Konsumen Jenuh Dengan Touchpad, Honda Kembali Gunakan Tombol Fisik

by  in Berita&Honda&International
Konsumen Jenuh Dengan Touchpad, Honda Kembali Gunakan Tombol Fisik
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah ada diantara kalian yang menggunakan Honda HR-V, Honda Jazz ataupun Honda City? Kalau ada, bagaimana impresi kalian terhadap tombol AC berupa touchpad ataupun head unit yang minim tombol fisik? Apakah menyenangkan? Sebenarnya, penggunaan panel sentuh membuat mobil terlihat keren dan modern, namun disisi lain, perlu effort lebih untuk mengoperasikannya apalagi saat kita sedang berkendara.

Tombol AC All New Honda Jazz

Dan saat kita berfokus pada operasional AC maupun head unit, secara tidak langsung pandangan kita teralihkan dari jalan dan hal tersebut benar – benar berbahaya. Nah, di generasi terbaru dari Honda Jazz atau Honda Fit, pihak Honda mengembalikan tombol – tombol fisik untuk pengoperasian AC. Dalam wawancara yang dilakukan dengan AutoCar, Project Leader dari Honda Jazz/Fit generasi terbaru yaitu Takeki Tanaka menyebutkan bahwa Honda mengembalikan tombol fisik untuk meminimalisir gangguan untuk pengemudi. Takeki-san juga menyebutkan bahwa pihaknya menanggalkan panel sentuh karena menerima feedback dari konsumen tentang kesulitan mengoperasikan panel sentuh.

Tombol AC All New Honda Accord Turbo

Nah, Honda juga mengklaim bahwa kembalinya tombol fisik ini mengurangi 58% waktu fokus yang teralihkan dibandingkan jika menggunakan mekanisme lawas. Selain mengembalikan tombol fisik untuk operasional AC, pihak Honda juga merombak user interface pada sistem infotainment mobil mereka menjadi lebih sederhana. Namun, walaupun Honda menyederhanakan menu – menu dalam sistem infotainment mereka, ada tambahan fitur lain yang membuatnya lebih canggih yaitu fitur Honda Personal Assistant. Honda Personal Assistant adalah sebuah program berbasis AI atau kecerdasan buatan yang bisa memahami beberapa perintah khusus.

Panel AC Honda Jazz GK5 Facelift

Ssederhananya, Honda Personal Assistant adalah sebuah program dengan input suara alias voice recognition yang bertingkah bak siri atau google assistant. Jadi, pengemudi hanya perlu berbicara saja, jikalau ingin mengakses beberapa menu di dalam sistem infotainment, seperti contohnya meminta navigasi ke sebuah lokasi tertentu. Fitur semacam ini sejatinya bukanlah fitur yang sangat baru, namun tentunya jauh lebih bermanfaat dalam kehidupan nyata. Setidaknya, pengemudi tidak perlu kehilangan banyak fokus dari jalan saat sedang berkendara. Jadi, nampaknya kita harus mengucapkan sayounara pada touchpad di mobil – mobil Honda.

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: