BMW Patenkan Nama X8 M, SUV Apa Lagi Ini?

by  in Berita&BMW&International
BMW Patenkan Nama X8 M, SUV Apa Lagi Ini?
0  komentar

AutonetMagz.com – Ketika BMW punya X3 dan X5, dua mobil itu nampaknya tak menyangka kalau mereka akan mendapat banyak saudara SUV baru dari BMW di waktu yang akan datang. SUV lain berbentuk kecil seperti X1 datang meluncur, belum lagi SUV super besar seperti X7. Jangan lupa juga dengan SUV coupe bongkok macam orang kena osteoporosis macam BMW X4 dan X6. Masih bakal berkembang lagi kah famili BMW X-Series? Jawabannya : Ya.

BMW terdeteksi mendaftarkan nama model baru belakangan ini. Nama yang ditemui di Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Jerman (DPMA) tersebut adalah X8 M. Betul, bukan sekedar X8, namun X8 M. BMW memang sedang bertransformasi, di saat dulu BMW tidak pernah benar-benar memberi bumbu motorsport full BMW M ke model-model yang sangat besar macam 7-Series (BMW M760Li bukan BMW M sepenuhnya), sekarang mobil besar pun dapat perlakuan spesial dari BMW M.

Coba kita teliti, siapa BMW X8 ini. Bisa dilihat bahwa SUV BMW yang normal pakai seri ganjil (X1, X3, X5, X7) sementara SUV coupe BMW pakai seri genap (X2, X4, X6). Mudah untuk memperkirakan bahwa BMW X8 pasti versi coupe dari BMW X7, sebagaimana halnya X6 terhadap X5, X4 terhadap X3 dan X2 terhadap X1. Karena berbentuk SUV coupe, selamat tinggal pada bangku baris ketiga di X7 saat X7 berubah jadi X8.

BMW X8 bahkan sudah punya kode sendiri. Jika BMW 3-Series terbaru berkode G20 dan BMW M5 terbaru punya kode F90, BMW X8 pakai kode G09. Meski yang dipatenkan adalah nama X8 M, rasanya tak mustahil jika ada varian reguler yang menemani versi M itu. Jika melirik BMW X7, mungkin varian X8 terbawah akan pakai mesin 3.000 cc 6 silinder turbo, lalu ada varian menengah bermesin 4.400 cc V8 twin turbo.

Untuk BMW X8 M, kemungkinan besar mesin yang dipakai adalah mesin 4.400 cc V8 twin turbo dengan seabrek ubahan untuk membuatnya lebih kuat lagi. Jangan harap akan dipasangi mesin 6.600 cc V12 twin turbo dari BMW M760Li, sebab BMW sendiri sudah ingin memensiunkan mesin ini dan tidak dipakai di BMW lain karena volume penjualannya cukup terbatas. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: