Maruti Vitara Brezza Mendapat Bintang 4 Di Global NCAP

Maruti Vitara Brezza Mendapat Bintang 4 Di Global NCAP
0  komentar

AutonetMagz.com – Hanya sebulan setelah Tata Nexon, Global NCAP (New Car Assessment Program) kembali menempatkan mobil produksi India di tempat crash test-nya sebagai kampanye dari #SaferCarsForIndia. Mobil ini sendiri adalah Maruti Vitara Brezza, sebuah CUV milik Maruti Suzuki. Setelah keluar hasilnya, ternyata mobil ini bisa mendapatkan rating bintang 4. Siapa yang menyangka kan? Mobil Asal India ini mendapatkan capaian yang bisa dikatakan memuaskan untuk skala internasional.

Di akhir uji tabraknya, Global NCAP telah memberikan Maruti Vitara Brezza skor sebesar 12,51 dari 17,00 pada keamanan penumpang dewasa, dan 17,93 dari 49 dalam keselamatan penumpang anak. Bisa dikatakan bahwa capaian ini ini setara dengan bintang 5 dan bintang 4 untuk peringkat keamanan dalam keselamatan penumpang dewasa dan keselamatan penumpang anak masing-masing.

Sebelumnya, uji coba tabrakan ini dilakukan pada kecepatan 64  km/jam. Bodyshell dari Maruti Vitara Brezza dinilai stabil dan bisa menahan tumbukan lebih lanjut. Badan keamanan mengatakan bahwa peringkat buruk untuk keselamatan penumpang anak adalah karena posisinya yang menghadap ke depan dari dummy anak usia 18 bulan saat crash test, karena di dummy untuk anak berusia tiga tahun mendapat perlindungan yang baik. Penandaan untuk ISOFIX juga dinilai salah menurut protokol pengujian.

Di sisi lain, mungkin Maruti Vitara Brezza tidak akan bisa melakukan uji tabrakan ini dengan baik kalau tidak untuk pembaruan model tahun 2018 yang diluncurkan bulan Mei yang lalu. Karena Vitara Brezza sendiri sudah memperbarui sistem keamanannya namun memang tak banyak merubah modelnya. ISOFIX pada tempat duduk  dan high-speed alert juga diperkenalkan di versi ini. Dilengkapi dengan airbag ganda di bagian depan, ABS dengan EBD dan sabuk pengaman dengan pre-tensioner dan force limiter yang dibuat standar. Sayangnya, airbag di samping bodi, airbang di sisi kepala, dan airbag lutut pengemudi tidak tersedia.

Hal yang sama pun juga berlaku untuk Tata Nexon. Jika dibandingkan dengan Ford Ecosport, dia menyediakan airbag samping dan tirai. Untuk Indonesia sendiri, Pihak Suzuki Indomobil Sales(SIS) pernah membawa Maruti Vitara Brezza sebagai produk preview di Indonesia beberapa tahun silam. Namun sayangnya, hingga hari ini sosok CUV pabrikan berlogo S ini masih belum menampakkan batang hidungnya di tanah air. Nah, jadi bagaimana menurut kalian? Sepertinya produk – produk India mulai menunjukkan kualitasnya. Yuk sampaikan opinimu.

Read Prev:
Read Next: