Masalah Kelistrikan Membuat Suzuki Inazuma Direcall

by  in International&Suzuki
Masalah Kelistrikan Membuat Suzuki Inazuma Direcall
0  komentar

AutonetMagz.com – Populasi Suzuki Inazuma di Indonesia memang sedikit, tapi bukan berarti tidak ada. Motor 250 cc inline twin ini mengacu ke gaya touring, terlihat dari sosoknya yang dibuat supaya nyaman dipakai berkendara jauh, dan memang nyaman. Sayang sekali, motor ini kalah pamor dibandingkan motor 250 cc lainnya yang sama-sama merek Jepang, bahkan diskon besar-besaran pun tidak mampu menaikkan penjualannya secara drastis.

Namun bagi para pemilik Suzuki Inazuma – yang memiliki nama lain Suzuki GW250 – sebaiknya berikan perhatian sedikit lebih kepada sistem kelistrikannya, terutama yang berhubungan dengan lampu-lampu. Menurut sebuah edaran resmi, Suzuki Inazuma Model Year (MY) 2013, 2015 dan 2017 akan direcall karena ada sedikit isu dengan sistem kelistrikan lampu-lampunya. Ini termasuk lampu depan, belakang, sein dan lain-lain.

Suzuki Inazuma 250 cc di diskon besar

Apa masalahnya? Well, saat terkena air, entah itu saat dicuci, hujan atau kondisi apapun yang berhubungan dengan air, air dikhawatirkan bisa menyusup ke wiring harness Suzuki Inazuma, dan terus mengalir sampai sepanjang kabel dan membuat korosi di sekitar switch lampu-lampu. Jika terus dibiarkan, bisa menyebabkan korsleting, membuat sekring meleleh dan mematikan semua fungsi lampu di motor.

Suzuki menerima kasus yang berkaitan dengan lampu pada Suzuki Inazuma pada bulan Agustus 2012 di China. Kasus kedua dating pada Januari 2013 di Jepang, dan hingga bulan Oktober 2014, sudah ada 28 kasus lebih. Bahkan, pada bulan April 2016, ada komplain mengenai kelistrikan Suzuki Inazuma yang bermasalah meski sudah dilengkapi dengan cover untuk melindungi kabel dari air. Nah lho?

2013-suzuki-gw250-inazuma hitam

Ada sekitar 1.890 unit Suuzki Inazuma di Amerika Serikat yang kena kasus ini, dan Suzuki sudah meminta pelanggan untuk datang ke dealer terdekat dan memasang switch lampu-lampu baru di samping memberikan cover/pelindung yang tahan air buat sistem perkabelannya. Hm, karena kejadiannya ada di Amerika, China dan Jepang, bukan tak mungkin Suzuki Inazuma di Indonesia juga kena. Ada yang pernah mengalami masalah demikian dengan Inazumanya? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: