Suzuki Ertiga Diesel Masuk Awal 2017, Pakai Teknologi Mild Hybrid!

Suzuki Ertiga Diesel Masuk Awal 2017, Pakai Teknologi Mild Hybrid!
0  komentar

AutonetMagz.com – Peta persaingan MPV kelas rakyat yang kini dihuni oleh Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan bertambah semarak. Selain karena Wuling Hong Guang tahun depan akan mulai dijual, Suzuki rupanya punya kejutan buat calon konsumen Ertiga. Menurut salah seorang sumber internal Suzuki, Suzuki Indonesia akan membawa Ertiga diesel ke Indonesia mulai awal tahun depan.

Tunggu dulu, ini bukan Suzuki Ertiga diesel biasa, namun Ertiga Diesel Hybrid. Dijuluki Suzuki Ertiga Diesel SHVS, sebenarnya ini adalah sejenis sistem mild hybrid. Untuk tahu bagaimana sistem mild hybrid bekerja secara garis besar, silakan baca artikel ini : Kenali Jenis Mobil Hybridmu : Tidak Semua Mobil Hybrid Sama! Jika sudah, tentu menarik untuk membahas, apa sih yang bisa ditawarkan Suzuki Ertiga Diesel hybrid SHVS?

Di India, Suzuki Ertiga Diesel hybrid jadi menggiurkan karena ia bisa meraih konsumsi BBM 24,52 km/liter berdasarkan Sertifikasi ARAI, alias lebih baik 44% daripada Ertiga bensin di atas kertas. Ertiga diesel SHVS memakai mesin turbodiesel 1.300 cc 4 silinder DdiS berkode D13A, dikawinkan dengan pelbagai komponen macam Integrated Strater Generator (ISG), baterai/aki dengan spek yang lebih tinggi dan lain-lain.

ISG akan menggantikan tugas alternator konvensional dan membantu pergerakan mesin dieselnya. SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) akan menggunakan berbagai macam sistem yang membantu mengejar efisiensi maksimum. Misalnya, Torque Assist, di mana ISG akan mendapat tenaga dari baterai untuk membantu akselerasi mesin diesel dengan torsi instan yang dimiliknya. Akselerasi bisa lebih spontan tanpa harus membakar BBM sebanyak biasanya.

Ada pula Brake Energy Recuperation, sistem yang akan melahap energi pengereman untuk diubah jadi energi listrik dan disimpan ke dalam baterai, yang nantinya akan dipakai lagi oleh ISG untuk menggerakkan mobil. Selain itu, ada fungsi Idle Engine Start-Stop untuk mematikan mesin saat mobil berhenti total dan menghidupkannya saat hendak berjalan kembali. Syaratnya, mobil harus berhenti sempurna, persneling di netral, dan gas harus dilepas. Jika anda injak kopling, mesin akan menyala.

Hanya saja, anda takkan bisa membiarkan kaki kiri anda santai jika memiliki Ertiga diesel SHVS, karena Suzuki Ertiga diesel hybrid SHVS hanya tersedia dalam transmisi manual saja. Sebagai standar, ada gear shift indicator yang memberi tahu kita kapan untuk turun atau naik gigi. Oh ya, Suzuki Ertiga diesel SHVS punya tenaga 90 PS dan torsi raksasa 200 Nm. Tenaganya bukan yang paling baik, namun torsinya jangan dipandang sebelah mata.

Di India, Suzuki Ertiga diesel SHVS punya tombol start-stop, head unit layar sentuh 7 inci, kamera parkir dan sensor parkir. Jika menilik komponen bawaannya, harusnya Suzuki Ertiga diesel SHVS lolos dari pajak konyol yang menganggap mobil hybrid punya 2 mesin dan kena pajak ganda, karena ia tidak punya baterai dan motor listrik yang benar-benar dedicated buat menggerakan mobil secara mandiri. Yah, kita tunggu saja kelanjutan Ertiga diesel hybrid nanti. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: