikat pinggang mereka dengan memotong gaji para petinggi. Pengumuman tersebut disampaikan dalam pertemuan pemegang saham tahunan yang disiarkan secara online. Nah, di pertemuan tersebut, pihak MMC juga mengumumkan strategi baru mereka di pasar otomotif. Salah satunya untuk berfokus kepada pasar Asia Tenggara & Oceania.

In this image from a video provided by Mitsubishi Motors Corp., Chief Executive Takao Kato speaks during its shareholders meeting Thursday, June 18, 2020. Mitsubishi Motors told shareholders Thursday that top executives are getting pay cuts to take responsibility for the Japanese automaker’s financial losses. (Mitsubishi Motors Corp. via AP)

Sebenarnya, bukan rahasia lagi jikalau Mitsubishi mendapatkan tugas dari aliansi untuk menggarap segmen pasar Asia Tenggara dan Oceania. Malahan, Mitsubishi diposisikan sebagai leader untuk pasar Asia Tenggara dan Oceania, yang mana akan memimpin R&D aliansi di kawasan ini. Nissan dan Renault akan bertindak sebagai follower di area dari Mitsubishi. Disaat yang bersamaan, saat Mitsubishi harus fokus dengan pangsa pasar di ASEAN, maka fokus mereka di lokasi lain harus dikorbankan. Dalam pertemuan tahunan ini, CEO dari Mitsubishi Motor yaitu Takao Kato menjelaskan bahwa mereka akan mengalihkan fokus dari ‘Mega Market’ seperti China dan Eropa.

Bukan berarti Mitsubishi akan angkat kaki dari dua pasar otomotif berskala besar tersebut. Hanya saja, mereka akan mengurangi fokus dan resources disana. Kato-san menjelaskan bahwa penjualan Mitsubishi di kedua Mega Market tersebut telah mengalami peningkatan, namun peningkatan tersebut masih belum menghasilkan profit yang diharapkan perusahaan. Oleh karenanya, mereka lebih memilih memperkuat kaki mereka di pasar yang mana mereka memiliki peran kuat. Dan pasar ASEAN-lah yang dituju. Mengapa ASEAN? Dari 1,244 juta unit mobil yang dijual Mitsubishi di periode 2018-2019, 30% lebih berasal dari kawasan ASEAN.

Filipina, Indonesia, dan Thailand, serta Australia menjadi pasar yang menyumbangkan penjualan positif bagi Mitsubishi. Di Thailand dan Filipina, double cabin Mitsubishi laris manis. Sedangkan di Indonesia dan Filipina, SUV ladder frame dan MPV Mitsubishi menjadi idola. “Strategi produk kami menempatkan pickup truck, suv berbasis truck, dan mpv sebagai produk utama kami di ASEAN. Kami akan memperkuat produk yang ada dan juga pengembangannya”, ujar Kato-san. Oiya, Kato-san juga menyebutkan bahwa pihak Mitsubishi akan memulai kolaborasi potensial dengan Nissan di pasar Indonesia dan Filipina. Bisa jadi, kolaborasi Mitsubishi-Nissan tak berhenti di Livina-Xpander.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: