Mazda CX-5 Segera Dapat Mesin SkyActiv Turbo dari CX-9

by  in International&Mazda
Mazda CX-5 Segera Dapat Mesin SkyActiv Turbo dari CX-9
0  komentar

AutonetMagz.com – Meski punya pendirian yang cukup teguh dengan mesin naturally aspirated, tapi toh rupanya Mazda tergoda juga dengan teknologi turbo yang belakangan ini merangsek ke mobil-mobil biasa seperti hatchback, sedan, SUV, crossover bahkan MPV. Percobaan pertama mesin SkyActiv Turbo Mazda bisa dikenali di sosok Mazda CX-9 baru, dengan mesin 2.500 cc 4 silinder turbo yang menggantikan mesin V6 lama yang super boros.

Setelah dari Mazda CX-9, mesin SkyActiv Turbo itu turun ke Mazda 6. Di saat mesin turbo itu bisa menghasilkan 227 hp, di Mazda 6 Turbo tenaganya malah naik jadi 250 hp. Kedengaran nikmat sekali ya, sedan turbo keren 250 hp. Setelah Mazda 6, ada probabilitas bahwa pasien berikutnya yang siap mendapatkan jantung berturbo adalah SUV terlaris Mazda, Mazda CX-5. Itu diperkuat dengan dokumen yang ditemukan oleh The Truth About Cars.

Dokumen ini berasal dari California Air Resources Board (CARB), berisi tentang spesifikasi Mazda CX-5 yang didaftarkan dan disertifikasi. Identifikasi turbo mungkin terbaca dari kode “TC”, bisa jadi itu “Turbocharger”. Akan tetapi, diperkirakan Mazda CX-5 Turbo tidak akan menggusur varian bermesin non-turbo. Mazda CX-5 turbo hanya akan jadi pelengkap varian, dan kami takkan heran jika CX-5 turbo bakal menjadi tipe teratas.

Belum diketahui soal bagaimana Mazda akan menyetel tenaga dan torsi buat Mazda CX-5 Turbo yang masih sebatas gosip ini. Kalau ditakar-takar secara kasar, ingatlah mesin 2.500 cc 4 silinder non turbo yang ada di CX-5 sekarang, tenaganya ada di kisaran 187 hp-an. Supaya tenaganya bisa pantas jadi varian termahal tanpa harus menyalip tenaga CX-9 (karena menyalip spek SUV flagship itu tidak sopan), kami prediksi tenaganya bakal ada di kisaran 190-200 hp.

Varian turbo ini pun tidak akan menggusur varian diesel, mengingat mesin diesel masih lumayan diterima di beberapa negara. Mazda sendiri tidak menyampaikan apa-apa soal Mazda CX-5 turbo, termasuk soal tanggal peluncurannya. Mereka lebih fokus ke persiapan perkenalan generasi baru dari Mazda 3 yang akan diluncurkan di Los Angeles Auto Show bulan November mendatang. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: