Mazda Teliti Bioplastik Berbahan Tumbuhan Untuk Eksterior

by  in International&Mazda
Mazda Teliti Bioplastik Berbahan Tumbuhan Untuk Eksterior
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebenarnya kalau mau jujur, ini bukan pertama kali kami mendengar kata bioplastik. Beberapa tahun lalu, ada mahasiswa sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berhasil menciptakan bioplastik untuk menjadi kantong kresek yang biasa dipakai belanja. Memakai bahan dasar lidah buaya, bioplastik yang dihasilkan mahasiswa tersebut cenderung kuat, elastis, ramah lingkungan, mudah terurai dan bahkan aman untuk kita makan.

Maka dari itu, saat Mazda diketahui mengembangkan bioplastik, kami berpikir,”Ini pakai basis pemikiran salah satu hasil karya mahasiswa Indonesia tidak ya?” Yah, soal itu sih bisa kita kesampingkan, namun prinsip Mazda bisa dibilang mirip : Demi menghasilkan sesuatu yang lebih ramah lingkungan. Jika biasanya plastik memerlukan bahan baku berupa minyak bumi, bahan baku bioplastik adalah tumbuhan.

Mazda tidak bilang apa tumbuhan yang jadi bahan bakunya, namun Mazda bilang bioplastik yang mereka rancang akan dipakai untuk panel eksterior bodi mobil seperti gril, trim eksterior dan lain-lain, bahkan kalau perlu dipakai buat panel-panel besar seperti pintu atau kap mesin. Mazda sendiri aslinya telah mengerjakan bioplastik untuk penggunaan otomotif selama bertahun-tahun. Aplikasi pertama ada pada trim dan detail kecil di kabin Mazda MX-5 baru.

Bioplastik juga sudah terpasang di Mazda 2, Mazda 3, dan Mazda CX-9. Namun, teknologi pembuatannya telah maju dengan adanya peningkatan “Kemampuan Formability” alias seberapa jauh plastik itu bisa dibentuk jadi sebuah panel. Mazda ingin supaya plastiknya bisa dibentuk seperti potongan panel eksterior yang besar dan kompleks yang bisa selaras dengan bahasa desain mobilnya. Selain itu, panelnya harus mulus dan kinclong sebelum dicat di pabrik nanti.

Selain mengurangi penggunaan minyak bumi, Mazda mengatakan bahwa proses tersebut juga mengurangi jumlah emisi CO2 dan bahan kimia yang mudah menguap lainnya, yang merupakan sisa hasil produksi plastik biasa. Bioplastik ini akan dipakai di gril Mazda CX-5, namun akan berkembang untuk dipakai model lain di masa depan. Teknologi bioplastik Mazda sekarang sedang dipajang di Ecopro 2017, pameran lingkungan dan energi di Tokyo. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: