Mazda : Proyek Mobil Sport Rotary Kami Tidak Jadi Direncanakan

Mazda : Proyek Mobil Sport Rotary Kami Tidak Jadi Direncanakan
0  komentar
wallpaper mazda rx vision

AutonetMagz.com – Padahal baru saja kemarin desain paten mesin rotari generasi baru yang diklaim berkode 16X dengan tenaga 400 hp dan konstruksi berbeda mencuat ke publik, tapi entah kenapa berita seperti ini muncul. Senior Managing Executive Officer Mazda,Yuji Nakemine, mengatakan bahwa untuk saat ini tidak ada rencana di dalam Mazda untuk membawa mobil sport bermesin rotary ke jalan produksi.

Tentu saja yang dimaksud adalah versi siap jual dari mobil konsep RX-Vision yang mejeng di Tokyo Motor Show kemarin. “Merealisasikan kendaraan seperti itu di masa depan agaknya terasa seperti mimpi bagi kami saat ini. Tidak ada rencana spesifik bagi kami untuk memproduksi mobil ini (Mazda RX-Vision) secara massal,”katanya. Yah, kuciwa pisan lah.

mazda rx vision rear

Daripada fokus ke RX-Vision atau mesin rotary baru, Nakemine berkata kalau Mazda akan memilih untuk fokus di produk-produknya yang sekarang dulu. “Baru kalau kami sudah punya dana yang cukup, bahkan lebih, termasuk meningkatkan kapabilitas sumber daya engineering kami, baru kita bisa bicara tentang konsep mobil baru atau apalah itu,” ucapnya.

Singkatnya, Mazda mau jualan dulu dengan mengandalkan produk-produknya sekarang, mencari kekuatan finansial sebanyak mungkin. Tambahnya lagi,”Jangan terlalu terkecoh dengan banyaknya rumor yang beredar.” Iya sih, tapi file paten pendaftaran mesin rotary baru di kantor hak paten kemarin itu apa pak? Masa untuk bikin rumor nggak jelas harus main-main ke kantor paten segala?

mazda rx vision interior

Semoga ini hanya bersifat penundaaan, bukan pembatalan. Pasalnya berat juga sih, yang mau dan mampu meriset mesin rotary hingga detik ini ya… Hanya Mazda seorang diri. Pabrikan lain mana mau mengembangkan mesin yang lebih banyak ruginya dibanding manfaatnya di mata mereka? Apa boleh buat, kita hanya bisa menunggu kabar selanjutnya saja. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • nusantara nusantara

    pertamax plus

  • ekkyfir

    Rumor hanya lah rumor….
    Penonton kecewa

  • Aryo Wicaksono

    maju mundur, maju mundur, nggak jadi-jadi. mending jualan Mazda Roadster Rotary dulu sebagai permulaan, nggak usah langsung jadi RX-7 biar riset tetap jalan.

    • Ryan

      Tul nih, tes pasar aja dulu. Bikin mx-5 agak digedein dikit trus kasih mesin rotary. Ibaratnya spt jembatan sblm ke real RX-nya, kaya nissan dgn 370Z & GT-R.
      Eh tapi ongkos riset sama bikin mesin rotary nya aja udah gede bgt ye katanya wkwk

      • Aryo Wicaksono

        Mending mesin 16x langsung dipasang aja ke mx-5 yang sudah ada, nggak usah diperpanjang lagi udah bagus, kok.

        • Ryan

          Bisa juga sih
          Tapi sebenernya keadaan si mazda ini agak gaenak menurut sy
          Mesin rotary ini disatu sisi jadi ikon sportnya, tapi jg jadi beban. Maksudnya kalo semisal mereka bikin generasi penerus RX, atau sportcar gede lain (bkn small roadster spt mx-5) tapi ga pake mesin rotary pasti bakal aneh & banyak komplain dr para die hard fans & petrolhead. Krn emg ini ciri khasnya.
          Sementara kalo dia maksain buat bikin rotary ya itu tadi ongkosnya lumayan mahal. Bisa nombok doi

          • Aryo Wicaksono

            Ya, ntarntar kalau roadster rotary udah laku kan bisa bikin rx-7 pake mesin wangkel lagi. Apapun yang terjadi jangan sampai berhenti deh, cukup ditunda saja.

        • farid

          mazda mx-5 gak perlu tenaga besar banget apalagi kalau pake rotary,karakter mx-5 itu adalah handling yg fun to drive,weight distribution yg seimbang dan tenaga yg cukup yg sudah jadi tradisi mx-5 sejak generasi pertama.dan mazda mx-5 sama rx-series itu punya karakternya masing2,gak perlu pake rotary di mx-5

          • Aryo Wicaksono

            di Jepang dan belahan dunia lain banyak yang ganti mesin roadster dengan mesin 13B, lho. berarti ada pasar yang masih terbuka untuk roadster rotary. mesin wankel juga lebih ringan daripada mesin piston, jadi distribusi massa kendaraan juga dapat dipertahankan dan tetap menyenangkan untuk dikendarai.

      • Ardanis Bergas

        tapi nissan build mesin itu dengan background beda. Fairlady pake mesin yang sama dipake Murano, N/A VQ37 V6 3.7L. Sedang GTR VR38DETT V6 3.8 L Twin Turbo. BTW juga berarti mobil mazda dengan rotary engine paling akhir cuma RX-8 dong ?

        • Aryo Wicaksono

          hmm, VQ37DE digedein dan dikasih turbo kan jadi VR38DETT. lagian juga 350Z, 370Z, dan GT-R sama-sama platform premium front-midship. iya, RX-8 mobil dengan mesin rotary terakhir. Roadster NC kan RX-8 yang dipendekin juga.

  • Endefloor

    Karena merugi adalah sebagian dr krismon

  • sony

    mungkin gagal research mesin barunya… mazda yang dulu bukanlah mazda yang sekarang
    rip rotary

  • 206er

    Bisa jadi yang ditunda mobilnya tapi pengembangan mesinnya tetap jalan, lagipula ga semua barang yang dipatenkan masuk ke jalur produksi karena fungsi dasar paten itu sendiri hanya untuk melindungi ide.

    Ongkos riset mesin itu mahal, apalagi untuk mesin rotary yang hanya dipakai Mazda karena biasanya perusahaan otomotif lain saling kerjasama supaya bisa lebih murah (mesin VW dipake di hampir semua grupnya, PSA pake mesin BMW sama Toyota, dll)

    Dan lagi sebagian besar perusahaan otomotif lagi memantau perkembangan Tesla dan Model 3. Jika Model 3 profitable, maka pasti perusahaan otomotif lain bakal lebih fokus riset untuk mobil listrik

  • farid

    saat ini pabrikan mulai banyak riset teknologi mesin ramah lingkungan seperti hybrid,listrik ataupun hidrogen,kalau riset mesin rotary selain dananya gak kecil juga gak menguntungkan banget bagi perusahaan,karena yg pake mesin ini adalah mobil tertentu saja dan pasarnya niche bukan segmen pasar yg luas.udah gitu mesin skyactiv yg gak diragukan lagi keiritannya udah bikin mazda puas,lebih menguntungkan mesin itu dibanding rotary yg khas tapi banyak kelemahannnya

  • Always35

    Impian itu akhirnya kembali dikubur dalam2 lagi ?

  • asriel dreemurr

    maju mundur maju mundur cantiq cantiq.
    kmrn bilang gak akhirnya jadi.
    kmrn udh bikin RX vision jd begini deh.
    aku fangirl mazda yang kecewa.. bener deh..

  • M.U.Fathurrohman

    Pokoknya mah jangan sampe goscoy lah