Untuk Ketiga Kalinya, Mazda Raih Predikat Merek Mobil Dengan Efisiensi BBM Terbaik Oleh EPA

Untuk Ketiga Kalinya, Mazda Raih Predikat Merek Mobil Dengan Efisiensi BBM Terbaik Oleh EPA
0  komentar
efisiensi-bbm-mazda-cx-3

AutonetMagz.com – Kami sendiri antara takjub dan penasaran dengan berita yang satu ini. Mazda berhasil meraih kembali penghargaan dari agen perlindungan lingkungan (EPA) di Amerika Serikat sebagai merek yang merilis mobil-mobil dengan efisiensi BBM terbaik dari yang lain. Ya, kami bilang meraih kembali, karena Mazda pernah meraih penghargaan serupa sebanyak 2 kali, dan ini adalah yang ketiga kalinya.

2015-Mazda-CX-5-Facelift

Yang menarik, rata-rata konsumsi BBM seluruh Mazda yang dijual di sana jika ditotal adalah 29,4 mil per galon US, dan jika dikonversi menjadi kilometer per liter, angka yang didapat adalah 12,49 kilometer per liter. Duh, untuk orang Amerika Serikat ternyata angka segitu bagus ya, bagaimana dengan merek mobil lain yang rata-rata konsumsi BBM semua modelnya di bawah itu? Oh ya, tingkat emisi CO2 rata-rata Mazda berkisar 328 g/km, dan itu dihargai oleh EPA.

mazda-6-facelift-2015

Tapi kami mencoba berpikir lagi, Mazda kan tidak punya mobil hybrid atau listrik, bagaimana bisa mobil-mobilnya meraih rata-rata konsumsi BBM seperti itu dan mengalahkan merek lain yang punya mobil hybrid atau listrik? Praktis, hanya teknologi SkyActiv merekalah yang punya andil besar dalam menorehkan angka efisiensi BBM tersebut. Jangankan hybrid atau elektrik, mesin turbo saja baru punya 1 di Mazda CX-9 baru, itu pun belum berkeliaran di jalanan.

mazda-3-sedan

Saat kami bilang “rata-rata konsumsi BBM seluruh Mazda yang dijual di sana”, itu berarti hasil konsumsi BBM bersama dari Mazda 3, Mazda 6, Mazda CX-5, Mazda MX-5 dan Mazda CX-3, baik yang bensin maupun yang diesel. Di sana tidak ada Mazda 2, karena memang tidak dijual oleh Mazda Amerika Serikat. Kebalikannya, di sini kita dapat Mazda 2 tapi tidak dapat Mazda 3. Satu-satunya cara menikmati Mazda 2 di sana adalah dengan membeli Scion iA atau Toyota Yaris sedan.

mazda-mx5-nd

Prestasi ini membuktikan bahwa Mazda sudah berevolusi untuk menawarkan kelebihan yang tidak akan didapatkan dari merek lain, yakni mobil-mobil berkualitas tinggi, berpenampilan menarik, fun to drive dan efisien dalam penggunaan bahan bakar,”ujar Jim O’Sullivan, CEO Mazda Amerika Utara. Boleh saja beliau bangga, karena selain 3 penghargaan dari EPA atas efisiensi BBM, US News dan World Report menganugerahi Mazda dengan penghargaan “2016 Best Car Brand”.

mazda rx vision tokyo motor show

Soal fun to drive, kualitas, penampilan dan lain-lain kami bisa jadi sepakat dengan beliau, karena banyak yang sekarang menyebut Mazda sebagai BMW-nya Jepang, tapi soal efisiensi BBM, kami serahkan kembali pada para pengguna Mazda di Indonesia, apakah mobilnya memang seefisien itu. Satu hal lagi, nanti saat Mazda RX-Vision keluar, kami harap ia tidak menghancurkan prestasi ini, karena yang namanya mesin rotary itu biasanya boros BBM, boros oli dan emisinya kotor.

Bagaimana opinimu tentang prestasi Mazda ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: