Mini Countryman JCW Meluncur di Eropa, Akankah Senikmat Cooper 3-doors?

by  in Mini
Mini Countryman JCW Meluncur di Eropa, Akankah Senikmat Cooper 3-doors?
0  komentar

AutonetMagz.com – Rasanya baru kemarin Mini Countryman, alias orang kampung yang kerdil kalau kata rekan kami HillSat, resmi meluncur di Indonesia sebagai Mini dengan sentuhan crossover. Sekarang di Eropa telah muncul varian kencangnya yakni Countryman John Cooper Works (JCW).

Karena Countryman sendiri bertajuk crossover, seharusnya dari segi dimensi mobil ini agak tinggi dan hal tersebut berkompensasi terhadap kestabilan berkendara, namun apakah dengan penambahan emblem JCW membuat mobil yang berbasis BMW X1 ini stabil layaknya sang adik?

Mesin dari mobil ini sendiri menggunakan mesin bensin 2.000 cc yang dilengkapi dengan turbo. Menghasilkan tenaga 228 hp dan asiknya torsi puncak sebesar 350 Nm dapat diraih sejak rpm 1.450 – 4.500. Dengan penggerak AWD, 0-100 km/jam tidaklah sulit untuk ditempuh dalam 6,5 detik. Pilihan transmisi tersedia dalam 6 percepatan manual maupun otomatis 8 percepatan, keduanya sama – sama mengasyikan dan sama – sama memberi figure akselerasi dibawah 7 detik.

Dengan upgrade di sektor kaki – kaki, suspensi sport, rem dari Brembo dan velg 18 inch sebagai standar, seharusnya kestabilan dari mobil ini dapat lebih terimprovisasi dengan baik, apalagi sistem penggeraknya dapat menyalurkan 100% tenaga ke roda belakang jika dibutuhkan. Apakah hal ini turut mengorbankan performanya di jalur off-road? Jika iya sangat disayangkan, tetapi apakah gambar Countryman merah bermain di pasir sudah menjawab?.

Sektor kabin turut menerima upgrade dari JCW berupa kursi, stir, knob transmisi dan detail – detail khas JCW. Head unit 8,8 inch turut menghiasi dashboard. Di Inggris sendiri Mini Countryman JCW ini dibanderol dengan harga 30.675 poundsterling (setara 523 juta rupiah ) untuk Manual Transmission dan 32.275 poundsterling (setara 550 juta rupiah) untuk Automatic Transmission.

Kami pun masih belum bisa menjawab apakah mobil ini lebih asik dikemudikan dan apa saja perbedaan performa dan handling dibandingkan dengan varian standar maupun JCW hatchback 3-door, semoga saja dalam waktu dekat Mini ini hadir di Indonesia dan kami dapat menyampaikan bagaimana impresinya kepada pembaca AutonetMagz.

Berminat memiliki Mini ini? Dari segi penampilan sih kami suka, terutama bagian setengah atas yang berwarna hitam, menutup lengkungan liner pintu di kaca samping ketiga yang menurut kami kurang selaras. Setuju tidak?

Read Prev:
Read Next: