Mazda 6 Resmi Disuntik Mati Untuk Pasar Jepang! Mau Ada Generasi Baru?

by  in  Berita & International & Mazda
Mazda 6 Resmi Disuntik Mati Untuk Pasar Jepang! Mau Ada Generasi Baru?
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun tidak semua orang tau tentang mobil ini, tapi bagi anda yang awam akan otomotif mungkin akan familiar. Karena Mazda 6 ini digunakan sebagai armada mobil polisi di Indonesia sejak generasi pertamanya. Setelah lebih dari 10 tahun diproduksi, tepatnya pada tahun 2012, Mazda mengumumkan bahwa produksi dari mobil dengan nama lain Mazda Atenza ini sudah dihentikan. Sebuah kabar yang sepertinya tidak mengejutkan, namun bikin penasaran. Apakah akan ada generasi baru?

Tidak Ada Generasi Baru

Alasan utama Mazda mengakhiri produksi 6 adalah penurunan penjualan. Sebagaimana yang kita ketahui, preferensi pembelian sebuah mobil beralih ke SUV. Biaya yang diperlukan untuk research & development sedan (dan juga estate) cukup tinggi, diperlukan trial-error dan investasi terus-menerus. Saat ini keuntungannya semakin berkurang karena semakin sedikit penjualannya. Bagi Mazda, menginvestasikan sumber daya tersebut pada crossover lebih masuk akal secara bisnis.

Itu berarti tidak ada generasi baru untuk Mazda 6, menurunnya permintaan pasar dan biaya R&D yang tinggi membuat investasi pada segmen sedan yang sedang menurun menjadi tidak menarik bagi Mazda bila dilihat dari sudut pandang bisnis. Mazda akan memperluas jajaran crossover dan SUV-nya. Platform berpenggerak roda belakang baru akan mendukung model seperti CX-5 generasi berikutnya. Kedepannya akan banyak model EV dan Hybrid baru dengan format crossover.

Rumor Kedepannya

Meskipun Mazda 6 graduate, Mazda masih menyadari kebutuhan akan sedan yang sporty dalam jajaran produknya. Meski belum pasti, kolaborasi masa depan Mazda dengan Toyota berpotensi melahirkan sedan sport berpenggerak roda belakang untuk mencerminkan soul Mazda 6. Mazda 3 masih berlanjut sebagai sedan sport kompak dari Mazda, begitu juga dengan Miata/MX-5 yang juga dapat melanjutkan soul dari Jinba Ittai.

Ke depannya, Mazda akan terus menyempurnakan SUV dan crossovernya dengan dua platform baru. Arsitektur penggerak roda belakang menghadirkan ride quality yang lebih smooth dan handling yang lebih baik. Mesin inline-6 baru dan teknologi SkyActiv-X yang akan datang memberikan peningkatan tenaga dan efisiensi sejalan dengan transisi Mazda ke elektrifikasi. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: