Lamborghini Huracan Performante : Optimalkan Traksi dengan Manipulasi Angin

by  in Lamborghini
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kalian ingat film Let’s Go yang mengisahkan balapan Mini 4WD, di salah satu adegan terdapat mini 4WD bernama Beak Spider Zebra yang diceritakan memiliki spoiler belaka.
ng yang aktif dan dapat membantu melaju kencang nan lincah saat di tikungan. Seperti itulah kira – kira teknologi yang terdapat di Lamborghini Huracan Performante. Mereka menamai teknologi ini sebagai ALA, “Aerodinamica Lamborghini Attiva”.

Berbeda dengan BS Zebra, P1, maupun beberapa mobil lainnya yang mengandalkan spoiler belakang atau Ferrari F12 yang mengandalkan flap di bagian bumper depan saja, Huracan mengandalkan bumper depan dan spoiler belakang sebagai active aerodynamic. Fitur ini dapat memaksimalkan downforce agar akselerasi dan kestabilan meningkat signifikan.

Gampangnya, mobil akan senantiasa dibuat menempel ke tanah apabila ingin kencang tanpa slip di tikungan. Bagaimana caranya? Selain dengan pemakaian lebar ban yang tepat, bobot yang ringan kadang membuat mobil kehilangan grip, hal ini tidak terlalu berpengaruh di trek lurus namun krusial di tikungan. Maka dari itu rekayasa tekanan menggunakan angin dimanfaatkan oleh Lamborghini.

Manipulasi angin yang dihasilkan oleh ALA dapat menekan mobil tidak hanya dibagian belakang tetapi juga dibagian depan. ALA pada Lamborghini bekerja dengan membuka tutup flap pada bagian depan dan belakang, bekerja sinergis dan dapat independen sisi kiri maupun kanan agar kestabilan dalam menikung juga mendapat bantuan. Jika Anda bingung, silahkan lihat video diatas. Dengan logika sederhana, mobil ini dapat ringan dan tenaga tidak akan terbuang sia – sia karena dimanfaatkan oleh bumper dan spoiler.
Setidaknya mobil ini akan aman dipakai di sirkuit, tidak terbayang apabila dipakai berjalan santai atau kebut – kebutan di pegunungan rindang. Jika kalian ingat apa yang terjadi pada BS Spider di film Let’s Go, pasti kalian tahu apa maksud kami. Menurut kalian apakah fitur ini keren? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: