Toyota Yaris Cross Bakal World Premiere 15 Mei 2023, Pakai DNGA-B?

by  in  Berita & Editorial & Merek Mobil
Toyota Yaris Cross Bakal World Premiere 15 Mei 2023, Pakai DNGA-B?
0  komentar

AutonetMagz.com – Bisa dikatakan, Toyota saat ini tengah merasakan momen manis dan pahitnya platform DNGA untuk produk-produk mereka. Manis karena rata-rata produk berbasis DNGA seperti Toyota Raize, Agya, Avanza, Veloz dan Vios menunjukkan peforma penjualan yang baik. Tapi juga pahit karena adanya skandal yang dilakukan Daihatsu yang berimbas pula pada produk Toyota. Dan kabar terbaru, Toyota akan menggelar world premiere untuk SUV terbaru mereka senin depan. Dan kami mencium aroma DNGA lagi di produk tersebut. Yuk kita bahas.

Bukan Urban Cruiser, Tapi…

Jadi, tim AutonetMagz telah menerima undangan resmi dari Toyota Astra Motor (TAM) perihal world premiere dengan tajuk ‘Toyota’s New Urban Cruiser Icon‘. Sebuah judul yang membuat banyak orang bisa terpelintir bayangannya ke arah Toyota Urban Cruiser yang ada di India. FYI, di India ada 2 SUV Toyota yang menggunakan nama ‘Urban Cruiser‘ yaitu Toyota Urban Cruiser dan Toyota Urban Cruiser Hyryder. Keduanya merupakan proyek kerjasama antara Toyota Kirloskar Motor (TKM) dengan Maruti Suzuki India (MSIL). Lantas, apakah produk yang dimaksud merupakan salah satu dari 2 keluarga Urban Cruiser di India? Nope, kami yakin bukan keduanya. Dan ada 2 alasan.

Pertama, selama ini belum pernah ada sosok mobil Toyota India yang sukses di Indonesia, tengok saja Toyota Etios Valco di masa lalu. Dan Toyota pasti sudah belajar banyak dari pengalaman itu. Kedua, ini world premiere bung, jadi jelas produk ini sepenuhnya baru dan belum pernah ditampilkan di negara lain. Nampaknya Toyota hanya meminjam istilah ‘Urban Cruiser‘ untuk menjadi kata sifat dari produk baru mereka. Lantas, produk apa yang akan diperkenalkan secara world premiere? Kami menduga kuat sosok yang dimaksud adalah Toyota Yaris Cross versi Asia Tenggara. Ini merujuk pada sosok proyek D66B yang menyeruak dari Perodua sejak tahun lalu. Tapi, tentunya Toyota tak mau didahului oleh Perodua.

Ada Opsi ICE dan Hybrid

Oiya, fun fact lain, julukan ‘Urban Cruiser icon‘ nampaknya juga untuk menandingin julukan ‘Trustworthy Urban Crossover’ yang disematkan pada Honda HR-V, rival paling dekat dari Toyota Yaris Cross. Untuk urusan spesifikasi, kami mencium tanda-tanda bahwa Toyota Yaris Cross versi Indonesia akan menggunakan basis DNGA seperti halnya jajaran produj low end Toyota lainnya. Dugaan kami, basisnya bisa saja menggunakan DNGA-B yang digunakan Toyota Vios dan Toyota Veloz, tentunya tanpa notch untuk mengakali tes tabrak ya. Selain itu, berhembus kabar bahwa Toyota Yaris Cross nantinya akan dibekali 2 opsi mesin, yaitu mesin 1.500cc n/a dan mesin 1.500cc Hybrid.

Kami belum bisa menggali lebih dalam mengenai spesifikasi mesinnya secara detail, tapi dugaan kami mesin yang digunakan adalah mesin 2NR-VE yang digunakan oleh Toyota Vios, Toyota Avanza, dan Toyota Veloz. Itu untuk versi mesin ICE. Sedangkan untuk opsi 1.500cc Hybrid, kami menduga mesin yang digunakan adalah mesin M15A-FXE hybrid yang digunakan juga di Toyota Yaris Cross Jepang, Toyota Yaris XP210, Toyota Aqua dan Toyota Sienta Hybrid. Hanya itu dugaan kami, karena Toyota tidak memiliki banyak opsi mesin hybrid generasi baru dengan kubikasi 1.500cc. Apakah mungkin Toyota Yaris Cross versi Indonesia menggunakan versi e-Smart Hybrid? Peluangnya terbuka.

Berbeda Dengan Toyota Yaris Cross Global

Lantas, untuk urusan desain, apakah Toyota Yaris Cross akan plek ketiplek dengan Toyota Yaris Cross global yang kita kenal? 100% tidak. Toyota Yaris Cross versi Indonesia akan menggunakan desain yang berbeda, yang mengukuhkan bahwa keluarga Yaris di Asia Tenggara berbeda dengan Yaris di global seperti halnya XP150 dan XP210. Dari informasi yang kami dapat, Toyota Yaris Cross akan memiliki front end seperti Toyota Highlander, tapi tentunya lebih kecil. Sedangkan side end akan memiliki profil seperti baby Corolla Cross, serta buritan yang ada sentuhan ala Lexus. Bisa membayangkan? Susah sih, tapi kita hanya perlu bersabar beberapa hari lagi kok.

Yang jelas, Toyota Yaris Cross akan membawa Toyota masuk ke segmen sub compact SUV di Indonesia dan secara langsung menabuh genderang perang dengan Honda. Bagaimana tidak, sudah hampir 1 dekade Honda menikmati manisnya segmen ini tanpa gangguan dari triple elips. Sosok seperti Mazda CX-3, Hyundai Creta, KIA Seltos dan beberapa model lain hanya ‘memakan’ sedikit market Honda HR-V tanpa merebut banyak pasarnya. Dan hadirnya Toyota Yaris Cross akan dilengkapi juga oleh Mitsubishi XFC di tahun ini. Seru? Sangat seru, dan kami tak sabar ingin membandingkan kesemuanya secara bersamaan. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: