Volkswagen : Varian GTI Kini Hanya Untuk Polo, Golf dan Up Saja

by  in Berita&International&VW
Volkswagen : Varian GTI Kini Hanya Untuk Polo, Golf dan Up Saja
0  komentar

AutonetMagz.com – VW sempat berencana untuk memperluas varian GTI-nya, di mana kita tahu bahwa GTI bagi VW adalah versi performa tinggi yang mendapatkan mesin kencang dan setelan handling yang lebih mantap. Varian yang sempat ditargetkan pada waktu itu adalah SUV, dan kemungkinan besar SUV yang dimaksud adalah VW Tiguan. Sayangnya hal tersebut tidak akan terjadi karena Herbert Diess selaku bos dari VW akan berfokus terhadap hal lain.

Beliau sudah menyatakan bahwa varian GTI akan ditetapkan untuk Polo, Golf dan Up dulu saja, sementara yang lain tidak akan dapat varian GTI. Sepertinya langkah yang VW ambil ini untuk memfokuskan dirinya terhadap produk terbaru dengan energi alternatif dan mengembalikan citra mereka di masyarakat. Menambah varian GTI hanya akan membuat tim research and development-nya kewalahan dan tidak efisien dalam bekerja.

Sebagai tambahan, sepertinya Diess ingin mengukuhkan GTI sebagai varian hatchback yang kencang alias hot hatch dan GTI akan menjadi sebuah ikon mobil kencang dan mobil yang juga nyaman untuk dipakai harian, sejauh ini apalagi kalau bukan hot hatch? Hingga saat ini, Golf GTI masih jadi benchmark untuk hot hatch yang paling ideal. Kencangnya pas, asiknya pas, handlingnya pas, leganya pas, nyamannya pas.

Visi yang malah mungkin terjadi adalah varian dengan emblem GTE, yakni varian kencang namun untuk mobil listrik mereka. Volkswagen pun masih bimbang untuk menempatkan varian GTE kepada mobil full elektrik atau pada mobil hybrid mereka. Intinya, di masa depan varian kencang VW akan ada GTI dan GTE. Khalayak ramai masih menerka-nerka apa yang akan menjadi GTE nantinya, spekulasi yang menyebutkan Polo akan beremblem GTE seperti ditolak mentah-mentah oleh Diess. Ya, sepertinya sih masih jauh dari bayangan, mobil listrik sendiri baru mereka realisasikan pada 2019 toh?

Meskipun kata GTI resmi untuk tidak dipakai diseluruh jajaran VW, tren pada Arteon sedikit memberikan spekulasi positif akan varian kencang dari VW. Kuat dugaan bahwa varian R-Line akan menggantikan posisi GTI di mobil lainnya. Prediksi dari Autocar sendiri VW T-Roc akan menjadi varian selanjutnya yang memiliki tipe R-Line layaknya Arteon. Apa mungkin jadi beda dibanding Golf R misalnya yang pakai AWD dan tenaga 300 hp lebih? Gimana nih jadinya nomenklaturnya? Jadi ribet kah? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: