Mari Survei Harga Jual Kembali 7 MPV Populer Tahun 2012

by  in Berita&Mobil Baru&Nasional
Mari Survei Harga Jual Kembali 7 MPV Populer Tahun 2012
0  komentar
survey-harga-mobil-mpv-seken-autonetmagz

Jakarta, AutonetMagz – Seringkali kita mementingkan harga jual kembali sebuah kendaraan dalam membeli mobil baru agar tidak rugi-rugi amat ketika menjualnya kembali lantaran harga baru dan harga bekasnya tidak jauh berbeda. Nah, kali ini AutonetMagz melakukan survey terhadap 5 buah jenis kendaraan bekas di tahun 2012 dengan segmen entry level. Kenapa 2012? Karena kebanyakan orang Indonesia akan menjual mobil mereka ketika usia mobil mereka menyentuh 3 tahun.

Metode survey kami sangat sederhana, yaitu mencari mobil bekas yang dijual langsung oleh pemilik melalui koran sebuah yang memiliki banyak listing mobil bekas. Namun untuk mendapatkan akurasi data, kami menelpon pemilik mobil yang mobilnya sudah laku untuk mendapatkan harga pasti nilai jual kendaraan, bukan harga penawaran yang bisa ditawar oleh sang pembeli. Tercatat, kami menghubungi lebih dari 10 pemilik mobil yang mobilnya sudah laku secara acak di bulan Februari-Maret ini.

1. Toyota Avanza (115 – 145 juta Rupiah)

Pasti orang akan mengira harga sebuah Toyota Avanza adalah harga mobil yang paling stabil dan menguntungkan dibandingkan dengan mobil yang lain, namun ternyata tidak juga. Untuk varian tipe G manual, memang harganya masih di rentang 130 juta keatas, namun untuk tipe E yang merupakan tipe paling standar, rupanya harganya tergolong cukup terjun bebas dan sulit terjual, ironisnya, harga jual yang paling murah justru varian Avanza tipe E matic di angka 115 Juta Rupiah, bukan manual!

New Toyota Avanza Luxury

Sedangkan harga tipe G masih di rentang angka 120  jutaan hingga 140 juta Rupiah. Menariknya, Toyota Avanza Veloz ternyata memiliki harga yang tidak berbeda jauh dengan tipe G manual di pasaran mobil bekas. Harga Toyota Avanza mungkin bisa dibilang paling beragam disini, karena sebagai mobil terlaris di Indonesia, tentunya mobil bekasnya juga paling banyak dijual dan beragam,

2. Suzuki Ertiga (124 – 140 Juta Rupiah)

Mencari Suzuki Ertiga second hand memang tidak sebanyak Toyota Avanza, karena toh juga jumlah penjualannya cukup jauh pada saat itu. Suzuki Ertiga tahun 2012 ini sebenarnya model yang cukup nanggung mengingat mobil ini saat tahun 2012 belum dilengkapi dengan AC double blower dan transmisi otomatis.

Review Suzuki Ertiga spesifikasi harga dan kelebihan

Meskipun begitu, ternyata harga jualnya cukup menjanjikan di angka mulai 124 juta untuk tipe GL dan angka tertinggi berdasarkan survey kami ialah 140 Juta Rupiah untuk tipe GX, Sebenarnya masih ada tipe GA yang lebih bawah lagi, namun kami tidak menemukan Ertiga unit ini dijual.

3. Nissan Evalia (111 – 123 Juta Rupiah)

New Nissan Evalia tahun 2014

MPV dengan bentuk tubuh van ini tercatat memiliki harga yang cukup menjajikan dibandingkan dengan mobil dengan MPV seperti Suzuki APV Arena dan Daihatsu Luxio, kami mendapatkan harga Nissan Evalia SV terjual paling rendah di angka 111 juta Rupiah, namun harga terendah ini justru kami dapatkan pada model matic, bukan manual.

4. Suzuki APV Arena (102 – 118 Juta Rupiah)

Suzuki-APV-Luxury-GX-2014

Melihat harga 2nd dari Suzuki APV Arena memang cukup menyedihkan, namun dibandingkan dengan Nissan Evalia pada saat pembeli barunya di tahun 2012 silam, sebenarnya depresiasi harga dari Suzuki APV ini tidak separah yang kita bayangkan karena masih bertahan di angka 102 juta Rupiah, memang ada APV yang dijual kurang dari 90 juta Rupiah untuk tahun 2012, tapi itu APV model Blind Van.

5. Nissan Grand Livina (116 – 145 Juta Rupiah)

Nissan Grand Livina keluaran tahun 2012 ini mungkin bisa dibilang sebagai Nissan Grand Livina yang sempat saya incar, karena ini merupakan Nissan Livina facelift dengan desain yang hampir sama gantengnya dengan model saat ini, memiliki interior warna hitam dan pastinya belum menggunakan CVT.

Harga New Nissan Grand Livina Wallpaper

Apalagi harga second hand-nya cukup terjangkau mengingat bisa kita dapatkan dengan angka mulai 116 juta Rupiah untuk tipe SV, tapi sekedar saran, ambillah tipe Highway Star yang sudah memakai bumper depan Autech dan jok kulit, meskipun sedikit sulit karena unitnya cukup langka.

6. Daihatsu Luxio (88 – 117 Juta Rupiah)

Daihatsu Luxio Putih

Daihatsu Luxio tipe D memang sangat jarang di pasaran mobil bekas, sekalinya ada langsung membuat harga Daihatsu Luxio seolah-olah sangat jatuh di pasaran, padahal sebenarnya untuk Daihatsu Luxio tipe X bisa kita ambil dengan harga yang setara dengan Suzuki APV tipe GL. Namun ingat untuk berhati-hati mengambil mobil ini, karena seperti Suzuki APV Arena, kebanyakan mobil ini dipakai untuk bekerja keras mengangkut penumpang jarak jauh.

7. Toyota Kijang Innova (186 – 221 Juta Rupiah)

Toyota Kijang Innova 2013 Tipe G

Toyota Kijang Innova memiliki harga yang cukup gelap dan acak, sulit untuk mengambil harga wajar dari mobil ini, namun kami mencatat untuk tipe E manual, mobil ini ada yang laku hanya 186 juta Rupiah, untuk tipe G umumnya masih berada di atas 200 juta-an meskipun ada yang dihargai kurang dari 200 juta, Tercatat, varian paling mahal justru ada pada Toyota Kijang Innova Diesel G automatic yang beberapa kali kami temukan lebih mahal dibandingkan dengan tipe V bensin sekalipun.
Terakhir, sebelum kami tutup, kami ingin mengingatkan bahwa harga yang kami survei adalah harga mobil yang sudah terjual, bukan harga penawaran yang masih bisa ditawar, maka jangan heran jika anda bisa menemukan harga yang lebih mahal di toko online atau koran, ataupun lebih murah. Untuk harga terendah, kami juga menanyakan mengapa harga mobil tersebut bisa laku dengan murah, jika karena kondisi yang kurang baik dan pemilik sedang BU,kami tidak memasukan sebagai harga termurah karena bisa merusak hasil survei kami.

Read Prev:
Read Next:
  • Mantap nih bang Hilsat ^_^

    • Rafi M.P

      Itu yg nulis bg Ridwan itu -,,,-

      • rey

        bang hilsat kayaknya lebih eksis dari pada ridwan ..

        apa bang hilsat memanfaatkan moment? haha

    • Arif Wahidin

      bang ridwan itu,
      dah lama ga bikin video lg bang ridwan.
      hillsat masih magang jadi kejar target bikin artikel..
      peace…

  • Rata2 umur mobil udah 3 tahun turun 50 jutaan ya dari harga awal beli … Hemm

  • cup ucup

    Kok xenia kagak ada, soalnya kan xenia juga termasuk mobil laris

    • Ridwan Hanif

      nah ini kelewatan… sorry ya kelupaan… hehehe

  • farisdw

    review
    hr-v

    kok gak bisa di putar ?
    Video ini berisi konten dari SME. Video tidak lagi tersedia.
    Maaf.
    emaang kenapa mas ridwan mas hil ?
    autonetmagz..???

    • batak

      nah itu dia, sama dong, kirain gw di hape doank gak bisa di buka ternyata di PC juga, gak bisa, Kenapa bang?
      jangan takut sama Honda bang,
      majalah tetangga udah Review, tapi gak enak diliat kagak jelas dan kagak detai

    • Andro

      mungkin pakai musik punya Sony… buat autonetmags, mungkin bisa diupload ulang pakai backsound yg free aja.. tanpa backsound juga ngk apa-apa

    • anymouse

      iya nih , review mitsu mirage juga masih bisu video nya wkwkwkwk

    • anymouse

      iya nih , review mitsu mirage juga masih bisu video nya wkwkwkwk

  • ju

    untuk kelas LMPV jawara resale value masih ertiga ya? avanza keok 🙁

    • ibeng

      kayaknya gak juga kalo ditinjau avanza cashback barunya bisa mencapai 30jt

      • Sandy

        Waduw.. ertiga harga sekennya mahal juga ya. Tampaknya sdh mulai melek konsumen indonesia soal kualitas mobil murah yang tidak murahan (baca: keamanan dan kenyamanan)

  • jm

    chevy spin ga ada yg dijual yah??

    • Ridwan Hanif

      tadinya mau masukin spin, cuma spin kan baru dijual 2013, tahun 2012 belum ada waktu itu, jadi nggak imbang kalau di survey juga

  • andrew

    Xenia 2012 manual masih kuat 120jt
    Kalo matic lebih rendah 5-10jt
    Cmiiw

  • agung

    Ada yg kelupaan / belum dicantumkan, harga penawaran nya berapa ya? Buat pegangan kalau nanti cari mobil second nawarnya musti berapa. Yg murah kan kayaknya penjualnya juga pasang harga lebih rendah

  • sporky

    Chevrolet Orlando kok nggak ada yah…

  • Leo Kristianto

    Xenia gak ada ya? kalo gran max pasti bakal sama kayak luxio ya? btw panther gimana tuh? soalnya di daerah sini banyak berkeliaran juga keluaran tahun 2012-an