Toyota Konfirmasi SUV Listrik Baru : Bareng Subaru, Pakai e-TNGA & Seukuran RAV4

Toyota Konfirmasi SUV Listrik Baru : Bareng Subaru, Pakai e-TNGA & Seukuran RAV4
0  komentar

AutonetMagz.com – Perlahan namun pasti, Pabrikan asal Jepang yaitu Toyota mulai memperkuat kaki mereka di segmen mobil listrik. Setelah sukses dengan jajaran hybrid mereka dalam 1 dekade terakhir, Toyota mulai menyiapkan tentara perang mereka di segmen mobil listrik. Kita semua tahu bahwa Toyota sudah memiliki Toyota C-HR / Izoa EV di China dan Lexus UX 300e. Baru – baru ini, Toyota kembali mengkonfirmasi sebuah SUV baru lainnya, dan kali ini ukurannya lebih besar dari yang sudah ada.

Selain itu, Toyota juga mengkonfirmasi bahwa mobil listrik baru ini adalah sebuah SUV, dimana SUV listrik ini akan menjadi produk pertama Toyota yang dibangun dengan platform yang didedikasikan khusus untuk mobil listrik yaitu e-TNGA. Tentunya ini berbeda dengan C-HR / Izoa EV dan UX 300e yang masih dibangun dengan basis TNGA-C. Pihak Toyota juga sudah menyebar teaser mobil ini berupa siluet sisi sampingnya. Sekilas, kami menduga mobil ini adalah Toyota RAV4 EV, karena pihak Toyota memang sempat menjual RAV4 EV beberapa tahun lalu. Selain itu, Toyota juga menyebutkan bahwa SUV listrik ini akan seukuran dengan Toyota RAV4.

Namun, fakta berikutnya menggugurkan tebakan kami bahwa mobil ini adalah Toyota RAV4 EV, yaitu fakta bahwa mobil ini dikembangkan bersama dengan Subaru. Yap, SUV ini adalah kolaborasi antara Subaru dan Toyota, yang mana langsung mengingatkan kami pada sosok Evoltis EV. SUV listrik Toyota ini akan memiliki wheelbase yang sedikit lebih panjang dari RAV4, namun dengan overhang yang lebih pendek. Toyota sendiri berencana untuk menampilkan versi final production mobil ini dalam beberapa bulan ke depan. Nah, SUV ini nantinya juga akan dijual oleh Subaru, alias kembar dengan milik Toyota. Nama Evoltis sendiri nampaknya akan digunakan oleh Subaru.

“Toyota akan mengambil langkah berikutnya dengan menambah porfolio dari mobil listrik bertenaga baterai dengan menampilkan all new mid-sized SUV dalam beberapa bulan ke depan”, ujar Deputy Chief Officer Pabrik Toyota ZEF, Koji Toyoshima. Mobil ini akan diproduksi oleh Toyota di pabrik Toyota ZEV di Jepang. Oiya, Toyota juga menyebutkan bahwa platform e-TNGA dibuat untuk mengakomodasi mobil dengan sistem gerak roda depan, roda belakang, maupun 4 roda, serta bisa fleksibel untuk berbagai ukuran baterai. Selain SUV baru ini, maasih ada 5 model mobil listrik lainnya yang akan diproduksi oleh Toyota menggunakan platform ini.

Mobil ini nampaknya akan menjadi lawan yang pas untuk Nissan Ariya EV. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana