Mazda 6 Siap Diluncurkan di Indonesia

by  in Mazda&Mobil Baru
Mazda 6 Siap Diluncurkan di Indonesia
0  komentar
2013 Mazda 6 Sedan and Wagon

New Mazda 6 yang mendapatkan banyak pujian dan penghargaan di seluruh dunia nampaknya mulai memunculkan sinyalemen peluncurannya di Indonesia. Hal ini juga ditegaskan oleh Astrid Ariyani Wijaya Marketing Manager PT MMI pada acara SKYACTIV Technology Unleash & Believe Dare to Challenge di Jakarta yang mengenalkan Mazda 6 Sedan di Indonesia. Menurutnya mobil ini akan dilaunching secara resmi pada tanggal 10 April mendatang. Wah makin nggak sabar!

New Mazda 6 ini merupakan sedan pertama Mazda yang mendapatkan paket teknologi SKYACTIV. SKYACTIV menurut Mazda lebih baik dibandingkan dengan teknologi hybrid dalam menjaga lingkungan. Karena SKYACTIV bukan menggabungkan teknologi mesin bensin dan motor listrik, melainkan mengoptimalkan teknologi keseluruhan mobil mulai dari mesin, sasis, bodi hingga transmisi kendaraan yang dibuat seoptimal mungkin.

Nantinya mobil ini hanya akan diluncurkan dalam 1 tipe saja, yaitu pilihan model dengan mesin bensin 2.500 cc dengan 3 pilihan warna. Mesin SKYACTIV yang digunakan mobil ini nantinya mampu memproduksi tenaga besar hingga 189 Ps dan torsi 189 lb-ft pada Rpm yang cukup rendah di angka 5.700 rpm untuk memaksimalkan konsumsi bahan bakar. Sudah menjadi ciri khas mesin SKYACTIV yang digunakan pada Mazda CX-5 untuk memiliki mesin berkompresi tinggi, di Mazda 6 terbaru ini memiliki kompresi mesin di angka 13:1. Meskipun besar, mobil ini sanggup menelan bensin RON 93 biasa.

2013 Mazda 6 Sedan Pearl Brilliant White

Transmisi SKYACTIV juga memberikan bobot yang lebih ringan dibandingkan mobil-mobil pada umumnya sebesar 30%. Transmisi yang diberikan untuk Mazda 6 ini sebenarnya ada 2, yaitu transmisi 6 percepatan manual dan 6 percepatan otomatis. Nah, untuk versi Indonesia hanya versi 6 percepatan otomatis yang akan diluncurkan. Tranmisi otomomatis ini juga dapat dikendalikan secara manual dengan sistem shiftronic.

Dengan paduan teknologi SKYACTIV pada Mazda 6, beberapa media luar negeri telah membuktikan versi mesin 2.5 liter bertransmisi automatic dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 8 detik. Luar biasa bukan? Ini membuktikan bahwa performa dan keiritan suatu kendaraan tidak hanya berasal dari mesin saja. Tetapi Mazda mencoba menggabungkan seluruhnya pada setiap aspek di kendaraan ini.

Interior mobil ini mengingatkan kita akan Mazda CX-5 yang memiliki desain kombinasi seperti BMW. Disini Mazda sepertinya ingin membuat sebuah persamaan diantara model-model mereka dengan membuat model dashboard yang hampir serupa. Untungnya mobil ini tidak dilengkapi dengan i-Drive yang canggih namun mengganggu. Sebuah head unit touchscreen dengan kualitas audio superior dibekali di mobil ini. Hanya saja modelnya agak jadul dibandingkan kompetitornya.

2013 Mazda 6 Sedan White Interior

Untuk sebuah sedan mewah, ukuran interior tentunya menjadi bahan pertimbangan matang untuk mereka yang ingin berleha-leha di dalam mobil mereka. Mazda 6 memang tidak menawarakan interior super lega seperti Toyota Camry, kata proporsional mungkin lebih tepat untuk mewakilkan ukuran interior mobil ini. Kita tidak akan menemukan ruang kepala dan kaki yang mentok sana-sini, semuanya terasa pas dan nyaman untuk ukuran mobil mewah Jepang. Kapasitas bagasi mobil ini juga cukup oke diangka 483 liter.

Bicara tentang irit-iritan. Mazda 6 di Inggris mampu menembus konsumsi bahan bakar mencapai 18,6 km hanya dengan 1 liter BBM saja. Ini angka yang sangat luar biasa dan melebihi Toyota Camry Hybrid sekalipun yang dibanderol dengan harga super mahal. Nah, bagaimana ya dengan pricing position Mazda 6 di Indonesia nantinya? Kita lihat saja, yang pasti secara performance dan konsumsi bahan bakar, Mazda 6 mampu memberikan segala hal yang terbaik dibandingkan kompetitor. Wah jadi nggak sabar!

Read Prev:
Read Next: