Mengenal Mahindra Scorpio S6, Mobil 4WD Termurah di Indonesia!

by  in Berita&Mahindra&Merek Mobil
Mengenal Mahindra Scorpio S6, Mobil 4WD Termurah di Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar otomotif Indonesia telah resmi kedatangan sebuah produk baru asal Negeri Bollywood, India. Nah, produk ini sendiri adalah Mahindra Scorpio S6 yang memiliki dua varian yaitu single cab dan juga double cab. Mahindra Scorpio S6 sendiri merupakan produk pertama yang diboyong oleh Mahindra dan RMA Indonesia untuk mengarungi ketatnya pasar kendaraan komersial di Tanah air. Lantas, seperti apa spesifikasi dan detail dari Mahindra Scorpio S6 ini? Akan kami kupas dalam kesempatan kali ini.

Dimensi & Spesifikasi

Oke, pertama kami akan membahas dahulu perkara dimensi dari Mahindra Scorpio S6 ini. Untuk varian single cabin, Mahindra Scorpio S6 memiliki panjang 5,1 meter dengan lebar 1,8 meter dan tinggi 1,8 meter. Sedangkan varian double cabin malah lebih pendek 10mm, lebih sempit 5mm, namun lebih tinggi 90mm. Untuk ukuran bak sendiri juga tentunya berbeda. Varian single cab punya bak yang lebih lebar, yaitu 2,3m x 1,6m x 0,8m. Sedangkan varian single cab punya bak berukuran 1,5m x 1,6m x 0,7m. Kedua varian ini sama – sama memiliki tinggi ground clearance mencapai 230 mm.

Dari sisi bobot, Mahindra Scorpio S6 versi single cab punya berat 2.055kg, sedangkan versi double cab mencapai 2.155kg. Kemampuan angkut untuk versi single cab mencapai 1.095kg, dan versi double cab mencapai 995 kg. Untuk mesin, kedua varian ini mengusung mesin yang sama yaitu mesin 2.200cc mHawk dengan tenaga maksimal 140 hp dan torsi maksimal di angka 320 Nm. Transmisi yang diusung oleh Mahindra Scorpio S6 ini hanyalah manual 6 percepatan saja. Sistem gerak yang digunakan juga hanya satu macam, yaitu sistem gerak 4 roda saja.

Eksterior & Interior

Untuk sisi tampilan dan desain, bisa dikatakan bahwa desain dari Mahindra Scorpio S6 terbilang cukup berbeda dengan kebanyakan mobil komersial yang kita kenal. Mahindra Scorpio S6 memiliki proporsi body yang cukup jangkung, dengan lampu depan berbentuk mengotak yang mengingatkan kami pada lampu Ford Mustang generasi kelima, dan menariknya lampu depannya sudah proyektor. Selain itu, bagian dalam dari sisi dalam rumah lampu depannya dilabur warna hitam dan ada aksen seperti alis di sisi atasnya. Bumper depannya menggabungkan warna body dengan warna hitam doff plastik dengan desain yang mengotak dan tangguh.

Sedangkan lampu kabur diposisikan agak tinggi, serta grille-nya berlabur warna hitam dengan 6 buah bilah vertikal berwarna gelap. Kap mesinnya sendiri terdapat air flow yang diposisikan pas di tengah. Kalau kalian perhatikan, add on di sekitar fender depan dibuat sewarna body dan menyambung dengan bumper depannya. Sedangkan velg yang digunakan masih vlg kaleng dengan dop berwarna silver. Ban yang digunakan adalah ban pacul untuk melahap jalanan offroad. Dari sisi pilar A ke belakang, terlihat mobil ini sedikit kaku, utamanya di sisi atap.

Handle pintunya model tarik, dan tidak ada sein di spion, melainkan di bagian fender depan. Di sisi samping masih ada side step untuk memudahkan masuk ke kabinnya. Untuk interior, kabin Mahindra Scorpio S6 didominasi warna gelap, kecuali ornamen di setir dan di dashboard penumpang depan. Panel instrumennya menggunakan analog dengan MID Digital, Sedangkan konsol tengahnya berisikan sistem infotainment tanpa layar sentuh dan AC model putaran kompor. Oiya, jika diperhatikan, ada slot dummy untuk start/stop button di sisi kanan, yang bisa jadi hanya ada di varian tertingginya di India.

Fitur & Harga

Bicara tentang fitur, sebenarnya kita tak bisa terlalu berharap banyak pada Mahindra Scorpio S6 ini. Mengapa? Karena nampaknya unit yang dibawa bukanlah tipe tertinggi, dan nyatanya mobil ini bisa dijual dengan harga yang cukup bersahabat walaupun mengusung penggerak 4 roda dan status CBU. Oiya, Mahindra Scorpio S6 dijual dengan banderol 278 juta Rupiah untuk versi single cab dan untuk versi double cab di harga 318 juta Rupiah. Dengan harga tersebut, fitur keamanan yang kita dapat adalah dual airbag, ABS, dan juga Alarm.

Jadi, dengan segala yang dimiliki oleh Mahindra Scorpio S6, bagaimana menurut kalian sosok pendatang baru dari India ini? Mampukah mobil ini bersaing? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Read Prev:
Read Next: