Laris Manis, Honda Surabaya Center Kewalahan Penuhi Permintaan Brio

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Laris Manis, Honda Surabaya Center Kewalahan Penuhi Permintaan Brio
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Sejak pandemi COVID-19 di awal tahun 2020 silam, peta persaingan di industri mobil Indonesia memang agak sedikit berubah, Jika dahulu LMPV selalu menjadi mobil terlaris di Tanah Air, maka kini ceritanya sudah berbeda. Honda Brio merupakan mobil paling laris di Indonesia pada tahun 2022 kemarin, dan kondisi ini membuat permintaan di tahun ini tidak menurun. Alhasil, main dealer Honda di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara yaitu Honda Surabaya Center (HSC) kewalahan memenuhi permintaan konsumen. Yuk kita bahas.

Brio Terus Diminati Konsumen

Dalam sesi launching Honda Brio Satya & Brio RS facelift di Fashion Atrium Pakuwon Mall Surabaya, kami mendapatkan kesempatan untuk berbincang membahas penjualan Brio. Wendy Miharja, Director dari HSC menjabarkan bahwa saat ini Honda Brio series terus menjadi tulang punggung penjualan Honda di areanya. “Dibandingkan periode  yang sama tahun lalu, Honda terus mengalami peningkatan seiring dengan tren penjualan  mobil di Indonesia yang terus meningkat. Peningkatan tersebut didukung dengan pertumbuhan  ekonomi serta peningkatan daya beli masyarakat. Kami percaya Honda dapat terus  berkembang dan memberikan program spesial dan aktivitas menarik khususnya di sepanjang  bulan Mei 2023 untuk mempermudah konsumen dalam membeli mobil Honda.”

Sepanjang bulan Januari hingga April 2023, HSC mencatatkan peningkatan  penjualan sebesar 35.59% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dengan total  penjualan sebesar 5,760 unit di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara. Seperti biasa, Honda Brio tetap menjadi kontributor tertinggi dengan mencatat penjualan sebanyak 2,560 unit dengan presentase 44.44% dari total penjualan. Kalau kita breakdown, Honda Brio Satya mencatat penjualan sebanyak 2,223 unit,  sementara itu Honda Brio RS meraih penjualan sebesar 337 unit. Capaian penjualan Honda Brio Series ini masih bisa lebih tinggi lagi karena Wendy menjabarkan bahwa pihaknya masih memiliki ‘hutang’ back order sebanyak 445 unit. Angka yang besar.

Banyak Back Order Brio, Honda Kewalahan

Bahkan, sejak awal bulan Mei 2023 ini, mereka sudah mengantongi 178 SPK Honda Brio, dimana angkanya masih didominasi model lawas dan ditambahn 4 hari penjualan model baru. Pada pameran yang digelar di Pakuwon Mall, HSC mematok target 300 SPK. Lantas, bagaimana dengan model selain Honda Brio? Ada nama Honda HR-V dengan capaian penjualan 1.240 unit, diikuti Honda WR-V dengan 782 unit dan Honda BR-V dengan 702 unit serta Honda CR-V dengan 184 unit. Sedangkan Honda City Hatchback ada di posisi berikutnya dengan 191 unit, diikuti Honda Mobilio dengan 51 unit, Honda Civic dengan 27 unit, lalu Honda Accord dengan 13 unit serta Honda City Sedan dengan 9 unit.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: