MINI Clubman Berpeluang Jadi SUV, Lebih Besar Dari Countryman

by  in Berita&BMW&BMW
MINI Clubman Berpeluang Jadi SUV, Lebih Besar Dari Countryman
0  komentar

AutonetMagz.com – Salah satu solusi jikalau kalian ingin memiliki produk lansiran MINI, namun keluarga kalian jumlahnya tidak mini adalah dengan membeli MINI 5-Doors, utamanya MINI Clubman yang memang merupakan versi wagon/estate dari MINI Cooper. Nah, Dengan perkembangan otomotif yang memberikan porsi besar pada segmen crossover dan SUV, pihak MINI pun mulai meninjau ulang posisi dari MINI Clubman. Bukan untuk menyuntik mati MINI Clubman, malahan untuk memberi porsi lebih pada varian ini dengan menambahkan styling ala SUV di generasi berikutnya. Lho, lalu MINI Countryman bagaimana?

Oke, tentu ini menjadi sebuah kondisi yang agak rumit jikalau pihak MINI mengubah MINI Clubman menjadi sebuah SUV, karena di kelas yang sama pihak MINI sudah memiliki MINI Countryman. Namun tenang saja, karena jikalau benar nantinya MINI Clubman akan mengusung styling ala SUV, maka kelasnya akan berbeda dengan MINI Countryman. Mengutip informasi via AutoCar, Chief Designer MINI, Oliver Heilmer menyebutkan bahwa generasi berikutnya dari MINI Clubman akan bertambah besar dari sisi dimensi, dan akan mengadopsi styling ala SUV. Nah, ukuran body inilah yang akan menjadi diferensiasi antara MINI Clubman dan MINI Countryman.

FYI, penjualan dari MINI di Amerika Serikat beberapa waktu terakhir cenderung menurun karena pasar Amerika Serikat menginginkan sebuah SUV, sedangkan MINI hanya memiliki MINI Countryman. Itupun masih diberi embel – embel ‘Terlalu mahal untuk SUV kecil’. Nah , pihak MINI melihat sosok MINI Clubman bisa menjadi solusi untuk masalah ini, walaupun belum jelas seberapa banyak ubahan di sisi dimensi yang bisa diaplikasikan pada mobil ini. Lantas, jikalau MINI Clubman bertambah secara dimensi, apakah langkah ini tidak bertentangan dengan visi MINI sebelumnya yang ingin memperingkas dimensi mobil – mobil mereka?

Oliver pun meluruskan hal ini. Beliau menyebutkan bahwa pihak MINI memang sedang berusaha keras untuk membuat dimensi dari mobil mereka lebih kompak, tapi hanya untuk versi hatchback / hardtop saja. Sedangkan untuk MINI Clubman ataupun MINI Countryman serta varian lain tidak akan terpengaruh kebijakan tersebut. Oliver pun menyebutkan bahwa sejatinya pihaknya ingin membuat semua mobil mini menjadi mungil atau terlihat mungil. Namun masalahnya dimensi mungil tidak berkontribusi baik dalam hal penjualan.

Jadi, kita tunggu saja bagaimana pihak MINI akan memberikan sentuhan mereka pada MINI Clubman, termasuk pada MINI Countryman di generasi terbaru. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: