Menilik Peluang Mitsubishi Eclipse Cross di Indonesia, Bisa Bersaing?

Menilik Peluang Mitsubishi Eclipse Cross di Indonesia, Bisa Bersaing?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau disuruh menyebutkan sosok produk apa dari Mitsubishi yang diharap – harapkan untuk segera masuk ke Indonesia, maka kami akan menempatkan Mitsubishi Eclipse Cross di urutan pertama, bukan Mitsubishi Delica ataupun Mitsubishi Mirage terbaru (kalau ada). Mengapa? Karena sosok Mitsubishi Outlander Sport sudah terlalu tua saat ini, dan perlu penerus di segmen yang sedang digemari ini. Namun kami kembali berpikir lagi, memangnya seberapa besar kans Mitsubishi Eclipse Cross jikalau masuk ke Indonesia? yuk kita bahas.

Jadi, seperti yang kita tahu, sosok Mitsubishi Eclipse Cross cukup memantik perhatian saat dirilis pertama kali  tahun lalu. Namun hingga saat ini, mobil yang menggunakan mesin Turbo berkubikasi 1.500cc ini masih belum juga hadir di Indonesia. Salah satu hal yang paling mengganjal mengenai kehadirannya di tanah air datang dari sisi harga. Yap, harga dari Mitsubishi Eclipse Cross tak bisa dikatakan murah. Sebagai gambaran, Mitsubishi Eclipse Cross yang dijual di Amerika Serikat dihargai 340 jutaan, lalu di Taiwan dihargai 450 hingga 530 jutaan, apalagi di Singapura yang mencapai 1,3 Milyar. Tentunya angka ini menunjukkan bahwa sosok Mitsubishi Eclipse Cross ini punya banderol yang memang tak murah. Sebenarnya ada solusi lain, yaitu penggunaan mesin 2.000cc MIVEC seperti Mitsubishi Eclipse Cross di Brunei, namun nampaknya mesin ini jelas kalah pamor dengan mesin 1.500cc Turbonya.

Nah, lalu jikalau memang benar pihak MMKSI akan membawa Mitsubishi Eclipse Cross bermesin Turbo ke Indonesia, tantangan apa yang akan dihadapi oleh Mitsubishi Eclipse Cross? Yang jelas, pertama ada pada harganya. Kondisi serupa juga dialami oleh Toyota C-HR yang akhirnya membuat CUV dari Toyota itu dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Sedangkan tantangan kedua adalah perkara lawan dari Mitsubishi Eclipse Cross di Indonesia. Jikalau sosok Mitsubishi Eclipse Cross datang tahun lalu, mungkin pihak Mitsubishi tak akan menghadapi dua ancaman dari produk Tiongkok. Yap, kami berbicara perihal produk dari Wuling dang DFSK. Keduanya memiliki produk dan calon produk yang jikalau dikaji ulang punya kesamaan dengan sosok dari Mitsubishi Eclipse Cross. Apa kesamaan itu? Mudah, bentuknya SUV, mesinnya 1.500cc, dan sudah pakai turbo, plus fiturnya melimpah.

Yap, kami sedang membicarakan sosok Wuling SUV alias Baojun 530 dan DFSK Glory 580. Kedua SUV asal China ini bisa menjadi saingan serius bagi Mitsubishi Eclipse Cross, walaupun kami percaya bahwa masih akan ada loyalis Mitsubishi yang rela membeli berapapun sosok fenomenal, Mitsubishi Eclipse Cross ini. Namun tentunya penjualan tak bisa diwakili oleh mereka saja, bukan? Selain itu, jikalau harga dari Mitsubishi Eclipse Cross tembus 500 juta, maka akan ada perbedaan yang mencolok dengan saudara sepabriknya, Mitsubishi Pajero Sport yang notebene punya ukuran lebih besar namun dijual di rentang yang kurang lebih sama. Lalu, kembali ke pertanyaan yang kami berikan secara tersirat di judul, Bagaimana Peluang Mitsubishi Eclipse Cross di Indonesia? Bisakah bersaing? Jawaban kami, bisa, asalkan pihak MMKSI memproduksi sendiri mobil ini, bukan mengimpornya.

Baca Juga : Mitsubishi Eclipse Cross Hadir di Brunei Dengan Mesin 2.000cc Non Turbo!

Dengan skema CKD, maka harga Mitsubishi Eclipse Cross bisa ditekan, dan membuatnya masih bisa memberikan perlawanan sengit bagi duet SUV China, dan juga saingannya asal Jepang, Honda CR-V Turbo. Jadi, kalau menurut kalian bagaimana? Seberapa besar kans Mitsubishi Eclipse Cross bisa laris di Indonesia? Yuk kasih skala 1 hingga 10 di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: