Juara Shell Eco Marathon Sambangi Markas Ferrari

by  in  International
Juara Shell Eco Marathon Sambangi Markas Ferrari
0  komentar

AutonetMagz.com – Sepuluh orang anggota tim Bumi Siliwangi akan berada di kota Maranello, Italia pada 4 – 9 Desember 2016, bersama mobil listrik buatannya untuk bermain ke markas Ferrari. Kunjungan ke markas Ferrari merupakan  hadiah utama yang diperoleh Tim Bumi Siliwangi atas kemenangan mereka sebagai juara di ajang kompetisi mobil paling cepat dan paling hemat energi Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship (SEM DWC) di London, 3 Juli 2016 lalu.

Amin Sobirin, Tim Manager Bumi Siliwangi mengatakan, ”Hadiah yang kami terima ini sangat membanggakan. Kami tentunya sangat bersemangat  untuk berangkat ke Italia dan mengunjungi markas Ferrari. Kami akan memanfaatkan kesempatan langka dan berharga ini untuk banyak menggali pengetahuan mengenai bagaimana memadukan  keindahan, kecepatan dan sekaligus efisiensi untuk sebuah mobil masa depan. Harapan kami, apa yang akan kami dapat di Italia nanti dapat bermanfaat untuk rancangan mobil kami selanjutnya.”

The TURANGGA CHETA EV3, #904, a battery electric UrbanConcept racing for team BUMI SILIWANGI TEAM 4 from Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia on the track during Make the Future London 2016 at the Queen Elizabeth Olympic Park, Sunday, July 3, 2016 in London, UK. Today marks the conclusion of the very first Drivers' World Championships, as a head to head race against the 2016 UrbanConcept winners from North America, Asia and Europe to find the quickest and most energy-efficient driver. (Guy Levy for Shell)

Selama di markas Ferrari, Tim Bumi Siliwangi akan melakukan kunjungan ke Red Campus, yakni sebuah ruang kelas yang didedikasikan khusus untuk kegiatan workshop teknik, pemasaran dan pengembangan tim di Museo Ferrari (Museum Ferrari). Selain itu, tim juga akan mendengarkan paparan mengenai proses pembuatan mobil Ferrari oleh Tim Scuderia Ferrari Formula 1 Team, mengunjungi pabrik Ferrari dan mendapatkan penjelasan mengenai kerjasama teknis antara Ferrari dan Shell. Dalam kesempatan itu, tim juga  berkesempatan menguji mobil listrik mereka di lintasan balap Fiorano Circuit milik Ferrari.

Mobil itu adalah Turangga Cheta Ev4, mobil generasi baru buatan Tim Bumi Siliwangi yang berbeda dengan  mobil generasi sebelumnya Turangga Cheta Ev3. Mobil baru ini memiliki bobot lebih ringan yaitu 80 kg, lebih enteng 20 kg dibandingkan Turangga Cheta Ev3. Bodi mobil generasi baru ini lebih ringan karena terbuat dari material Full composite. “Dengan bodi yang lebih ringan kami harapkan mobil ini mampu menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan mobil generasi sebelumnya yang mencapai jarak 78 km/kWh.”, ujar Amin Sobirin, Tim Manager Bumi Siliwangi.

Shell Eco Marathon Asia 2015

Sebelum dibawa ke Maranello, Italia, Turangga Cheta Ev4  juga telah diuji coba di Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Yogyakarta pada awal November  2016 lalu. Amin mengatakan, “Kami harapkan di Italia nanti mobil ini dapat melaju lebih cepat dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi atau meningkat dari yang sudah dicapai oleh mobil sebelumnya di SEM Asia 2016.” Kita doakan agar mobil ini dapat memberi kejutan pada tim Scuderia Ferrari dan memberikan kebanggaan bagi Indonesia

Read Prev:
Read Next: