Mari Survei Harga Jual Kembali 7 MPV Populer Tahun 2012

by  in Berita&Mobil Baru&Nasional
Mari Survei Harga Jual Kembali 7 MPV Populer Tahun 2012
0  komentar
survey-harga-mobil-mpv-seken-autonetmagz

Jakarta, AutonetMagz – Seringkali kita mementingkan harga jual kembali sebuah kendaraan dalam membeli mobil baru agar tidak rugi-rugi amat ketika menjualnya kembali lantaran harga baru dan harga bekasnya tidak jauh berbeda. Nah, kali ini AutonetMagz melakukan survey terhadap 5 buah jenis kendaraan bekas di tahun 2012 dengan segmen entry level. Kenapa 2012? Karena kebanyakan orang Indonesia akan menjual mobil mereka ketika usia mobil mereka menyentuh 3 tahun.

Metode survey kami sangat sederhana, yaitu mencari mobil bekas yang dijual langsung oleh pemilik melalui koran sebuah yang memiliki banyak listing mobil bekas. Namun untuk mendapatkan akurasi data, kami menelpon pemilik mobil yang mobilnya sudah laku untuk mendapatkan harga pasti nilai jual kendaraan, bukan harga penawaran yang bisa ditawar oleh sang pembeli. Tercatat, kami menghubungi lebih dari 10 pemilik mobil yang mobilnya sudah laku secara acak di bulan Februari-Maret ini.

1. Toyota Avanza (115 – 145 juta Rupiah)

Pasti orang akan mengira harga sebuah Toyota Avanza adalah harga mobil yang paling stabil dan menguntungkan dibandingkan dengan mobil yang lain, namun ternyata tidak juga. Untuk varian tipe G manual, memang harganya masih di rentang 130 juta keatas, namun untuk tipe E yang merupakan tipe paling standar, rupanya harganya tergolong cukup terjun bebas dan sulit terjual, ironisnya, harga jual yang paling murah justru varian Avanza tipe E matic di angka 115 Juta Rupiah, bukan manual!

New Toyota Avanza Luxury

Sedangkan harga tipe G masih di rentang angka 120  jutaan hingga 140 juta Rupiah. Menariknya, Toyota Avanza Veloz ternyata memiliki harga yang tidak berbeda jauh dengan tipe G manual di pasaran mobil bekas. Harga Toyota Avanza mungkin bisa dibilang paling beragam disini, karena sebagai mobil terlaris di Indonesia, tentunya mobil bekasnya juga paling banyak dijual dan beragam,

2. Suzuki Ertiga (124 – 140 Juta Rupiah)

Mencari Suzuki Ertiga second hand memang tidak sebanyak Toyota Avanza, karena toh juga jumlah penjualannya cukup jauh pada saat itu. Suzuki Ertiga tahun 2012 ini sebenarnya model yang cukup nanggung mengingat mobil ini saat tahun 2012 belum dilengkapi dengan AC double blower dan transmisi otomatis.

Review Suzuki Ertiga spesifikasi harga dan kelebihan

Meskipun begitu, ternyata harga jualnya cukup menjanjikan di angka mulai 124 juta untuk tipe GL dan angka tertinggi berdasarkan survey kami ialah 140 Juta Rupiah untuk tipe GX, Sebenarnya masih ada tipe GA yang lebih bawah lagi, namun kami tidak menemukan Ertiga unit ini dijual.

3. Nissan Evalia (111 – 123 Juta Rupiah)

New Nissan Evalia tahun 2014

MPV dengan bentuk tubuh van ini tercatat memiliki harga yang cukup menjajikan dibandingkan dengan mobil dengan MPV seperti Suzuki APV Arena dan Daihatsu Luxio, kami mendapatkan harga Nissan Evalia SV terjual paling rendah di angka 111 juta Rupiah, namun harga terendah ini justru kami dapatkan pada model matic, bukan manual.

4. Suzuki APV Arena (102 – 118 Juta Rupiah)

Suzuki-APV-Luxury-GX-2014

Melihat harga 2nd dari Suzuki APV Arena memang cukup menyedihkan, namun dibandingkan dengan Nissan Evalia pada saat pembeli barunya di tahun 2012 silam, sebenarnya depresiasi harga dari Suzuki APV ini tidak separah yang kita bayangkan karena masih bertahan di angka 102 juta Rupiah, memang ada APV yang dijual kurang dari 90 juta Rupiah untuk tahun 2012, tapi itu APV model Blind Van.

5. Nissan Grand Livina (116 – 145 Juta Rupiah)

Nissan Grand Livina keluaran tahun 2012 ini mungkin bisa dibilang sebagai Nissan Grand Livina yang sempat saya incar, karena ini merupakan Nissan Livina facelift dengan desain yang hampir sama gantengnya dengan model saat ini, memiliki interior warna hitam dan pastinya belum menggunakan CVT.

Harga New Nissan Grand Livina Wallpaper

Apalagi harga second hand-nya cukup terjangkau mengingat bisa kita dapatkan dengan angka mulai 116 juta Rupiah untuk tipe SV, tapi sekedar saran, ambillah tipe Highway Star yang sudah memakai bumper depan Autech dan jok kulit, meskipun sedikit sulit karena unitnya cukup langka.

6. Daihatsu Luxio (88 – 117 Juta Rupiah)

Daihatsu Luxio Putih

Daihatsu Luxio tipe D memang sangat jarang di pasaran mobil bekas, sekalinya ada langsung membuat harga Daihatsu Luxio seolah-olah sangat jatuh di pasaran, padahal sebenarnya untuk Daihatsu Luxio tipe X bisa kita ambil dengan harga yang setara dengan Suzuki APV tipe GL. Namun ingat untuk berhati-hati mengambil mobil ini, karena seperti Suzuki APV Arena, kebanyakan mobil ini dipakai untuk bekerja keras mengangkut penumpang jarak jauh.

7. Toyota Kijang Innova (186 – 221 Juta Rupiah)

Toyota Kijang Innova 2013 Tipe G

Toyota Kijang Innova memiliki harga yang cukup gelap dan acak, sulit untuk mengambil harga wajar dari mobil ini, namun kami mencatat untuk tipe E manual, mobil ini ada yang laku hanya 186 juta Rupiah, untuk tipe G umumnya masih berada di atas 200 juta-an meskipun ada yang dihargai kurang dari 200 juta, Tercatat, varian paling mahal justru ada pada Toyota Kijang Innova Diesel G automatic yang beberapa kali kami temukan lebih mahal dibandingkan dengan tipe V bensin sekalipun.
Terakhir, sebelum kami tutup, kami ingin mengingatkan bahwa harga yang kami survei adalah harga mobil yang sudah terjual, bukan harga penawaran yang masih bisa ditawar, maka jangan heran jika anda bisa menemukan harga yang lebih mahal di toko online atau koran, ataupun lebih murah. Untuk harga terendah, kami juga menanyakan mengapa harga mobil tersebut bisa laku dengan murah, jika karena kondisi yang kurang baik dan pemilik sedang BU,kami tidak memasukan sebagai harga termurah karena bisa merusak hasil survei kami.

Read Prev:
Read Next: