Leahead iA5 : Mobil Listrik Garapan Toyota & GAC

Leahead iA5 : Mobil Listrik Garapan Toyota & GAC
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian pernah mendengar merk bernama Leahead? Jika belum, maka kami pun sama. Leahead adalah sub-brand dari GAC Toyota yang berada di China, dan berfokus untuk memproduksi mobil ramah lingkungan, lebih tepatnya mobil listrik. Nah, Leahead sendiri bukanlah merk yang baru muncul tahun ini, karena GAC Toyota sudah memperkenalkan Leahead sejak 2015 silam. Kali ini, Leahead memperkenalkan sebuah sedan listrik baru yang diberi nama iA5. Cekidot.

Secara bentuk, sejatinya masih ada nuansa ala Toyota di Leahead iA5 EV ini. Lihat saja bentuk lampu ala keen look Toyota yang secara sekilas mitip lampu Toyota Yaris. Dan seperti mobil listrik kebanyakan, Leahead iA5 tidak menggunakan grille dengan lubang yang besar, malah hanya ada radiator grille di sisi bawah saja. Velg yang digunakan mobil ini cukup atraktif dengan bentuk yang cukup membuat pusing. Sedangkan atapnya dilabur warna hitam. Sedangkan untuk buritannya sendiri menggunakan lampu belakang yang lumayan sipit dengan aksen krom yang menghubungkan kedua lampunya. Mirip apa? Iya, Tesla.

Nah, sosok Leahead iA5 ini diperkenalkan di Chengdu International Motor Show 2019 yang tengah berlangsung dari kemarin hingga 2 minggu ke depan. Leahead iA5 dijual dalam 3 tipe, standar, deluxe dan premium. Untuk trim standar dipasarkan dengan banderol 169.800 Yuan (336 jutaan Rupiah), lalu trim Deluxe dengan harga 182.800 Yuan (362 jutaan Rupiah), serta trim Premium dengan harga 192.800 Yuan (381 jutaan Rupiah). Mobil ini memiliki jarak tempuh yang tergolong lumayan, mencapai 510 km dengan metode pengetesan NEDC. Untuk motor listrik, Leahead iA5 menggunakan motor 184 PS lansiran Nidec Motors.

Torsi dari motor listrik ini mencapai 300 Nm. Sedangkan baterainya menggunakan jenis NMC811 dengan kapasitas 58,8 kWh. Untuk pengisian daya, charging dari kondisi 30% hingga 80% dapat ditempuh dalam waktu 34 menit saja. Namun harus menggunakan charger berdaya 100 kW. Sedangkan charger biasa berdaya 6,6 kW butuh 9,5 jam untuk terisi penuh dari keadaan kosong. Untuk memberi rasa nyaman pada konsumen, Leahead iA5 di-cover garansi selama 8 tahun atau 150.000 kilometer untuk komponen kelistrikannya, sedangkan untuk garansi mobil secara umum diberikan selama 4 tahun dengan jumlah kilometer yang sama.

Oiya, sedikit fakta, sebenarnya sosok Leahead iA5 ini adalah versi lain dari GAC Aion S yang sudah diperkenalkan terlebih dahulu. Jadi, apa tanggapan kalian pada mobil listrik milik Toyota tapi berlabel China ini?

Sumber : AutoHome

Read Prev:
Read Next: