Lamborghini Bersedia Pertahankan Mesin Naturally Aspirated Sebisanya

Lamborghini Bersedia Pertahankan Mesin Naturally Aspirated Sebisanya
0  komentar
lamborghini aventador sv

AutonetMagz.com – Iya, iya, kami ingat kok kalau Lamborghini sebentar lagi akan menampilkan SUV pertama mereka di abad ke-21, yakni Lamborghini Urus. Dia nantinya akan memakai mesin 4.000 cc V8 twin turbo, yang rumornya eksklusif untuk calon banteng gemuk ini saja. Mendengar strategi ini, tidak salah dong kalau ada yang menyangka Lamborghini mau ikut-ikutan pakai turbo? Ferrari saja sudah ramai pakai turbo lagi di California T dan 488 GTB.

Tapi benarkah demikian? Daripada berspekulasi tidak jelas, CEO Lamborghini yakni Stephen Winkelmann mau berbicara kepada Autocar soal ini. “Kami merasa jiwa Lamborghini masih ada dalam sebuah mesin naturally aspirated,” kata pria yang sebentar lagi pindah kerja ke Audi Quattro ini. Menurutnya, memakai turbo bukan satu-satunya cara mereduksi emisi CO2, melainkan bisa dengan treatment khusus pada pembuangan mesin-mesinnya yang sekarang.

Lamborghini-Aventador-LB-Performance

Memasang turbo di mesin-mesin itu adalah soal mengurangi kadar CO2, bukan memperbaiki kualitas udara. Gas buang kami bisa dibersihkan lagi dengan proses after treatment, jadi mesin-mesin seperti ini masih punya kesempatan hidup,” tukas Winkelmann. Salah satu alasannya untuk mempertahankan mesin tanpa turbo adalah drama dan teror yang dikeluarkan mesinnya, mulai dari pertama kali hidup hingga dimatikan.

Menurut pembeli Lamborghini, suara dan respons mesin-mesin kami adalah satu dari sekian unique selling points (USPs/ nilai jual khas), tapi bukannya kami tidak terbuka kepada jenis mesin lain. Jika kami memang harus berubah ke cara lain, kami akan berubah kok,” katanya. Well, sedikit banyak soal nilai jual khas dari mesin Lamborghini memang benar. Kalau mendengar suaranya langsung, memang telinga rasanya seperti mau pecah, tapi kadang ada rasa kangen ingin mendengarnya lagi.

Lamborghini Asterion

Tapi sebagai anak perusahaan VW Group, Lamborghini punya banyak akses jika memang butuh teknologi baru saat harus mengikuti jaman, terutama dari “Vorsprung Durch Technik” alias Audi. Konsep Asterion LPI910-4 adalah salah satu bentuk keterbukaan mereka, meski ujung-ujungnya batal masuk produksi juga. Apa ada di sini yang suka suara mesinnya Lamborghini? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Nakazato Neptunia

    Suara parau khas lamborgini memang sesuatu sekali sih.
    Salah satu alasan membeli Lambo memang karena suaranya itu

  • 206er

    Untuk merk2 supercar suara mesin sudah jadi bagian dari identitas, Ferrari V12 sama Lambo V12 suaranya beda.

    Tapi kalau dari pengalaman, denger suara mesin via video youtube atau sound clip sensasinya masih jauh kalau dibanding denger langsung

    • Aryo Wicaksono

      mau dong dengar V12 langsung, belum pernah nih. baru cuma bisa bedain konfigurasi mesin berdasarkan suara, bedain merk V12 berdasarkan suara masih belum bisa.

      • NabilFA

        udah lumayan banyak V12 di indo apalagi si banteng hwhw.. kalau cuma denger sekilas sih ngga ada perbedaan di input / output, tapi kalau didengerin dari jarak 10-20 meter bakal ada perbedaaan di output, suara berlinetta lebih sedikit nyaring dan cenderung “ngedown”, aventa? ya biasa khas lambo, garang garang tapi bikin telinga mau pecah

        tapi pernah di ln denger suara v12 nya aston martin vantage & vanquish, bener bener eargasm, kalah deh v12 lainnya *IMHO* sayang di indo baru liat pict spotters doang belum pernah bertemu langsung

  • farid

    Raungan mesin naturally aspirated itu itu suaranya keren dan menjadi kepuasan saat ngebut dgn mobil high perfomance yg bermesin naturally aspirated.bicara mesin naturally aspirated,mesin VTEC yg empat silinder gak kalah bagus raungannya dibanding mesin V10 dan V12

  • ekkyfir

    suara khas naturally aspirated itu emg ga ada dua nya, mau 4 silinder vtec honda, v6 v8 v10 v12, itu bener2 menggugah adrenalin dan bikin jatung deg2an, apa lg pas naik lgsg, mantep nya
    semoga aja mesin ini masih terus berkiprah
    dunia sudah kehilangan suara2 masterpiece dr v8 v10 bmw m dn v10 lfa 🙁

  • dik

    Pernah denger langsung suara aventador di daerah pik, itu suara v12 nya bener bener menggoda iman menurut pengamatan saya sbg orang awam

  • ///AMG

    Stephan Winkleman mau pindah CEO?

    • Aryo Wicaksono

      hah, ada isu korea mau culik orang jerman lagi? :v

  • nusantara nusantara

    nurunin CO2 katanya klo gak naikin kapasitas CC mesin, ubah catalic converter ato gak pasang turbo y