KTB Mitsubishi Recall 124 Ribu Kendaraan di Indonesia!

by  in Mitsubishi&Nasional
KTB Mitsubishi Recall 124 Ribu Kendaraan di Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – PT. Kramayudha Tiga Berlian yang menjadi APM Mitsubishi di Indonesia baru saja memublikasikan pengumuman penarikan kembali alias recall bagi beberapa mobilnya di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung jumlahnya, karena mencapai 124 .435 mobil dengan rentang produksi dari tahun 2006 hingga 2014. Mobil-mobil yang kena recall adalah Lancer, Lancer Evolution, Pajero Sport, Pajero Super Exceed, Strada Triton, Delica dan L300.

Kami tidak melihat ada nama Mirage atau Outlander Sport di daftar yang diterbitkan Mitsubishi, tapi ada baiknya anda memeriksa ke dealer Mitsubishi terdekat. Ada 4 komponen yang dikabarkan bermasalah, namun tidak berarti satu mobil harus ganti 4 komponen, bisa 1, 2 atau 3 saja. Komponen tersebut adalah airbag inflator (pastinya soal kasus airbag Takata), grease combination switch, ETACS ECU dan tangki bensin. Berikut ini adalah daftarnya.

rincian tabel recall mitsubishi

Seperti kita tahu, airbag inflator Takata dicurigai bisa melempar lempengan besi ke arah pengendara saat airbag mengembang, jadi memperbesar risiko cedera saat ada kecelakaan. Sementara soal  grease combination switch, ditakutkan ada gejala gesekan yang menyebabkan oksidasi residu keausan dan menyebabkan lampu-lampu serta wiper tidak berjalan normal. Di sinilah peran grease alias gemuk diperlukan.

Soal ETACS ECU pada sedan sporty Mitsu, yakni Lancer EX dan Lancer Evolution X, gejala kerusakan adalah tidak berfungsinya lampu utama dan wiper, sehingga harus diganti. Sementara pada L300, ada pengelasan tangki yang tak sempurna dan bisa mengakibatkan kebocoran. Lama pengerjaannya? Untuk ganti tangki bensin makan 1 jam, ganti ETACS ECU makan waktu 2 jam, untuk airbag inflator bisa 1 jam, tapi untuk grease combination switch, cukup 30 menit saja.

mitsubishi lancer cedia rear

Bagi konsumen Mitsubishi Yang unitnya terlibat dalam kampanye ini akan menerima surat undangan resmi dari KTB melalui dealer resmi Mitsubishi untuk dilakukan pemeriksaan maupun penggantian komponen/suku cadang dan tidak akan dikenakan biaya apapun, baik untuk pemeriksaan maupun penggantian komponen/suku cadang terkait jika diperlukan. Kampanye Ini akan dimulai segera di seluruh dealer resmi Mitsubishi di Indonesia Mulai tanggal 6 Juni 2016,” demikian tulis Mitsubishi dalam rilisnya.

Tidak ada salahnya memeriksakan mobilmu ke dealer demi memastikan status mobilmu, apalagi kurang dari sebulan lagi bakal ada yang memakai mobilnya untuk mudik kan? Jelas ini harus diperhatikan, siapa yang mau mudik pakai mobil yang tidak sedang dalam kondisi prima? Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Rafi M. P.

    Lah kalo L300 yg ancur duluan gimana yaa wkwkwk

  • njk888 nik

    Honda Indonesia udah duluan recall banyak airbag, sekarang Mitsu. Yang aneh justru toyota. Yang tau kasus misalnya Takata pasti sadar, toyota juga sama ama Honda, banyak sekali recall airbagnya di seluruh dunia. Namun kenapa sampai saat ini toyota astra tidak lakukan recall sama sekali ?

    Apakah benar airbag di semua toyota di Indonesia sama sekali tidak ada yang pakai buatan Takata ? Semoga bukan demi lindungi nama / image. Toh recall bukan hal yang dosa, tapi justru bentuk bertanggung jawab kepada konsumen.

    Terakhir toyota astra lakukan recall kapan ya ? Seingat ane tidak pernah tuh. Apakah semua produk toyota astra begitu bagus sampai kasus airbag Takata yang kena jutaan toyota di manca negara, 1 pun tidak ada di Indonesia ?

    • AE86

      Tanya langsung aj bos ke yg bersangkutan, biar lebih Valid.

      • njk888 nik

        Tanya ke siapa ? prijono sugiarto ? Emang dia mau jawab ? Tanya aja google. Jelas kok ” toyota airbag recall takata ” misalnya.

        • AE86

          Tanya kesumbernya bos,,,.kalau nanya jaln kepada orng yg tau, kalau tdk ya jalan2 jd nya….

    • alit

      Setau ane.. Toyota gak pake Takata om.. Dia pake nya airbag toyoda gosei.. Cmiiw

      • njk888 nik

        CMIIW ? Yea, perlu koreksi besar gan. Baca deh berita di misalnya autonews dotcom. Atau google ” toyota takata airbag recall “. Banyak kok toyota di recall airbagnya di manca negara, karena toyota banyak kok pakai airbag takata. takata jauh lebih gede sebagai supplier banding gosei.

  • Pranadipta Wardhana

    Kasus Engine Mounting Agya Ayla gimana yes? :v

    • Levi

      Gak pernah denger, emang pernah ada ?

    • Masih kecil

      Emang kenapa?

    • Oki Ngew

      Emang kenapa ya?

      • Pranadipta Wardhana

        vibrator pak

  • Levi

    Biar gak jadi bahan santapan para haters dan sales black campaign,

    Recall adalah tindakan tanggung jawab dealer kepada konsumen atas beberapa malfungsi produk

    Brand yg jarang recall bukan berarti brand yg paling sempurna

    Tapi brand yg sering recall, yaa brrti patut dipertanyakan produknya, tp plg nggak mereka tanggung jawab lah ?

    • njk888 nik

      Namun gini juga, misalnya maskapai A rata rata tiap 10 tahun jatuh 1 pesawat. Maskapai B rata rata tiap 3 tahun jatuh 1 pesawat. Benar, maskapai B tetap sangat bertanggung jawab, tetap kasih kompensasi yang wajar untuk keluarga korbannya.

      Jadi apakah karena si B bertanggung jawab, lebih enak naik pesawat B aja ? Kalau ane sih mending si A….

  • Baba Abdul

    Adakah produk nissan yg pake airbag takata?

  • Candy Candy

    hii…all , numpang promo yahhh ^_^

    mari segera bergabung bersama kami di agen U-p-d-a-t-e_B-e-t-t-i-n-g…

    silakan daftar , deposit , mainkan dan menangkan hadiahnya 😀

    ditunggu yahhh kehadiran anda 😀

    terima kasih yahhh….. 🙂

  • tokekkk

    Recall di Indonesia ini bak pedang bermata dua.

    Di satu sisi, ini merupakan citra yang baik untuk sebuah brand yang care terhadap konsumennya, dan mereka ingin menunjukkan ke publik bahwa mereka bertanggung jawab atas beberapa malfungsi / pergantian komponen tertentu yang tidak sesuai standar.

    Tetapi di sisi lain, Ini senjata ampuh bagi para sales merk tetangga untuk black campaign dan menjelek-jelekkan merk yang mengumumkan recall tersebut. Ditambah (sebagian) masyarakat Indonesia yang menganggap recall adalah sesuatu yang buruk dan tidak seharusnya terjadi.

  • japa

    waduhh brrti passport 2012 dakar 4×4 masuk dong x_x