Yes, Mazda RX-9 Bermesin Rotary Diseriusi Lagi Agar Siap Muncul Tahun 2020!

Yes, Mazda RX-9 Bermesin Rotary Diseriusi Lagi Agar Siap Muncul Tahun 2020!
0  komentar
render-mazda-rx9-depan

AutonetMagz.com – Berita baik untuk penggemar mobil sport! Kita semua tahu kalau Mazda sangat identik dengan mesin rotary-nya, khususnya pada Mazda 787B, RX-7 dan RX-8. Kematian mesin Rotary Mazda ditandai dengan dirilisnya Mazda RX-8 Spirit R sebagai edisi penutup saat mesin tersebut stop produksi pada tahun 2012. Akan tetapi, rupanya mesin ini tidak mati, ia hanya tidur dan menunggu untuk dihidupkan kembali.

Ya, mesin berotor ini akan segera bangkit lagi. Laporan terbaru dari Motoring menyatakan kalau Mazda tidak bisa move on sepenuhnya dari mesin rotary yang telah membesarkan nama Mazda di dunia, sebab proyek mobil baru penerus RX-7 akan dilanjutkan kembali prosesnya. “Mazda RX-9 baru akan menggunakan basis Mazda 6, tapi dikalibrasi ulang agar pas sebagai sebuah coupe RWD,” ungkap seorang sumber internal Mazda.

mazda-6-facelift-2015

Kenapa menggunakan basis Mazda 6? Karena kalau memakai sasis Mazda MX-5, ukurannya terlalu kecil sehingga tidak pas untuk tulang punggung RX-9, padahal Mazda RX selalu lebih besar ukurannya daripada Mazda MX. Jika dibangun berdasarkan basis Mazda 6, mungkin ukuran Mazda RX-9 akan setara Honda NSX, Nissan GT-R atau Toyota FT-1.

Terus soal mesin rotary-nya bagaimana? Kalau diingat kembali, mesin Renesis 13B-MSP pada Mazda RX-8 sangat halus, putaran mesinnya tinggi dan bertenaga besar, tapi torsinya kecil, boros oli, boros bensin dan jauh dari kata durable. Hanya yang benar-benar mengerti mesin rotary yang bisa merawat dan menjaga Mazda RX-8 dan RX-7.

mazda-rx8-blue

Karena mesin ini emisinya jelek, ia terpaksa harus dipensiunkan karena bertentangan dengan paham mesin SkyActiv Mazda yang punya konsep ramah lingkungan. Maka dari itu, mereka butuh mesin baru. Kami sangat ingat kemarin Mazda bilang sempat mau berhenti merisetnya karena biayanya besar, tapi sepertinya mereka sudah punya uang cukup untuk membuat mesin baru.

Dulu sempat berhembus kabar burung kalau mesin rotary baru Mazda akan berkode 16X, berspesifikasi 1.600 cc twin rotor dan kemungkinan pakai turbo dengan estimasi tenaga hingga 455 hp. Ada gosip juga kalau mesin rotary 16X ini akan dinamai SkyActiv-R.

mazda-rx7-black

Menyusul mesin baru tersebut, Mazda RX-9 baru akan mengadopsi teknologi SkyActiv lengkap, mulai dari SkyActiv-Body, SkyActiv-Chassis, SkyActiv-Drive dan lain-lain. Untuk waktu dekat, Mazda dikabarkan akan membuat Mazda RX-9 Concept untuk ditampilkan di tahun 2017, alias pas dengan perayaan 50 tahun mesin rotary Mazda pertama yang bisa kita lihat di Mazda Cosmo Sport di tahun 1967.

Masih menurut sumber yang sama, mereka memprediksi Mazda akan meluncurkan All New Mazda RX-9 di tahun 2020, sekaligus untuk merayakan ulang tahun Mazda yang ke-100. “Selain MX-5, mesin rotary adalah sesuatu yang bisa membangkitkan semangat perusahaan Mazda. Semua personil Mazda sangat suka mengerjakan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan mesin ini,” ungkap sumber internal Mazda tadi.

render-mazda-rx9-belakang

Nah, makin asyik saja kalau begini ceritanya. Honda NSX sudah hadir duluan, Nissan GT-R R36 sudah mulai terkuak detailnya, Toyota dan BMW masih dalam tahap pembangunan Toyota FT-1 baru penerus Supra, tinggal Mitsubishi saja nih yang harusnya membangkitkan GTO lagi, tapi… Ah, sudahlah, kami tak mau berharap banyak kepada Mitsubishi, habisnya Lancer Evolution saja mereka suntik mati, boro-boro mau mengembalikan nama Mitsubishi GTO.

Apa pendapatmu tentang kembalinya Mazda RX-9 ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: