Mazda 2 SkyActiv Tidak Akan Dijual di Amerika Serikat

Mazda 2 SkyActiv Tidak Akan Dijual di Amerika Serikat
0  komentar
All New Mazda 2 Demio 2015

AutonetMagz.com – Warga Amerika Serikat nampaknya kini sedang gusar, karena mereka hanya bisa ngiler melihat review internasional Mazda 2 SkyActiv yang rata-rata menyatakan kalau ini adalah mobil yang layak disebut the game changer di kelas subcompact hatchback berkat fun to drive dan efisiensi mesin SkyActivnya. Iya, mereka hanya bisa melihat namun tak bisa merasakan, karena Mazda sudah memutuskan tidak akan menjual Mazda 2 di Amerika Serikat.

Robert Davis selaku salah satu pemegang jabatan eksekutif di Mazda mengatakan, “Bisa saja sebenarnya kalau mau, tapi akan ada berbagai kendala di sisi marketing untuk mengurus 600 dealer jika meluncurkan mobil baru. Kami ingin mengalokasikan sumber daya yang kami punya untuk produk-produk yang memberikan keuntungan lebih banyak daripada Mazda 2.”

New Mazda 2 facelift 2013

Pernyataan beliau cukup beralasan sebenarnya, karena Mazda 2 versi terdahulu bukanlah mobil yang laris di sana. Saat diluncurkan tahun 2010, penjualannya sering naik turun. Tahun 2012 adalah tahun terbaiknya dengan 19.315 unit bisa terjual, namun di tahun 2014 malah turun menjadi 14.000 unit. Bandingkan dengan Ford Fiesta yang terjual lebih dari 63.000 unit tahun lalu di sana. Sebagai info, di Amerika sana, yang menjadi tulang punggung penjualan Mazda adalah Mazda 3.

Davis menyatakan, Mazda 2 bisa tetap hadir di Amerika Serikat, tapi tidak pakai logo Mazda, melainkan logo Scion. Persisnya lagi, Scion iA yang merupakan hasil rebadge dari Mazda 2 Sedan akan menjadi satu-satunya alternatif bagi konsumen Amerika yang ingin mencoba Mazda 2. Jujur saja, tak banyak yang memuji Scion iA meski ia diambil dari Mazda 2 sedan yang ganteng dan proporsional.

Scion-iA-Depan

Menurut beberapa sumber, hal itu karena desain Kodo khas Mazda diganti dengan bahasa desain keen look Toyota dengan air dam besar dan aksen bak kumis lele di sampingnya yang membuat tampilannya jadi jelek. Belum lagi soal kepraktisan yang dinilai berkurang jika dibanding Mazda 2. Makannya banyak pihak yang menyayangkan Mazda karena tak mendatangkan Mazda 2 di Amerika Serikat.

Wah, sayang juga ya mobil sebagus Mazda 2 SkyActiv tak bisa dinikmati warga AS, padahal kita di Indonesia saja sudah cukup senang bisa menikmati Mazda 2. Tapi jika dibalik kondisinya, kita di sini tidak dapat Mazda 2 tapi malah dapat Scion iA berkumis lele, bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: