Mazda Hendak Aktifkan Kembali Nama Mazdaspeed?

by  in International&Mazda
Mazda Hendak Aktifkan Kembali Nama Mazdaspeed?
0  komentar

AutonetMagz.com – Tidak semua orang ngeh dengan nama “Mazdaspeed”, karena citranya sendiri tak begitu mentereng dibanding rival, dan tidak banyak model Mazdaspeed yang dibuat oleh Mazda. Paling banter ada Mazdaspeed 3, Mazdaspeed 6, Mazdaspeed Protégé dan Mazdaspeed MX-5. Sayang, sinar dari nama Mazdaspeed masih kalah terang dibanding rival, khususnya sesama merek Jepang. Padahal Mazdaspeed juga bertanggung jawab atas mobil Le Mans legendaris, Mazda 787B.

Terbukti, setelah Mazdaspeed 3 dan Mazdaspeed 6 – yang di Jepang bernama Mazdaspeed Atenza dan Mazdaspeed Axela – Mazda tidak mau meneruskan nama Mazdaspeed lagi. Salah satu langkah yang cukup disesalkan selain penghentian mobil sport rotary mereka pada waktu itu. Di Indonesia, hanya ada 1 model Mazdaspeed asli, yakni Mazdaspeed 3 merah bermesin 2.300 cc turbo berpenggerak FWD dan transmisi manual. Sekali lagi, hanya satu di Indonesia, entah resmi milik Mazda Indonesia atau tidak.

mazda-mx5-nd

Namun dengan Mazda MX-5 ND yang banyak disanjung, itu memberikan Mazda sedikit rasa percaya diri. Khusus untuk MX-5, Mazda mempertimbangkan akan adanya varian lebih sporty dari MX-5 baru. Menurut autoevolution, bisa jadi ia akan dipanggil Mazdaspeed MX-5 atau Mazda MX-5 MPS. FYI, MPS singkatan dari Mazda Performance Series, yang merupakan nama lain dari Mazdaspeed di beberapa negara, khususnya Eropa.

Sementara varian Mazdaspeed atau MPS lain, khususnya Mazdaspeed 3 dan Mazdaspeed 6 akan punya kemungkinan untuk hadir kembali juga setelah generasi barunya muncul. Kalau sekarang bagaimana? Tegas saja, untuk sekarang sih tidak. Butuh waktu lumayan untuk bisa mengekstrak setiap tenaga yang bisa dihasilkan oleh mesin SkyActiv mereka. Buktinya, baru belakangan ini mereka bisa menelurkan varian turbo untuk SkyActiv-G (bensin), tidak dari dulu saat konsep SkyActiv pertama kali muncul.

mazda rx vision 2016

Cukup jelas bahwa para engineer Mazda sepertinya sedang sibuk mengurus mesin daripada aspek lain. Selain harus mencoba menendang tenaga mesin SkyActiv – entah pakai turbo atau tidak – untuk menghadirkan Mazdapseed MX-5, mereka juga harus berjibaku dengan mesin rotary generasi baru yang harus sudah siap untuk hadir di Mazda RX-9 sekitar tahun 2020-an. Apa opinimu jika Mazda melahirkan kembali Mazdaspeed? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: