Mercedes Benz Berpikir Untuk Hilangkan Varian AMG Sport

by  in  Berita & International & Mercedes-Benz
Mercedes Benz Berpikir Untuk Hilangkan Varian AMG Sport
0  komentar
mercedes benz slc43 amg

AutonetMagz.com – Mungkin ada yang bertanya, maksudnya varian AMG Sport tuh seperti apa? Begini, kalau di Indonesia, banyak contohnya, semisal C250 AMG, E400 AMG, CLS400 AMG dan masih banyak lagi, pokoknya itu berarti mobil-mobil semi-AMG tapi bukan AMG sungguhan. AMG sungguhan itu ya C63 AMG, E63 AMG, S63 AMG, S65 AMG, GLE63 AMG, A45 AMG, CLA 45 AMG dan lain-lain. Kasarnya, AMG Sport itu untuk konsumen yang ingin bergaya AMG tapi kantongnya cekak.

mercedes benz c63 amg s coupe rear

Tidak hanya dari Mercedes Benz saja, BMW dan Audi juga punya varian sejenis, misalnya BMW 340i M Sport dan Audi A4 S-Line. Nah, biar nomenklatur Mercedes Benz makin rapi dan bisa membuat konsumen gampang membedakan mana AMG asli dan mana yang bukan AMG, Mercedes Benz punya itikad untuk menghilangkan varian AMG Sport ke depannya, dan itu semua dimulai dengan perancangan versi AMG dari Mercedes Benz SLC, alias pengganti SLK.

mercedes benz slc43 amg rear

Yang dilakukan Mercedes Benz untuk membuat mobil yang diklaim akan bernama SLC43 AMG itu adalah memasukkan mesin 3.000 cc V6 yang sama seperti C-Class AMG Sport dan GLE AMG Sport. Ada masalah? Tidak juga, tapi tolong ingat tagline spesial dari AMG, yakni “one man, one engine” yang menandakan mesin-mesin AMG dibuat oleh satu engineer dan ditandai dtengan tanda tangannya di mesin itu.

mercedes amg one man one engine

Intinya, bagaimana mau dibilang AMG kalau mesinnya tidak pakai racikan AMG yang memegang tradisi “one man, one engine”? Tapi ya sudahlah, rencana ini tetap berjalan. Mengikuti munculnya SLC43 AMG, nanti akan muncul C43 dan E43 (tidak pakai AMG). Munculnya C43 dan E43 adalah untuk menggantikan C450 AMG dan E400 AMG yang ada saat ini. Mesinnya? Sama, pakai mesin V6 tadi.

mercedes benz new e class

Menurut CarAndDriver, ada alasan khusus kenapa versi 3.000 cc V6 ini dilabeli angka “43”. Alasannya adalah, karena Mercedes Benz menganggap angka 43 itu paling cocok untuk berdiri di bawah angka 63 yang ada pada Mercedes Benz AMG sejati seperti C63 AMG dan lain-lain, yang sekarang mesinnya 4.000 cc V8 twin turbo. Wah, padahal dulu ada angka 55 semisal pada E55 AMG, SL55 AMG dan lain-lain, padahal rasanya cocok juga pakai angka 55.

mercedes benz amg gts

Tapi mau pakai angka berapa pun, perlu diingat, angka pada penamaan tipe Mercedes Benz dan BMW sekarang tidak lagi menunjukkan kapasitas mesin. Dulu, BMW 320i artinya Seri 3 bermesin 2.000 cc, atau C200 berarti C-Class bermesin 2.000 cc. Sekarang itu semua sudah tidak ada artinya lagi, karena BMW 340i mesinnya bukan 4.000 cc, tapi 3.000 cc twin turbo, dan Mercedes Benz C450 mesinnya bukan 4.500 cc tapi 3.000 cc. Tanya kenapa?

mercedes benz c63 amg s coupe

Artinya, untuk besok tidak akan ada lagi AMG setengah matang, yang ada hanya Mercedes Benz non AMG dan Mercedes Benz AMG. Biarpun ada kebijakan begini, yang pasti body kit AMG tetap bisa dibeli konsumen Mercedes Benz secara terpisah biar tampilan Mercedes Benz non AMG mereka tetap kece. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: